Dinas Kesehatan Depok Himbau Kewaspadaan Dini Atasi Kasus Hepatitis A

Kesehatan

Dinas Kesehatan Depok Himbau Kewaspadaan Dini Atasi Kasus Hepatitis A

Melihat banyak terjadinya kasus Hepatitis A di beberapa kawasan di Kota Depok, Dinas Kesehatan Pemerintahan Kota Depok menghimbau masyarakat untuk meningkatkan serta melaksanakan Sistem Kewaspadaan Dini yang lebih ketat terkait hal ini. Kejadian Luar Biasa (KLB) terjadi dengan pola common source, umumnya terjadi pada pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak dengan baik, makanan yang tercemar, kebersihan perorangan dan lingkungan yang buruk.

Pemerintah Kota Depok memberikan beberapa hal perlu diperhatikan dalam menanggapi kasus Hepatitis A. Berikut beberapa standar penanggulangannya.

[Baca Juga: Waspada Hepatitis A yang Bisa Menyerang Kapan dan Siapa Saja]

1) Hal yang Perlu Diketahui Tentang Hepatitis A

  • Penyebab penyakit adalah Virus Hepatitis A (HAV), termasuk family Picornaviridae, genus Hepatovirus yang merupakan RNA Virus positif
  • Cara penularan melalui fekal-oral, virus ditemukan pada tinja dan mencapai puncak 1-2 minggu sebelum timbulnya gejala, dan berkurang secara cepat setelah timbulnya gejala disfungsi hati yang timbul bersamaan setelah munculnya sirkulasi antibodi HAV dalam darah
  • Tanda dan gejala demam, malaise (lemah, lesu), anoreksia (tidak nafsu makan), dan gangguan pencernaan, serta ikterus (kuning)
  • Masa inkubasi 15-50 hari, rata-rata 28-30 hari
  • Masa penularan virus ditemukan pada tinja dan mencapai puncak 1-2 minggu sebelum timbulnya gejala disfungsi hati, bersamaan dengan munculnya sirkulasi antibodi HAV dalam darah. Ekskresi virus melalui tinja paling lama terlaporkan adalah 6 bulan terjadi pada bayi dan anak.

Dinas Kesehatan Depok Himbau Kewaspadaan Dini Atasi Kasus Hepatitis A

2) Penanganan Penderita, Kontak dan Lingkungan Sekitar

  • Korban positif hepatitis harus ditangani dengan baik agar tidak menularkan kepada orang lain
  • Pengobatan tidak spesifik, utamanya meningkatkan daya tahan tubuh (istirahat dan makan makanan yang bergizi)
  • Anak-anak yang demam dan terlebih lagi ikterus (kuning), agar tetap di rumah dan tidak usah sekolah
  • Disinfeksi lingkungan yang menjadi sumber penularan

3) Cara Pencegahan Agar Tidak Terkena Penyakit Hepatitis A

  • Promosi kesehatan melalui berbagai media kepada masyarakat tentang sanitasi yang baik, kebersihan perorangan meliputi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) secara benar, terutama pada lima ketentuan saat kritis, yaitu: Sebelum makan; Sebelum mengolah dan menghidangkan makanan; Setelah buang air besar dan air kecil; Setelah mengganti popok bayi; dan Sebelum menyusui bayi.
  • Perlu diperhatikan juga enam langkah Cuci Tangan Pakai Sabun, yaitu: Cuci tangan dengan air mengalir; Gunakan sabun, gosok hingga berbusa; Gosok dengan seksama selama 20 detik; Gosok telapak tangan, punggung tangan, antar jari dan bawah kuku; Bilas sampai bersih; dan Keringkan dengan lap bersih.
  • Pembuangan tinja di jamban yang bersih dengan septic tanc sesuai standar
  • Penyediaan air bersih, sistem pendistribusian air yang baik dan pengelolaan limbah yang benar
  • Penanganan makanan yang aman, meliputi: Jaga kebersihan; Pisahkan bahan makanan matang dan mentah; Masak makanan hingga matang; Simpan makanan di suhu aman; Gunakan air bersih dan bahan makanan yang baik.

[Baca Juga: Ketahui Bahaya Hepatitis C Sejak Dini]

Untuk mengatasi KLB Hepatitis A, Dinas Kesehatan Kota Depok menghimbau untuk melaporkan kejadian secara berjenjang dari sekolah dan fasilitas layanan ksehatan. Selain itu meningkatkan pengawasan kualitas TTU (Tempat-Tempat Umum) dan TPM (Tempat Pengolahan Makanan). Pihak dinas juga melakukan investigasi dengan penyelidikan Epidemiologis, apakah penularan terjadi dari orang ke orang atau common source. Secara umum, warga Depok dapat melakukan peningkatan sinatasi lingkungan dan kebersihan perorangan untuk mengurangi kontaminasi makanan dan air dalam situasi KLB Hepatitis A ini.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.