Dinas Kesehatan Depok Himbau Kewaspadaan Dini Atasi Kasus Hepatitis A

Kesehatan

Dinas Kesehatan Depok Himbau Kewaspadaan Dini Atasi Kasus Hepatitis A

Melihat banyak terjadinya kasus Hepatitis A di beberapa kawasan di Kota Depok, Dinas Kesehatan Pemerintahan Kota Depok menghimbau masyarakat untuk meningkatkan serta melaksanakan Sistem Kewaspadaan Dini yang lebih ketat terkait hal ini. Kejadian Luar Biasa (KLB) terjadi dengan pola common source, umumnya terjadi pada pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak dengan baik, makanan yang tercemar, kebersihan perorangan dan lingkungan yang buruk.

Pemerintah Kota Depok memberikan beberapa hal perlu diperhatikan dalam menanggapi kasus Hepatitis A. Berikut beberapa standar penanggulangannya.

[Baca Juga: Waspada Hepatitis A yang Bisa Menyerang Kapan dan Siapa Saja]

1) Hal yang Perlu Diketahui Tentang Hepatitis A

  • Penyebab penyakit adalah Virus Hepatitis A (HAV), termasuk family Picornaviridae, genus Hepatovirus yang merupakan RNA Virus positif
  • Cara penularan melalui fekal-oral, virus ditemukan pada tinja dan mencapai puncak 1-2 minggu sebelum timbulnya gejala, dan berkurang secara cepat setelah timbulnya gejala disfungsi hati yang timbul bersamaan setelah munculnya sirkulasi antibodi HAV dalam darah
  • Tanda dan gejala demam, malaise (lemah, lesu), anoreksia (tidak nafsu makan), dan gangguan pencernaan, serta ikterus (kuning)
  • Masa inkubasi 15-50 hari, rata-rata 28-30 hari
  • Masa penularan virus ditemukan pada tinja dan mencapai puncak 1-2 minggu sebelum timbulnya gejala disfungsi hati, bersamaan dengan munculnya sirkulasi antibodi HAV dalam darah. Ekskresi virus melalui tinja paling lama terlaporkan adalah 6 bulan terjadi pada bayi dan anak.

Dinas Kesehatan Depok Himbau Kewaspadaan Dini Atasi Kasus Hepatitis A

2) Penanganan Penderita, Kontak dan Lingkungan Sekitar

  • Korban positif hepatitis harus ditangani dengan baik agar tidak menularkan kepada orang lain
  • Pengobatan tidak spesifik, utamanya meningkatkan daya tahan tubuh (istirahat dan makan makanan yang bergizi)
  • Anak-anak yang demam dan terlebih lagi ikterus (kuning), agar tetap di rumah dan tidak usah sekolah
  • Disinfeksi lingkungan yang menjadi sumber penularan

3) Cara Pencegahan Agar Tidak Terkena Penyakit Hepatitis A

  • Promosi kesehatan melalui berbagai media kepada masyarakat tentang sanitasi yang baik, kebersihan perorangan meliputi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) secara benar, terutama pada lima ketentuan saat kritis, yaitu: Sebelum makan; Sebelum mengolah dan menghidangkan makanan; Setelah buang air besar dan air kecil; Setelah mengganti popok bayi; dan Sebelum menyusui bayi.
  • Perlu diperhatikan juga enam langkah Cuci Tangan Pakai Sabun, yaitu: Cuci tangan dengan air mengalir; Gunakan sabun, gosok hingga berbusa; Gosok dengan seksama selama 20 detik; Gosok telapak tangan, punggung tangan, antar jari dan bawah kuku; Bilas sampai bersih; dan Keringkan dengan lap bersih.
  • Pembuangan tinja di jamban yang bersih dengan septic tanc sesuai standar
  • Penyediaan air bersih, sistem pendistribusian air yang baik dan pengelolaan limbah yang benar
  • Penanganan makanan yang aman, meliputi: Jaga kebersihan; Pisahkan bahan makanan matang dan mentah; Masak makanan hingga matang; Simpan makanan di suhu aman; Gunakan air bersih dan bahan makanan yang baik.

[Baca Juga: Ketahui Bahaya Hepatitis C Sejak Dini]

Untuk mengatasi KLB Hepatitis A, Dinas Kesehatan Kota Depok menghimbau untuk melaporkan kejadian secara berjenjang dari sekolah dan fasilitas layanan ksehatan. Selain itu meningkatkan pengawasan kualitas TTU (Tempat-Tempat Umum) dan TPM (Tempat Pengolahan Makanan). Pihak dinas juga melakukan investigasi dengan penyelidikan Epidemiologis, apakah penularan terjadi dari orang ke orang atau common source. Secara umum, warga Depok dapat melakukan peningkatan sinatasi lingkungan dan kebersihan perorangan untuk mengurangi kontaminasi makanan dan air dalam situasi KLB Hepatitis A ini.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.