BEKASI-BISNIS-DINAS KOPERASI UMKM KABUPATEN BEKASI SIAP FASILITASI PROMOSI UMKM-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bekasi Siap Fasilitasi Promosi UMKM

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan tombak ekonomi negara. Bahkan menurut data yang didapatkan dari Deputy Director Direstorate of ASEAN External Cooperation, Rizki Safary di Senayan (24/10) lalu, sekitar 96 persen pengusaha di ASEAN adalah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

UMKM sendiri yang perannya sangat penting untuk ekonomi ASEAN. Saking besar perannya, pertumbuhan ekonomi di ASEAN naik hingga lebih dari 100 persen sejak tahun 1967. Maka dari itu, pemerintah Indonesia sangat gencar mendorong masyarakat untuk membuka usaha dan membantu para pelaku UMKM agar perputaran ekonomi negara lebih baik.

[Baca Juga: Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi dengan Produk Digital]

Peran UMKM juga dirasa penting oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi. Pasalnya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi H. Entah Ismanto mengapresiasi Kementrian Koperasi dan UKM yang melaksanakan program Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang bertujuan untuk mendorong lebih banyaknya masyarakat terlebih lagi generasi muda Indonesia yang menjadi wirausaha.

Entah mengatakan, pentingnya generasi muda mengubah pola pikir dari pencari kerja hingga menjadi pecipta lapangan kerja dengan menjadi wirausaha. Jumlah wirausaha yang bertambah di Kabupaten Bekasi dengan terus dilaksanakannya Gerakan Kewirausahaan Nasional, dapat mendongkrak kinerja perekonomian daerah.

Dilansir dari bekasikab.go.id, menurut Entah untuk menjadi wirausahawan yang sukses Anda harus memiliki keberanian untuk memulai bisnis, fokus, dan cari sesuatu yang unik serta berbeda. “Kita harus mememulai bisnis di bidang yang masih belum banyak orang lain geluti. Kalaupun sudah ada yang memulai bisnis tersebut, Anda harus memiliki nilai tambah atau ciri khas tersendiri,” ujarnya.

[Baca Juga: Bisnis Buku Bekas Pasar Senen di Era Digital]

Beliau juga mengungkapkan, program pelatihan kewirausahaan dari Kemenkop dan UKM merupakan pendorong bagi pemerintah daerah dalam memajukan dan mengembangkan UMKM di Kabupaten Bekasi.

Maka dari itu, Entah menuturkan jika akan ada program pengembangan kewirausahan yang akan menjadi program Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi pada 2019. Selain itu juga akan ada pameran bagi produk yang dikelola pelaku wirausaha untuk memfasilitasi promosi produk milik UMKM di Kabupaten Bekasi.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.