BEKASI-BISNIS-DINAS KOPERASI UMKM KABUPATEN BEKASI SIAP FASILITASI PROMOSI UMKM-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bekasi Siap Fasilitasi Promosi UMKM

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan tombak ekonomi negara. Bahkan menurut data yang didapatkan dari Deputy Director Direstorate of ASEAN External Cooperation, Rizki Safary di Senayan (24/10) lalu, sekitar 96 persen pengusaha di ASEAN adalah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

UMKM sendiri yang perannya sangat penting untuk ekonomi ASEAN. Saking besar perannya, pertumbuhan ekonomi di ASEAN naik hingga lebih dari 100 persen sejak tahun 1967. Maka dari itu, pemerintah Indonesia sangat gencar mendorong masyarakat untuk membuka usaha dan membantu para pelaku UMKM agar perputaran ekonomi negara lebih baik.

[Baca Juga: Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi dengan Produk Digital]

Peran UMKM juga dirasa penting oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi. Pasalnya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi H. Entah Ismanto mengapresiasi Kementrian Koperasi dan UKM yang melaksanakan program Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang bertujuan untuk mendorong lebih banyaknya masyarakat terlebih lagi generasi muda Indonesia yang menjadi wirausaha.

Entah mengatakan, pentingnya generasi muda mengubah pola pikir dari pencari kerja hingga menjadi pecipta lapangan kerja dengan menjadi wirausaha. Jumlah wirausaha yang bertambah di Kabupaten Bekasi dengan terus dilaksanakannya Gerakan Kewirausahaan Nasional, dapat mendongkrak kinerja perekonomian daerah.

Dilansir dari bekasikab.go.id, menurut Entah untuk menjadi wirausahawan yang sukses Anda harus memiliki keberanian untuk memulai bisnis, fokus, dan cari sesuatu yang unik serta berbeda. “Kita harus mememulai bisnis di bidang yang masih belum banyak orang lain geluti. Kalaupun sudah ada yang memulai bisnis tersebut, Anda harus memiliki nilai tambah atau ciri khas tersendiri,” ujarnya.

[Baca Juga: Bisnis Buku Bekas Pasar Senen di Era Digital]

Beliau juga mengungkapkan, program pelatihan kewirausahaan dari Kemenkop dan UKM merupakan pendorong bagi pemerintah daerah dalam memajukan dan mengembangkan UMKM di Kabupaten Bekasi.

Maka dari itu, Entah menuturkan jika akan ada program pengembangan kewirausahan yang akan menjadi program Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi pada 2019. Selain itu juga akan ada pameran bagi produk yang dikelola pelaku wirausaha untuk memfasilitasi promosi produk milik UMKM di Kabupaten Bekasi.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.