Dinas KPKP Akan Tanam 14.000 Bibit Karang

Berita Kawasan

Dinas KPKP Akan Tanam 14.000 Bibit Karang

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memiliki target untuk melaksanakan transplantasi karang di bulan Mei 2019. Transplantasi karang di perairan DKI Jakarta akan dilakukan dengan menanam 14.000 bibit karang.

Jumlah tersebut akan disebar ke 3.500 substrat atau tempat tumbuhnya karang di sejumlah wilayah perairan di Kepulauan Seribu yang memiliki luas mencapai 0,7 hektare. Sementara luas perairan DKI Jakarta dikatakan Kepala Bidang Kelautan Dinas KPKP DKI Jakarta Sri Wahyuni kurang lebih mencapai 4.561 hektare sehingga diperlukan pengawasan dan perawatan ekosistem secara maksimal.

[Baca Juga: Jakarta Tourism akan Kembangkan Kepulauan Seribu]

Proses penanaman karang dilakukan di dasar laut perairan dangkal atau berkedalaman sekitar lima meter dan akan ditanam empat bibit karang untuk satu unit substrat seperti yang dijelaskan Wahyuni dalam lansiran beritajakarta.id (22/3/2019).

Wahyuni juga menyampaikan, jenis karang yang akan ditanam Dinas KPKP adalah jenis acropora yang tumbuhnya dua sampai tiga meter dalam setahun. Penanaman bibit karang acropora akan dilakukakan di sekitar Pulau Gosong, Pulau Pramuka, Pulau Karya, Pulau Panggang, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Kelapa.

[Baca Juga: Cegah Pencemaran Sampah Plastik dengan Lakukan Hal Ini]

Pelaksanaan transplantasi karang dilakukan dengan luas yang bervariasi di setiap wilayah perairan kepulauan karena menyesuaikan kebutuhan dan alokasi anggaran.Wahyuni juga menyebutkan total anggaran utuk transplantasi karang di tahun 2019 yang sejumlah Rp1,4 miliar.

Dia menambahkan, saat ini proses transplantasi karang sedang dalam tahap lelang dan bulan Mei mendatang akan ditargetkan untuk dijalankan.

[Baca Juga: Menilik Pertanian Terpadu di Pulau Payung]

Sekadar informasi, karang yang biasa kita jumpai di laut merupakan bagian dari ekosistem biota laut dan menjadi rumah bagi ikan-ikan sehingga bisa berdampak baik bagi nelayan. Hadirnya terumbu karang juga menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa dikagumi keindahannya. Sehingga penanaman bibit karang bisa membawa banyak manfaat terutama bagi ekosistem biota laut.


Read More

Artikel Lainnya

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Kesehatan

Lansia Kala Pandemi, Harapan Meningkat tapi Masih Kelompok Rentan

27 September 2021, 19:07

Lansia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup, di sisi lain mereka masuk kelompok rentan. Pelayanan kesehatan pada kelompok lansia pun terus ditingkatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.