Dinas KPKP Akan Tanam 14.000 Bibit Karang

Berita Kawasan

Dinas KPKP Akan Tanam 14.000 Bibit Karang

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memiliki target untuk melaksanakan transplantasi karang di bulan Mei 2019. Transplantasi karang di perairan DKI Jakarta akan dilakukan dengan menanam 14.000 bibit karang.

Jumlah tersebut akan disebar ke 3.500 substrat atau tempat tumbuhnya karang di sejumlah wilayah perairan di Kepulauan Seribu yang memiliki luas mencapai 0,7 hektare. Sementara luas perairan DKI Jakarta dikatakan Kepala Bidang Kelautan Dinas KPKP DKI Jakarta Sri Wahyuni kurang lebih mencapai 4.561 hektare sehingga diperlukan pengawasan dan perawatan ekosistem secara maksimal.

[Baca Juga: Jakarta Tourism akan Kembangkan Kepulauan Seribu]

Proses penanaman karang dilakukan di dasar laut perairan dangkal atau berkedalaman sekitar lima meter dan akan ditanam empat bibit karang untuk satu unit substrat seperti yang dijelaskan Wahyuni dalam lansiran beritajakarta.id (22/3/2019).

Wahyuni juga menyampaikan, jenis karang yang akan ditanam Dinas KPKP adalah jenis acropora yang tumbuhnya dua sampai tiga meter dalam setahun. Penanaman bibit karang acropora akan dilakukakan di sekitar Pulau Gosong, Pulau Pramuka, Pulau Karya, Pulau Panggang, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Kelapa.

[Baca Juga: Cegah Pencemaran Sampah Plastik dengan Lakukan Hal Ini]

Pelaksanaan transplantasi karang dilakukan dengan luas yang bervariasi di setiap wilayah perairan kepulauan karena menyesuaikan kebutuhan dan alokasi anggaran.Wahyuni juga menyebutkan total anggaran utuk transplantasi karang di tahun 2019 yang sejumlah Rp1,4 miliar.

Dia menambahkan, saat ini proses transplantasi karang sedang dalam tahap lelang dan bulan Mei mendatang akan ditargetkan untuk dijalankan.

[Baca Juga: Menilik Pertanian Terpadu di Pulau Payung]

Sekadar informasi, karang yang biasa kita jumpai di laut merupakan bagian dari ekosistem biota laut dan menjadi rumah bagi ikan-ikan sehingga bisa berdampak baik bagi nelayan. Hadirnya terumbu karang juga menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa dikagumi keindahannya. Sehingga penanaman bibit karang bisa membawa banyak manfaat terutama bagi ekosistem biota laut.

Read More

Artikel Lainnya

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.


Comments


Please Login to leave a comment.