Dinas KPKP Bangun Pelayanan Kesehatan Hewan

Berita Kawasan

Dinas KPKP Bangun Pelayanan Kesehatan Hewan

Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi (KPKP) DKI Jakarta merupakan dinas yang menangani urusan kelautan, pertanian, perikanan, peternakan dan kesehatan hewan, kehutanan dan ketahanan pangan sebagaimana dilansir data.jakarta.go.id (1/4/2019).

Dalam rangka meningkatkan pelayanan untuk kesehatan hewan, Dinas KPKP akan membangun Pusat Pelayanan Kesehatan (Pusyankes) Hewan. Pembangunan gedung baru untuk Pusyankes Hewan menggunakan lahan seluas sekitar 1.500 meter yang terintegrasi di Jalan Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Pejaten Shelter, “Surga” Kecil untuk Hewan Peliharaan yang Terlantar]

Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Dinas KPKP DKI Jakarta Renova Ida Siahaan mengatakan, realisasi pembangunan gedung baru tersebut akan menjadi layanan one stop service untuk kesehatan hewan.

Mengutip beritajakarta.id (1/4/2019), Renova juga menyampaikan gedung itu akan dibangun dua lantai yang memiliki berbagai fasilitas pelayanan seperti, kantor, klinik, laboratorium diagnostik hewan, rumah observasi, ruang penampungan hewan penular rabies, serta pengobatan yang berhubungan dengan penyakit hewan.

[Baca Juga: Bisnis Vet dan Adopsi Hewan di BSD Serpong]

"Laboratorium juga berfungsi untuk surveillance penyakit seperti, rabies, flu burung, brucellosis, dan antraks," tambahnya.

Pembangunan gedung Pusyankes Hewan sudah masuk dalam anggaran Dinas KPKP DKI Jakarta yang berjumlah sebesar Rp17 miliar sebagaimana dikatakan Renova dalam beritajakarta.id (1/4/2019). Proses untuk membangun gedung tersebut saat ini masih dalam pengajuan lelang. Renova mengatakan, proyek pembangunan Pusyankes Hewan direncanakan sudah bisa dimulai pada bulan Juni 2019.

[Baca Juga: Menilik Komunitas FISIP UI Peduli Hewan]

Sekadar informasi, di Jalan Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan juga telah memiliki Rumah Sakit Hewan Jakarta yang menjadi rumah sakit hewan swasta pertama di Indonesia. Sejak 28 Desember 1993, rumah sakit hewan ini melayani berbagai jenis hewan yang menderita sakit atau sekadar membutuhkan konsultasi mengenai hewan sebagaimana dilansir rumahsakithewanjakarta.com (1/4/2019).

Dengan dibangunnya Pusyankes Hewan oleh Dinas KPKP, tentu akan menambah jumlah pusat pelayanan kesehatan hewan yang juga penting bagi para pecinta hewan untuk memastikan kesehatan hewan peliharaannya.

Read More

Artikel Lainnya

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

Pendidikan

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

18 January 2021, 16:17

Kanal yang diberi nama Belajar Bersama Disdik Kota Depok ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) atau pembelajaran daring siswa.

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

Kesehatan

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

18 January 2021, 15:28

Proses pendaftaran vaksinasi ada empat alur. Meja pertama, calon penerima vaksin yang mendapatkan SMS yang sudah mendaftar melalui aplikasi, melakukan registrasi dan pencatatan.

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Bisnis

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

18 January 2021, 14:23

Pemerintah Kota Malang di awal tahun 2021 melakukan terobosan dalam bentuk inisiasi kerjasama dengan GoJek dan GoPay.


Comments


Please Login to leave a comment.