Dinas KPKP Bangun Pelayanan Kesehatan Hewan

Berita Kawasan

Dinas KPKP Bangun Pelayanan Kesehatan Hewan

Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi (KPKP) DKI Jakarta merupakan dinas yang menangani urusan kelautan, pertanian, perikanan, peternakan dan kesehatan hewan, kehutanan dan ketahanan pangan sebagaimana dilansir data.jakarta.go.id (1/4/2019).

Dalam rangka meningkatkan pelayanan untuk kesehatan hewan, Dinas KPKP akan membangun Pusat Pelayanan Kesehatan (Pusyankes) Hewan. Pembangunan gedung baru untuk Pusyankes Hewan menggunakan lahan seluas sekitar 1.500 meter yang terintegrasi di Jalan Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Pejaten Shelter, “Surga” Kecil untuk Hewan Peliharaan yang Terlantar]

Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Dinas KPKP DKI Jakarta Renova Ida Siahaan mengatakan, realisasi pembangunan gedung baru tersebut akan menjadi layanan one stop service untuk kesehatan hewan.

Mengutip beritajakarta.id (1/4/2019), Renova juga menyampaikan gedung itu akan dibangun dua lantai yang memiliki berbagai fasilitas pelayanan seperti, kantor, klinik, laboratorium diagnostik hewan, rumah observasi, ruang penampungan hewan penular rabies, serta pengobatan yang berhubungan dengan penyakit hewan.

[Baca Juga: Bisnis Vet dan Adopsi Hewan di BSD Serpong]

"Laboratorium juga berfungsi untuk surveillance penyakit seperti, rabies, flu burung, brucellosis, dan antraks," tambahnya.

Pembangunan gedung Pusyankes Hewan sudah masuk dalam anggaran Dinas KPKP DKI Jakarta yang berjumlah sebesar Rp17 miliar sebagaimana dikatakan Renova dalam beritajakarta.id (1/4/2019). Proses untuk membangun gedung tersebut saat ini masih dalam pengajuan lelang. Renova mengatakan, proyek pembangunan Pusyankes Hewan direncanakan sudah bisa dimulai pada bulan Juni 2019.

[Baca Juga: Menilik Komunitas FISIP UI Peduli Hewan]

Sekadar informasi, di Jalan Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan juga telah memiliki Rumah Sakit Hewan Jakarta yang menjadi rumah sakit hewan swasta pertama di Indonesia. Sejak 28 Desember 1993, rumah sakit hewan ini melayani berbagai jenis hewan yang menderita sakit atau sekadar membutuhkan konsultasi mengenai hewan sebagaimana dilansir rumahsakithewanjakarta.com (1/4/2019).

Dengan dibangunnya Pusyankes Hewan oleh Dinas KPKP, tentu akan menambah jumlah pusat pelayanan kesehatan hewan yang juga penting bagi para pecinta hewan untuk memastikan kesehatan hewan peliharaannya.

Read More

Artikel Lainnya

Tips Menambah Jaringan Bisnis Selama Pandemi COVID-19

Bisnis

Walau Pandemi, Jalani Tips ini untuk Menambah Jaringan Bisnis

29 November 2020, 18:11

Meskipun tidak bertemu langsung, ada banyak peluang untuk memperluas jaringan bisnis dan membangun hubungan profesional baru.

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.


Comments


Please Login to leave a comment.