Dinas LH DKI Adakan 6x Uji Emisi Kendaraan Gratis Bulan Juli

Berita Kawasan

Dinas LH DKI Adakan 6x Uji Emisi Kendaraan Gratis Bulan Juli

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta melaksanakan enam kali kegiatan uji emisi gratis kendaraan bermotor di bulan Juli ini. Uji emisi menyasar kendaraan roda dua dan roda empat, yang membeli jenis bahan bakar minyak (BBM) apapun di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dengan menunjukkan struk transaksi.

Setelah sebelumnya dilaksanakan di Pulogadung dan Kemayoran, uji emisi gratis selanjutnya akan dilaksanakan Kantor Wali Kota Jakarta Utara pada 9 Juli 2020; Wali Kota Jakarta Selatan 16 Juli 2020; Kantor Wali Kota Jakarta Barat 23 Juli 2020; dan Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada 30 Juli 2020.

Dinas LH DKI Adakan 6x Uji Emisi Kendaraan Gratis Bulan Juli

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, udara bersih menjadi cerminan lingkungan yang sehat, uji emisi ini menjadi salah satu upaya meningkatkan kualitas udara. "Melalui uji emisi ini diharapkan masyarakat mengetahui kondisi gas buang kendaraannya agar tidak membahayakan lingkungan," ujar Andono seperti diberitakan beritajakarta.id (9/7/2020).

Andono menjelaskan, dalam kegiatan uji emisi gratis tersebut terdapat enam unsur dalam gas buang kendaraan yang diukur yaitu, senyawa HC (Hidrokarbon), CO (Karbon Monoksida), CO2 (Karbon Dioksida), O2 (Oksigen), senyawa NO (Nitrogen Oksida), dan Lambda.

"Kami menargetkan sebanyak 100 unit kendaraan baik roda dua dan roda empat dalam setiap pelaksanaan uji emisi gratis," terangnya.

[Baca Juga: Riset: Polusi Udara Menurun Pada Masa Pandemi. Akankah Berlanjut?]

Ia menambahkan, Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara pada tanggal 1 Agustus 2019 mengamanatkan untuk memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi. "Tidak hanya kendaraan roda empat, kami menargetkan uji emisi juga wajib untuk kendaraan roda dua," tandasnya.

Polusi udara di Jakarta sempat menduduki peringkat kedua di dunia, saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Padahal, pembatasan sosial ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi potensi penyebaran virus corona baru yang saat ini mewabah dan menyebabkan penyakit COVID-19.

Direktur Rujak.org Elisa Sutanudjaja mengatakan sejak awal bulan Juni ini, jumlah kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan di Jakarta sekitarnya mengalami kenaikan yang signifikan. "Kenaikannya (kendaraan bermotor) signifikan sejak tanggal 4 (Juni)," ungkap Elisa seperti diberitakan Kompas.com (17/6/2020).

[Baca Juga: Aplikasi e-Uji Emisi Mudahkan Periksa Gas Buang Kendaraan]

Berdasarkan grafis data perbandingan mobilitas moda kendaraan bermotor DKI per 24 jam, sejak akhir Mei, tercatat jumlah kendaraan mengalami kenaikan tajam, terutama kendaraan bermotor roda empat seperti mobil. Sepinya aktivitas warga Ibu Kota karena pembatasan sosial membuat langit Jakarta cerah dengan tingkat polusi yang rendah.

Padatnya kendaraan bermotor yang mulai menghiasi setiap sudut DKI Jakarta pada masa PSBB Transisi ini, memberi dampak buruk bagi kualitas udara di ibu kota. Menurut data AirVisual IQAir.com, kualitas udara di Jakarta pada pertengahan Juni tercatat mencapai angka 131 US AQI. Angka kualitas udara tersebut kemudian menjadikan Jakarta sebagai kota kedua di dunia penyumbang polusi udara terbesar, setelah kota New Delhi, India yang mencatatkan angka 142 US AQI.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.