Dinas LH Jakarta Butuh Kepedulian Warga Kurangi Produksi Sampah

Berita Kawasan

Dinas LH Jakarta: Butuh Kepedulian Warga Kurangi Produksi Sampah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih optimis bisa mengurangi tiga puluh persen sampah dari rata-rata produksi sampah per hari di Ibu Kota. Itu berarti mengurangi 2.280 ton dari jumlah awal rata-rata sampah yang mencapai 7.600 ton per hari.

Dalam rangka Hari Sampah Nasional pada 21 Februari 2020, Andono menjelaskan lebih lanjut bahwa pengurangan sampah ini dapat tercapai jika masyarakat dan stakeholder di Jakarta mampu mendukungnya.

Dinas LH Jakarta Butuh Kepedulian Warga Kurangi Produksi Sampah

“Kami optimis bisa mengurangi sampah hingga tiga puluh persen. target ini bisa tercapai dengan dukungan dan kepedulian seluruh masyarakat serta stakeholder”, kata Andoro Warih, dilansir beritajakarta.id (21/02/2020)

Ia menerangkan jika selama ini 61 persen dari 7.600 ton sampah yang diproduksi per harinya merupakan sampah rumah tangga. Peran masyarakat dari tatanan rumah tangga sangat dibutuhkan.

[Baca Juga: Kelurahan Tanah Baru Punya Bank Sampah Gres]

"Target dari pengelolaan sampah adalah terjadinya keterlibatan masyarakat di dalam pengelolaan sampah. Kegiatan yang dilakukan adalah kita melibatkan warga untuk melakukan upaya mulai dari mengurangi sampah, memilah dan mengolah sampah," terangnya.

Gerakan Kampung Sampah Tanggung Jawab Bersama (Samtama) juga termasuk cara kolaborasi masyarakat dan pemerintah dalam mengurangi sampah.

Mengutip CNNIndonesia.com (21/02/2020), Samtama memiliki relawan atau disebut laskar. Laskar Samtama pada tahun 2019 diseleksi sebanyak 209 dari 429 orang yang mendaftar.

[Baca Juga: ITF Sunter Dinilai Walhi dapat Timbulkan Masalah Lingkungan Baru]

Laskar Samtama berasal dari berbagai kalangan. Itu di antaranya ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan, guru, bahkan Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Samtama adalah program yang dicanangkan oleh Gubernur Anies Baswedan pada tahun 2019.

Kebijakan pengurangan sampah sebanyak tiga puluh persen ini ada dalam road map pengelolaan sampah yang acuannya adalah Kebijakan dan Strategi Daerah tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.