Dinas LH Kab Bogor Adakan Program Kampung Ramah Lingkungan

Berita Kawasan

Dinas LH Kab Bogor Adakan Program Kampung Ramah Lingkungan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor mengadakan program Kampung Ramah Lingkungan di 181 wilayah desa maupun kelurahan yang tersebar di 37 kecamatan. Verifikasi yang melibatkan berbagai elemen terus dilakukan guna mendapatkan KRL yang berkualitas. Kepala Seksie (Kasie) Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup yang juga ketua tim penilai kampung ramah lingkungan Muji Lestari mengatakan, dari tahun ke tahun antusias masyarakat terhadap program KRL yang digagas Dinas Lingkungan Hidup terus meningkat.

“Program Kampung Ramah Lingkungan yang digagas Dinas Lingkungan Hidup dari tahun ke tahun mendapat antusias dan sambutan yang baik dari masyarakat, terbukti setiap tim verifikasi yang berkunjung ke wilayah yang menjadi peserta KRL selalu ramai, mulai dari spanduk-spanduk selamat datang sampai kita disambut dengan tarian maupun lengser,” kata Muji.

[Baca Juga: Dinas Pendidikan DKI Bangun Sekolah Percontohan Ramah Lingkungan]

Melansir dari bogorkab.go.id (25/9/2019) Muji mengatakan, tim penilai atau verifikasi dibagi menjadi tiga tim yang melibatkan SKPD (Satuan Kerja Pendamping Daerah). Ada 16 orang pegawai DLH dan kedinasan lain seperti Bappedalitbang, Disbudpar, Diskominfo juga turut serta jadi tim penilai.

“Hal ini untuk lebih mempertajam dalam hal penilaian, sehingga wilayah atau tempat yang menjadi KRL tidak bagus ketika ada penilaian atau perlombaan, tapi bagus seterusnya,” ujar Muji.

Muji menambahkan, untuk KRL tahun ini terdapat tiga kategori, yaitu Pratama untuk wilayah yang baru pertama kali mengikuti KRL, kemudian ada Madya untuk wilayah yang sudah dua kali mengikuti program ini, serta Jawara untuk wilayah yang sudah pernah menjadi juara KRL.

[Baca Juga: Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat Bangun 3 TPS Berkonsep 3R]

Kegiatan verifikasi Kampung Ramah Lingkungan (KRL) sendiri adalah wadah edukasi lingkungan kepada masyarakat yang dikemas dalam bentuk perlombaan lingkungan bersih, sehat dan hijau. Program ini dilakukan juga untuk mendorong pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat setempat untuk memahami permasalahan lingkungan dan dampaknya serta menindak secara nyata dan proaktif.

Dalam program ini masyarakat didorong untuk mampu mengendalikan kekeringan, banjir, dan longsor melalui kegiatan penghijauan, penyediaan bank sampah dan kreasi sampah daur ulang, penyediaan tanaman vertikultur dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah demi terciptanya Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dan lain sebagainya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.