MENTENG-KAWASAN-DINAS NAKERTRANS JAKARTA TAMBAH ARMADA MOBILE TRAINING UNIT-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Dinas Nakertrans Jakarta Tambah Armada Mobile Training Unit

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) DKI Jakarta telah memiliki 23 unit Mobile Training Unit (MTU) yang berfungsi sebagai layanan jemput bola pelatihan keterampilan dan kewirausahaan kepada masyarakat.

Mobile Training Unit merupakan program pelatihan kerja yang bisa dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal warga setempat. Program pelatihan MTU dilaksanakan berdasarkan pengajuan dari warga yang menginginkan, dengan syarat bersedia menyediakan lokasi pelatihan yang memadai dan peserta pelatihan.

Kepala Dinas Nakertrans DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, MTU memiliki sasaran utama bagi warga yang sudah berkeluarga dan memberikan kesempatan bagi ibu-ibu rumah tangga untuk memiliki bekal keterampilan sesuai dengan minatnya.

"Keberadaan MTU ini lebih bisa menjangkau ke wilayah-wilayah permukiman warga. Jadi, mereka tidak perlu datang jauh-jauh untuk mengikuti pelatihan keterampilan," ujar Andri Yansyah seperti dikutip dari Berita Jakarta (18/1/2019).

[Baca Juga: Pelatihan Pangan Nusantara di Kabupaten Tangerang]

Untuk operasional MTU, diterangkan Andri Yansyah, dilakukan kerjasama dan koordinasi dengan pengurus RT/RW berkaitan dengan usulan masyarakat, baik terkait lokasi pelaksanaan dan jenis pelatihan yang dibutuhkan warga.

Pelatihan MTU ini dilaksanakan selama 30 hari kerja atau 240 jam pelajaran, dari hari Senin sampai Jumat pukul 08.00-15.15 WIB. Ada enam jenis kejuruan yang disediakan pada program pelatihan ini, yaitu tata busana, tata rias, teknik sepeda motor, teknik komputer, las, dan tata boga.

"Pelatihan biasanya dilakukan selama 30 hari kerja dengan kuota 10 orang per angkatan," terangnya.

Metode pelatihan dilakukan dengan standar pelatihan berbasis kompetensi mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKN) dengan perbandingan 75 persen praktik dan 25 persen teori.

Fasilitas yang ada di pelatihan ini seperti instruktur yang kompeten, pelatihan kejuruan berbasis kompetensi, sarana dan bahan pakai habis pelatihan, seragam pelatihan, makan siang, dan sertifikat kompetensi dari PPKD Jakarta.

[Baca Juga: Tidak Hanya Menghibur, Mobile Games Berikut Ini Juga Bisa Asah Otak]

Bagi yang ingin mendapatkan program pelatihan ini ada beberapa syarat yang mesti diajukan. Antaranya menyediakan lokasi pelatihan yang dapat digunakan selama 30 hari pelatihan, lokasi wajib berada di wilayah DKI Jakarta.

Pengajuan Pelatihan Program MTU harus diketahui dan disetujui oleh pejabat lokasi setempat (RT, RW, Lurah, Camat, atau pejabat setempat lainnya). Terdapat satu orang yang ditunjuk sebagai koordinator lokasi yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan pelatihan.

Andri Yansyah menambahkan, sebanyak 23 MTU pengadaan tahun 2018 tersebut harganya berkisar antara Rp1.000.000.000 sampai Rp1.500.000.000 per unit. MTU itu selanjutnya didistribusikan ke Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) di lima wilayah kota.

"Kita ingin semakin banyak wirausaha baru di Jakarta baik melalui PPKD maupun MTU. Sehingga, kesejahteraan warga bisa semakin meningkat," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.