Dinas PE Gandeng Profesional untuk Mengurasi Produk IKM

Bisnis

Dinas PE Gandeng Profesional untuk Mengurasi Produk IKM

Sebanyak 70 Produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) nantinya akan difasilitasi dalam kegiatan pameran atau ekshibisi. Produk mereka akan terlebih dulu dikurasi Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta dalam berbagai tahap yang perlu dilalui IKM. Serangkaian proses tersebut melingkupi tahap-tahap Perizinan (P4) menuju Pemasaran (P5) dalam Tujuh Langkah Pasti Akan Sukses (7 PAS) program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).

Dinas PE Gandeng Profesional untuk Mengurasi Produk IKM

Melansir laman beritajakarta.id (05/07/2019). Pada 4 Juni 2019, di Kompleks Dinas Teknis Jatibaru, Jakarta Pusat, Kepala Bidang Industri Dinas PE DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan pihaknya mengurasi produk IKM yang terdiri dari fesyen, kuliner, dan kriya. Yang akan dibagi ke dalam tiga grade A, B, dan C berdasarkan penilaian.

[Baca Juga: Kerjasama OJK dan LPS Tingkatkan Koordinasi Penanganan Bank]

Penilaian atas ketiga bidang produk tersebut akan dinilai serius karena nantinya akan dipamerkan dalam skala yang lebih luas lagi. Seperti yang dijelaskan Ratu dalam melakukan penilaian, Dinas PE menggandeng tiga kurator profesional dan ahli dalam ketiga bidang tersebut. Adapun poin penilaian mencakup aspek profesionalitas, produktivitas, kreativitas, dan enterpreneurial.

Produk yang dihasilkan para IKM dinilai para kurator kemudian diberi masukan terhadap kekurangan produknya untuk diperbaiki. "Selain memberikan penilaian, para kurator juga menyampaikan masukan terhadap kekurangan yang perlu diperbaiki dari produk yang dihasilkan para IKM binaan itu," terangnya.

[Baca Juga: Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI Gelar Produk IKM]

Untuk diketahui syarat IKM Binaan yang mengikuti kurasi meliputi, produk olahan sendiri; ber-KTP DKI Jakarta; diutamakan memiliki IUMK; menjadi binaan Dinas PE; rutin melakukan produksi; produk yang dihasilkan bukan siap saji; memiliki buku Tumbuh Kembang Usaha; memiliki sertifikat dari Sudin PE; sertifikat pelatihan dari Dinas PE; serta tanda terima Hak Kekayaan Intelektual (Haki).

Sementara itu, Kepala Seksi Industri Kecil Menengah dan Kreatif Dinas PE DKI Jakarta, Frida Elizabeth mengatakan bagi pelaku IKM yang mendapatkan penilaian Grade A akan menjadi prioritas untuk diikutsertakan dalam pemeran berskala provinsi, nasional, maupun internasional. "Bagi pelaku IKM yang produknya masih di Grade B dan C akan terus kita berikan pembinaan dan pendampingan agar bisa mencapai Grade A melalui dua tahapan kurasi lanjutan," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Guna Tingkatkan Layanan Digital

Bisnis

Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Guna Tingkatkan Layanan Digital

09 December 2019, 18:00

Toyota berikan pelayanan digital kepada konsumen setia lewat Mobile Apps mToyoya

Film Kucumbu Tubuh Indahku Borong Piala Citra FFI 2019

Berita Kawasan

Film Kucumbu Tubuh Indahku Borong Piala Citra FFI 2019

09 December 2019, 17:00

Dari 12 nominasi yang didapat, film Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho sukses meraih delapan penghargaan di ajang FFI 2019.

Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Sebuah Biografi

Berita Kawasan

Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Biografi

09 December 2019, 16:00

buku ini akan mengangkat bagaimana peran sosok-sosok inspiratif yang ada di kehidupan Endah dan Rhesa selama berkarir di dunia musik.

LOKALisme By Ninja Xpress, Gandeng UKM untuk Tingkatkan Value Produk Lokal

Bisnis

LOKALisme By Ninja Xpress, Gandeng UKM untuk Tingkatkan Value ProdukLokal

09 December 2019, 15:00

Semangat yang digaungkan oleh LOKALisme ini disambut positif oleh brand dan kreator lokal berkualitas global yang berkolaborasi melalui Pop Up Market.


Comments


Please Login to leave a comment.