Dinas PE Gandeng Profesional untuk Mengurasi Produk IKM

Bisnis

Dinas PE Gandeng Profesional untuk Mengurasi Produk IKM

Sebanyak 70 Produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) nantinya akan difasilitasi dalam kegiatan pameran atau ekshibisi. Produk mereka akan terlebih dulu dikurasi Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta dalam berbagai tahap yang perlu dilalui IKM. Serangkaian proses tersebut melingkupi tahap-tahap Perizinan (P4) menuju Pemasaran (P5) dalam Tujuh Langkah Pasti Akan Sukses (7 PAS) program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).

Dinas PE Gandeng Profesional untuk Mengurasi Produk IKM

Melansir laman beritajakarta.id (05/07/2019). Pada 4 Juni 2019, di Kompleks Dinas Teknis Jatibaru, Jakarta Pusat, Kepala Bidang Industri Dinas PE DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan pihaknya mengurasi produk IKM yang terdiri dari fesyen, kuliner, dan kriya. Yang akan dibagi ke dalam tiga grade A, B, dan C berdasarkan penilaian.

[Baca Juga: Kerjasama OJK dan LPS Tingkatkan Koordinasi Penanganan Bank]

Penilaian atas ketiga bidang produk tersebut akan dinilai serius karena nantinya akan dipamerkan dalam skala yang lebih luas lagi. Seperti yang dijelaskan Ratu dalam melakukan penilaian, Dinas PE menggandeng tiga kurator profesional dan ahli dalam ketiga bidang tersebut. Adapun poin penilaian mencakup aspek profesionalitas, produktivitas, kreativitas, dan enterpreneurial.

Produk yang dihasilkan para IKM dinilai para kurator kemudian diberi masukan terhadap kekurangan produknya untuk diperbaiki. "Selain memberikan penilaian, para kurator juga menyampaikan masukan terhadap kekurangan yang perlu diperbaiki dari produk yang dihasilkan para IKM binaan itu," terangnya.

[Baca Juga: Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI Gelar Produk IKM]

Untuk diketahui syarat IKM Binaan yang mengikuti kurasi meliputi, produk olahan sendiri; ber-KTP DKI Jakarta; diutamakan memiliki IUMK; menjadi binaan Dinas PE; rutin melakukan produksi; produk yang dihasilkan bukan siap saji; memiliki buku Tumbuh Kembang Usaha; memiliki sertifikat dari Sudin PE; sertifikat pelatihan dari Dinas PE; serta tanda terima Hak Kekayaan Intelektual (Haki).

Sementara itu, Kepala Seksi Industri Kecil Menengah dan Kreatif Dinas PE DKI Jakarta, Frida Elizabeth mengatakan bagi pelaku IKM yang mendapatkan penilaian Grade A akan menjadi prioritas untuk diikutsertakan dalam pemeran berskala provinsi, nasional, maupun internasional. "Bagi pelaku IKM yang produknya masih di Grade B dan C akan terus kita berikan pembinaan dan pendampingan agar bisa mencapai Grade A melalui dua tahapan kurasi lanjutan," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.