Penyuluhan Kesehatan Lansia Penting Dilakukan

Kesehatan

Dinas Sosial Depok Mengutamakan Penyuluhan Kesehatan Lansia

Para lansia di Kota Depok harus tetap sehat dan tangguh agar dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Usia lanjut kerap mengalami berbagai permasalahan kesehatan, ekonomi maupun sosial. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kesehatan lansia, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok terus melakukan pembinaan kepada warga lanjut usia (lansia), yaitu dengan mengadakan penyuluhan kesehatan. Tak hanya tentang kesehatan, para lansia juga mendapatkan pelatihan keterampilan.

Penyuluhan Kesehatan Lansia Penting Dilakukan

Melansir laman depok.go.id (17/09/2019), Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Depok Nita Ita Hernita menyebutkan ada sekitar 9 organisasi lansia di Kota Depok yang akan diikutsertakan melakukan pembinaan kesehatan. “Kota Depok kurang lebih memiliki 9 organisasi lansia antara lain, LLI, PWRI, Pergeri, Kertawredatama, LVRI, Wirawati Catur Panca, DHC 45, Pepabri dan Piveri. Para orang tua kita ini akan terus dipantau dan bergantian untuk mengikuti pembinaan kesehatan dari Dinas Sosial,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, penyuluhan kesehatan yang akan dilakukan Dinsos, menghadirkan dokter dan penyuluh kesehatan agar para lansia dapat memperhatikan faktor-faktor risiko yang harus dihindari untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin terjadi. Termasuk, peringatan agar para lansia dapat memperhatikan faktor-faktor pencegahan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatannya.

[Baca Juga: Ini “Sekolah” Lansia di Pantai Indah Kapuk Jakarta]

Sementara itu, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas pada Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Depok Eddy Muhammad mengatakan, pihaknya mengadakan penyuluhan kesehatan kepada lansia bertujuan untuk mewujudkan lansia yang sehat, berkualitas, dan produktif di masa tuanya. Kegiatan tersebut akan dilakukan selama 3 kali dalam setahun.

Dirinya menambahkan, Pemkot Depok telah meluncurkan banyak pelayanan untuk lansia antara lain, pelayanan geriatrik di rumah sakit, pelayanan kesehatan di Puskesmas, adanya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia atau Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). Penyuluhan kesehatan lansia termasuk kegiatan yang melengkapi beberapa pelayanan kesehatan di Kota Depok. Upaya yang dilakukan pihaknya akan terus berlanjut agar para lansia dapat meningkatkan kualitas hidup.

[Baca Juga: Aplikasi Ini Permudah Layanan Kesehatan Lansia dan Difabel]

“Berbagai pelayanan kesehatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup. Penyuluhan kesehatan pertama sudah pada Minggu lalu. Yang selanjutnya akan dilakukan pada Selasa 17 dan Jumat 20 September 2019,” tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.