Dinilai Berhasil, PSBB Kota Bandung Resmi Berakhir 5 Mei 2020

Berita Kawasan

Dinilai Berhasil, PSBB Kota Bandung Resmi Berakhir 5 Mei 2020

Setelah hampir 2 minggu menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kota Bandung akhirnya resmi untuk tidak memperpanjang kebijakan tersebut. Otomatis, PSBB di Kota Bandung akan berakhir pada 5 Mei 2020 sesuai kesepakatan awal.

Hal itu diketahui setelah Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung melakukan rapat untuk mengevaluasi kebijakan tersebut. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung Oded M Danial mengatakan bahwa PSBB yang diterapkan di wilayahnya telah efektif menekan angka penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Ribuan Pekerja di Bandung Kena PHK Selama Masa Pandemi COVID-19]

"Kita sudah rapat tadi, Insya Allah PSBB kota Bandung kita tutup sampai tanggal 5 besok," ucap Oded.

Lewat data yang diperoleh Oded, angka penyebaran kasus positif COVID-19 di Kota Bandung dan juga jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) pun mulai melandai. Oded mengatakan, sejak 30 April 2020 hingga hari ini, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) cenderung melambat selama 4 hari terakhir, yakni di kisaran angka 604 hingga 647. Bahkan untuk pasien meninggal yang sebelumnya bisa mencapai 7 orang perhari, kini sudah mulai bisa ditekan angkanya.

Dinilai Berhasil, PSBB Kota Bandung Resmi Berakhir 5 Mei 2020

"Tadi disampaikan menurut analisa para pakar kalau saja tidak diadakan PSBB mungkin penyebaran ini (covid-19) bisa meningkat dan luar biasa. Alhamdulillah dengan PSBB ini dengan rekayasa mitigasi di Kota Bandung ini yang kita jalankan dari tanggal 22 sampai hari ini Alhamdulillah menunjukan angka yang semakin landai," ujar Oded.

Setelah menyetujui untuk tidak memperpanjang masa PSBB di Kota Bandung, kini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tinggal menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat yang akan memberlakukan PSBB tingkat Provinsi pada 6 Mei 2020. Oded pun memastikan daerahnya akan mengikuti arahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terkait kebijakan tersebut.

[Baca Juga: Perketat PSBB, Sejumlah Ruas Jalan di Kota Bandung Akan Ditutup]

Nantinya, meski secara keputusan kebijakan PSBB akan diambil alih oleh Provinsi, namun untuk pelaksanaan teknis di kota Bandung tetap akan diatur oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung. Selain itu kata Oded, selama 14 hari ke depan pihaknya juga masih akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PSBB di Kota Bandung. Jadi meski PSBB dinyatakan telah berakhir, namun Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 14 Tahun 2020 akan tetap berjalan.

"Perwal PSBB masih tetap berjalan. Teknis-teknis di lapangan nanti kita evaluasi lagi," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 4 months lalu
    rine

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di dupa88 rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>