Dinilai Berhasil, PSBB Kota Bandung Resmi Berakhir 5 Mei 2020

Berita Kawasan

Dinilai Berhasil, PSBB Kota Bandung Resmi Berakhir 5 Mei 2020

Setelah hampir 2 minggu menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kota Bandung akhirnya resmi untuk tidak memperpanjang kebijakan tersebut. Otomatis, PSBB di Kota Bandung akan berakhir pada 5 Mei 2020 sesuai kesepakatan awal.

Hal itu diketahui setelah Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung melakukan rapat untuk mengevaluasi kebijakan tersebut. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung Oded M Danial mengatakan bahwa PSBB yang diterapkan di wilayahnya telah efektif menekan angka penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Ribuan Pekerja di Bandung Kena PHK Selama Masa Pandemi COVID-19]

"Kita sudah rapat tadi, Insya Allah PSBB kota Bandung kita tutup sampai tanggal 5 besok," ucap Oded.

Lewat data yang diperoleh Oded, angka penyebaran kasus positif COVID-19 di Kota Bandung dan juga jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) pun mulai melandai. Oded mengatakan, sejak 30 April 2020 hingga hari ini, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) cenderung melambat selama 4 hari terakhir, yakni di kisaran angka 604 hingga 647. Bahkan untuk pasien meninggal yang sebelumnya bisa mencapai 7 orang perhari, kini sudah mulai bisa ditekan angkanya.

Dinilai Berhasil, PSBB Kota Bandung Resmi Berakhir 5 Mei 2020

"Tadi disampaikan menurut analisa para pakar kalau saja tidak diadakan PSBB mungkin penyebaran ini (covid-19) bisa meningkat dan luar biasa. Alhamdulillah dengan PSBB ini dengan rekayasa mitigasi di Kota Bandung ini yang kita jalankan dari tanggal 22 sampai hari ini Alhamdulillah menunjukan angka yang semakin landai," ujar Oded.

Setelah menyetujui untuk tidak memperpanjang masa PSBB di Kota Bandung, kini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tinggal menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat yang akan memberlakukan PSBB tingkat Provinsi pada 6 Mei 2020. Oded pun memastikan daerahnya akan mengikuti arahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terkait kebijakan tersebut.

[Baca Juga: Perketat PSBB, Sejumlah Ruas Jalan di Kota Bandung Akan Ditutup]

Nantinya, meski secara keputusan kebijakan PSBB akan diambil alih oleh Provinsi, namun untuk pelaksanaan teknis di kota Bandung tetap akan diatur oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung. Selain itu kata Oded, selama 14 hari ke depan pihaknya juga masih akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PSBB di Kota Bandung. Jadi meski PSBB dinyatakan telah berakhir, namun Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 14 Tahun 2020 akan tetap berjalan.

"Perwal PSBB masih tetap berjalan. Teknis-teknis di lapangan nanti kita evaluasi lagi," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidi o.jpg

Hobi dan Hiburan

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidio

30 June 2022, 13:12

: Bagi Anda penggemar komedi Tanah Air, maka bersiaplah untuk menyaksikan serial Suka Duka Berduka yang diperankan bintang papan atas Indonesia yang mulai tayang pekan depan di Vidio.

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 202 2.jpg

Berita Kawasan

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022

30 June 2022, 11:09

Akhir pekan ini, Stadion Patriot Bekasi akan menjadi saksi gelaran perdana timnas di Piala AFF U-19 2022.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 1 month lalu
    rine

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di dupa88 rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>