Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Kesehatan

Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona

Dunia dibuat gempar dengan keberadaan virus bernama Corona atau Novel 201 Coronavirus (2019-nCoV). Data terakhir mencatat bahwa sebanyak 2.300 orang telah terinfeksi dan 80 orang tewas akibat virus dari China ini.

Virus Corona pun dikabarkan telah menyebar ke berbagai negara. Total ada sebanyak 13 negara yang konfirmasi warganya telah teridentifikasi virus tersebut seperti: Amerika Serikat, Perancis, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Thailand, Australia, Nepal, Vietnam, Hongkong, Makau, Malaysia, dan Kanada.

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

Meski sampai saat ini belum ada warga negara Indonesia yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona, tapi Pemerintah Indonesia terus melakukan sosialisai terkait pencegahan serta terus memberikan informasi tentang virus tersebut.

Seperti yang dilakukan Dinas (Dinkes) Kesehatan DKI Jakarta terkait kasus ini. Dinkes DKI pun membuka layanan telepon khusus (hotline) 24 jam di 081388376955 bagi masyarakat maupun tenaga kesehatan yang ingin melaporkan dugaan kasus Virus Corona. Lewat layanan telepon khusus tersebut, nantinya masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi lebih lanjut tentang Virus Corona.

“Kami siap memberikan jawaban-jawaban terkait itu. Silakan saja kalau ada masyarakat yang mungkin belum jelas untuk bertanya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti.

Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona

Selain menghubungi nomer di atas, untuk kegawatdaruratan masyarakat dan tenaga kesehatan juga dapat langsung menghubungi layanan 112 atau 119. Selain itu kata Widya, seluruh puskesmas di DKI Jakarta juga siap memberikan layanan terkait virus tersebut.

Widyastuti mengimbau kepada masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, pilek dan sebagainya untuk langsung menghubungi dokter terdekat. Hal itu agar lebih memudahkan dokter untuk mendapatkan informasi tentang riwayat penyakit pasien atau perjalanan sebelumnya ke daerah terdampak terutama di Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Selain itu, Ia berharap agar masyarakat tidak panik dan tetap menerapkan pola hidup bersih untuk mencegah kehadiran virus mematikan tersebut.

[Baca Juga: Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner]

“Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada warga yang terjangkit Coronavirus di Jakarta. Kami mengimbau masyarakat tidak perlu panik, tapi harus tetap waspada serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.