Dinkes DKI Jakarta Ikut Bantu Kembangkan Urban Farming

Berita Kawasan

Dinkes DKI Jakarta Ikut Bantu Kembangkan Urban Farming

Urban farming atau pertanian kota terus dikembangkan pemerintah setempat. Berbagai jenis tanaman dimanfaatkan warga untuk dikonsumsi. Salah satu manfaat yang dihasilkan urban farming warga adalah hasil Tanaman Obat Keluarga (Toga). Hasil pertanian yang satu itu bisa dikonsumsi warga sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional. Tidak perlu beban biaya tinggi untuk mengobati berbagai keluhan penyakit. Pasalnya, Toga ini pun dapat dimanfaatkan dengan mudah dan murah.

Maka dari itu, sebagai upaya mandiri untuk pemeliharaan dan peningkatan kesehatan keluarga. Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta telah menyiapkan tenaga kesehatan terlatih Asuhan Mandiri (Asman) dalam mendukung upaya masyarakat yang ikut mengembangkan pertanian perkotaan.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Melansir laman beritajakarta.id (05/08/2019), Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, Asman bertugas untuk mendampingi masyarakat dalam pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang ada di setiap kecamatan. Setiap puskesmas terdapat satu sampai dua orang terlatih Asman Toga baik PNS maupun tenaga non PNS. "Mereka sudah dilatih tentang pelayanan kesehatan tradisional antara lain, dalam bentuk pembinaan Toga," ujarnya,

Hasil toga dari urban farming ini pun berdampak positif bagi warga yang membutuhkan penanganan kesehatan secara herbal. Seperti yang dijelaskan Widyastuti, berbagai jenis toga dapat ditanam dan dimanfaatkan secara mandiri oleh masyarakat seperti, Jahe untuk mengatasi batuk, melegakan nafas, masuk angin dan kepala pusing.

[Baca Juga: Lestarikan Tradisi Palang Pintu, Dinkes Jakarta Adakan Lomba Pantun]

Kemudian, sereh untuk mengontrol tekanan darah, mencegah radikal bebas; Temulawak dapat memperlambat proses penyebaran virus hepatitis; dan Daun Saga bisa mengatasi sariawan dan masalah mulut lainnya seperti amandel, bau mulut, dan pengencer dahak.

Urban farming yang dilakukan warga juga akan menghasilkan sayuran dan buah segar yang sangat baik bila dikonsumsi dan bisa memperbaiki gizi anak. Oleh sebab itu, urban farming dapat ditingkatkan lagi. “Pertanian perkotaan ini perlu digencarkan baik di lingkungan permukiman maupun perkantoran," ungkapnya.

Ia menambahkan, keberadaan tanaman yang hijau dan asri juga bisa membuat pikiran relaks, sehingga dapat meminimalkan potensi stres. "Tidak kalah penting, keberadaan tanaman-tanaman juga dapat meningkatkan kualitas udara di Jakarta. Kualitas udara yang baik bisa berdampak pada meningkatnya kesehatan masyarakat itu sendiri," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.