Selain Corona, DPR Minta Pemerintah Juga Waspadai DBD

Kesehatan

Dinkes DKI Jamin Tetap Lakukan Pengawasan DBD

Di tengah ancaman penyebaran virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona, penanganan terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD) tentu tak boleh dikesampingkan. Pasalnya, penyakit yang kerap terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia ini juga dapat memakan banyak korban jiwa bila tak dikendalikan.

Sejumlah daerah di Indonesia diketahui kini tengah menghadapi kasus DBD. Dilansir dari CNNIndonesia.com (13/3/2020),berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga 11 Maret 2020 sudah ada 17.820 kasus DBD yang tersebar di provinsi Indonesia.

Cegah DBD Warga Pondok Bambu Jakarta Timur Sebar Ikan Cupang 1.jpg

Sampai saat ini, Lampung masih menjadi provinsi kasus DBD tertinggi dengan jumlah 3.431 kasus. Disusul dengan Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai provinsi dengan jumlah kematian DBD terbanyak.

Di Jakarta, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov) tetap waspada terhadap penyebaran DBD. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan DBD tiap tahunnya selalu ada kasus DBD. Oleh karenanya, meski tengah menghadapi pengendalian virus Corona, pihaknya tetap waspada terhadap DBD.

[Baca Juga: Selain COVID-19, DPR Minta Pemerintah Juga Waspadai DBD]

“Meskipun saat ini sedang menghadapi pengendalian tentang COVID-19, kewaspadaan terhadap DBD tetap kita jaga secara rutin," kata Widyastuti, dilansir dari beritajakarta.id (13/3/2020).

Dia mengatakan, angka kasus DBD tahun ini lebih rendah dibanding tahun lalu pada periode yang sama. Pada Januari tahun lalu, jumlahnya mencapai 989 kasus DBD. Sedangkan pada Januari tahun ini, jumlahnya sebanyak 276 kasus DBD.

[Baca Juga: Corona Belum Usai, Warga Bogor Mulai Dihantui DBD]

Perbandingan yang sama juga terjadi pada di bulan Februari. Pada Februari tahun lalu, jumlahnya 1569 kasus DBD. Kemudian pada Februari tahun ini menjadi 600 kasus. Kendati mengalami penurunan jumlah kasus, Widyastuti mengatakan pihaknya akan tetap melakukan upaya pencegahan.

“Kami sudah bekerja sama dengan BMKG terhadap early warning system. Termasuk bagaimana bahu-membahu dengan segenap lapisan masyarakat melalui gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.