Selain Corona, DPR Minta Pemerintah Juga Waspadai DBD

Kesehatan

Dinkes DKI Jamin Tetap Lakukan Pengawasan DBD

Di tengah ancaman penyebaran virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona, penanganan terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD) tentu tak boleh dikesampingkan. Pasalnya, penyakit yang kerap terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia ini juga dapat memakan banyak korban jiwa bila tak dikendalikan.

Sejumlah daerah di Indonesia diketahui kini tengah menghadapi kasus DBD. Dilansir dari CNNIndonesia.com (13/3/2020),berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga 11 Maret 2020 sudah ada 17.820 kasus DBD yang tersebar di provinsi Indonesia.

Cegah DBD Warga Pondok Bambu Jakarta Timur Sebar Ikan Cupang 1.jpg

Sampai saat ini, Lampung masih menjadi provinsi kasus DBD tertinggi dengan jumlah 3.431 kasus. Disusul dengan Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai provinsi dengan jumlah kematian DBD terbanyak.

Di Jakarta, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov) tetap waspada terhadap penyebaran DBD. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan DBD tiap tahunnya selalu ada kasus DBD. Oleh karenanya, meski tengah menghadapi pengendalian virus Corona, pihaknya tetap waspada terhadap DBD.

[Baca Juga: Selain COVID-19, DPR Minta Pemerintah Juga Waspadai DBD]

“Meskipun saat ini sedang menghadapi pengendalian tentang COVID-19, kewaspadaan terhadap DBD tetap kita jaga secara rutin," kata Widyastuti, dilansir dari beritajakarta.id (13/3/2020).

Dia mengatakan, angka kasus DBD tahun ini lebih rendah dibanding tahun lalu pada periode yang sama. Pada Januari tahun lalu, jumlahnya mencapai 989 kasus DBD. Sedangkan pada Januari tahun ini, jumlahnya sebanyak 276 kasus DBD.

[Baca Juga: Corona Belum Usai, Warga Bogor Mulai Dihantui DBD]

Perbandingan yang sama juga terjadi pada di bulan Februari. Pada Februari tahun lalu, jumlahnya 1569 kasus DBD. Kemudian pada Februari tahun ini menjadi 600 kasus. Kendati mengalami penurunan jumlah kasus, Widyastuti mengatakan pihaknya akan tetap melakukan upaya pencegahan.

“Kami sudah bekerja sama dengan BMKG terhadap early warning system. Termasuk bagaimana bahu-membahu dengan segenap lapisan masyarakat melalui gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.