Dinkes DKI Umumkan Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tahun 2019

Kesehatan

Dinkes DKI Umumkan Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengumumkan hasil seleksi Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019. Sebelumnya, telah dilakukan kegiatan pra seleksi tenaga kesehatan di Puskesmas yang diawali dengan tes kebugaran dan mental pada bulan Maret 2019. Selain itu, proses seleksi tahap Presentasi, FGD dan Role Play juga telah dilaksanakan pada April 2019.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati menjelaskan, secara umum kriteria penilaian bagi tenaga kesehatan teladan berdasarkan kompetensi, kemampuan, inovasi, tes tulis, dan wawancara. "Kami melihat juga mereka bagaimana berinteraksi bekerja sama, cara mereka berkomunikasi. Itu penting sekali bagi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," jelasnya.

[Baca Juga: Sistem Sidik Jari BPJS Kesehatan Sudah Diterapkan di Depok]

Mengutip beritajakarta.id (18/6/2019), hasil seleksi dibagi menjadi sembilan kategori yaitu, Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Kefarmasian, Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Sanitarian, Laboratorium Medik, dan Nutrisionis. Dari Sembilan kategori tersebut, Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah menyelesaikan penilaian untuk mendapatkan pemenang dari masing-masing kategori.

Adapun hasil akhir penilaian Tenaga Kesehatan Teladan Tahun 2019 yaitu:

  • Juara I untuk kategori Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Bidan dan Sanitarian berhasil diraih wilayah Jakarta Selatan
  • Juara I kategori Apoteker diraih Jakarta Barat
  • Juara I kategori Penyuluh Kesehatan Masyarakat diraih Jakarta Timur
  • Juara I kategori Nutrisionis disabet Jakarta Barat
  • Juara I untuk kategori Pranata Laboratorium dari Jakarta Pusat.

[Baca Juga: Puskesmas Pancoran Rayakan Pekan Imunisasi Dunia]

Menurut Ani, bagi peraih Juara 1 dari sembilan kategori tersebut akan diusulkan SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan akan menerima Piagam Penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bertepatan dengan peringatan HUT ke-492 kota Jakarta, yakni pada 22 Juni 2019. Dengan adanya reward tersebut, dia mengatakan ingin memberikan semangat dan dukungan kepada para juara.

Dia juga menilai, para juara Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Provinsi DKI Jakarta harus inovatif dan implementatif. Terobosan yang dilakukan melalui program unggulan mereka masing-masing sederhana, tetapi sangat bisa diaplikasikan. Menurutnya, penghargaan tersebut bisa meningkatkan dan memotivasi para tenaga kesehatan di puskesmas bahwa profesi mereka sangat berarti. "Kita ingin memiliki sumber daya manusia yang handal agar pelayanan kesehatan masyarakat berjalan optimal," tuturnya.

[Baca Juga: Puskesmas Naik Kelas dan Klasifikasi Rumah Sakit]

Perawat dari Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan Selvaning Oktavia yang berhasil meraih Juara I Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan, dia memperkenalkan program inovatifnya yang diberinama Warung Abah Sehat. Nama program tersebut merupakan akronim dari Wajah Murung Aku Berubah Jadi Segar dan Hangat.

Dia juga menjelaskan, program tersebut ditujukan bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) untuk meningkatkan kemandirian dan produktivitas mereka. “Harapan saya semoga dapat menjadi motivasi teman-teman tenaga kesehatan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik," tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.