Dinkes DKI Umumkan Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tahun 2019

Kesehatan

Dinkes DKI Umumkan Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengumumkan hasil seleksi Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019. Sebelumnya, telah dilakukan kegiatan pra seleksi tenaga kesehatan di Puskesmas yang diawali dengan tes kebugaran dan mental pada bulan Maret 2019. Selain itu, proses seleksi tahap Presentasi, FGD dan Role Play juga telah dilaksanakan pada April 2019.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati menjelaskan, secara umum kriteria penilaian bagi tenaga kesehatan teladan berdasarkan kompetensi, kemampuan, inovasi, tes tulis, dan wawancara. "Kami melihat juga mereka bagaimana berinteraksi bekerja sama, cara mereka berkomunikasi. Itu penting sekali bagi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," jelasnya.

[Baca Juga: Sistem Sidik Jari BPJS Kesehatan Sudah Diterapkan di Depok]

Mengutip beritajakarta.id (18/6/2019), hasil seleksi dibagi menjadi sembilan kategori yaitu, Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Kefarmasian, Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Sanitarian, Laboratorium Medik, dan Nutrisionis. Dari Sembilan kategori tersebut, Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah menyelesaikan penilaian untuk mendapatkan pemenang dari masing-masing kategori.

Adapun hasil akhir penilaian Tenaga Kesehatan Teladan Tahun 2019 yaitu:

  • Juara I untuk kategori Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Bidan dan Sanitarian berhasil diraih wilayah Jakarta Selatan
  • Juara I kategori Apoteker diraih Jakarta Barat
  • Juara I kategori Penyuluh Kesehatan Masyarakat diraih Jakarta Timur
  • Juara I kategori Nutrisionis disabet Jakarta Barat
  • Juara I untuk kategori Pranata Laboratorium dari Jakarta Pusat.

[Baca Juga: Puskesmas Pancoran Rayakan Pekan Imunisasi Dunia]

Menurut Ani, bagi peraih Juara 1 dari sembilan kategori tersebut akan diusulkan SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan akan menerima Piagam Penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bertepatan dengan peringatan HUT ke-492 kota Jakarta, yakni pada 22 Juni 2019. Dengan adanya reward tersebut, dia mengatakan ingin memberikan semangat dan dukungan kepada para juara.

Dia juga menilai, para juara Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Provinsi DKI Jakarta harus inovatif dan implementatif. Terobosan yang dilakukan melalui program unggulan mereka masing-masing sederhana, tetapi sangat bisa diaplikasikan. Menurutnya, penghargaan tersebut bisa meningkatkan dan memotivasi para tenaga kesehatan di puskesmas bahwa profesi mereka sangat berarti. "Kita ingin memiliki sumber daya manusia yang handal agar pelayanan kesehatan masyarakat berjalan optimal," tuturnya.

[Baca Juga: Puskesmas Naik Kelas dan Klasifikasi Rumah Sakit]

Perawat dari Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan Selvaning Oktavia yang berhasil meraih Juara I Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan, dia memperkenalkan program inovatifnya yang diberinama Warung Abah Sehat. Nama program tersebut merupakan akronim dari Wajah Murung Aku Berubah Jadi Segar dan Hangat.

Dia juga menjelaskan, program tersebut ditujukan bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) untuk meningkatkan kemandirian dan produktivitas mereka. “Harapan saya semoga dapat menjadi motivasi teman-teman tenaga kesehatan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik," tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.