Dinkes Kabupaten Bekasi Sebar Tenaga Medis di 11 Posko Mudik

Kesehatan

Dinkes Kabupaten Bekasi Sebar Tenaga Medis di 11 Posko Mudik

Lebaran sudah tinggal menghitung hari. Biasanya mendekati lebaran, ada tradisi khusus yang dijalanankan masyarakat, yaitu pulang kampung atau mudik. Jika Anda mudik menggunakan jalur darat ke tujuan Jawa Tengah, Timur bahkan Bali, Anda tentunya harus melewati daerah Bekasi. Maka dari itu Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi telah mempersiapkan kebutuhan mudik.

Dinkes Kabupaten Bekasi telah menyebar tenaga kesehatan di 11 posko pada arus mudik Lebaran tahun 2019 yang dibagi dalam beberapa di jalur mudik, yaitu

  • Jalur Pantura,
  • Tol Jakarta – Cikampek,
  • Jalur Kalimalang,
  • di samping Business Park Tambun,
  • Pasar Tambun,
  • Pos Damkar,
  • Pos Pengamanan (Pospam) Kalijaya Cikarang Barat,
  • Perempatan Sentra Grosir Cikarang (SGC),
  • Stasiun Lemahabang,
  • sebelah PT Indo Beras Unggul,
  • dan perbatasan Kecamatan Kedungwaringin.

Kemudian, Dinkes juga menyebar tenaga medis untuk posko mudik dalam kawasan tol, yaitu Rest Area Kilometer 19 Tambun dan Rest Area Kilometer 39.

[Baca Juga: KA Pangrango Tambahan Diharap Kurangi Beban Arus Mudik]

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan di posko mudik merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan saat arus mudik. tanpa memungut biaya seperser pun alias gratis.

“Kami akan kerahkan ratusan tenaga medis yang jumlahnya ratusan. Tenaga medis tersebut dalam tiga shift selama 14 hari di musim arus mudik, yakni H-7 dan H+7,” kata Alamsyah.

Melansir dari berbagai sumber (27/5/2019) Alamsyah menyatakan, posko mudik yang dibuka tak berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja lokasinya berkurang karena tak ada lagi posko mudik di Gebang Tol Cikarang.

Di posko mudik tersebut, Dinkes akan memberikan pelayanan kesehatan berupa pengecekan kondisi tubuh, pengecekan tensi darah, gawat darurat, penanganan evakuasi jika terjadi kejadian darurat terhadap pemudik agar bisa dirujuk ke rumah sakit. Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi telah bekerja sama dengan 10 rumah sakit untuk penanganan arus mudik 2019.

[Baca Juga: Perhatikan Keselamatan Kapal Angkutan Lebaran Kepulauan Seribu]

Selain bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, para pemudik yang berkunjung ke posko bisa menikmati fasilitas lain seperti tempat tidur yang cukup nyaman untuk beristirahat, oksigen, dan banyak hal lainnya.

Alamsyah juga mengimbau para pemudik agar memastikan kesehatan dengan menjaga pola makan dan istirahat yang teratur. Ia juga mengatakan, untuk para pemudik usahakan jangan mengantuk saat sedang berkendara. Jika dirasa sudah mengantuk, ada baiknya untuk berhenti dan bersitirahat.

Dinkes juga berupaya aktif mensosialisasikan mudik aman dan nyaman, salah satunya dengan spanduk agar para pengemudi untuk menjaga kondisi tubuh, terutama bagi yang mengemudi atau membawa kendaraan.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.