Dinkes Kota Bandung Gelar Swab Test Selama Seminggu. Cek Lokasinya

Kesehatan

Dinkes Kota Bandung Gelar Swab Test Selama Seminggu. Cek Lokasinya!!

Selama seminggu ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung akan melakukan uji usap tenggorok atau swab test di sejumlah lokasi. Swab test ini dilakukan untuk memastikan diagnosis infeksi virus Corona SARS-CoV-2 di wilayah Bandung.

"Tujuan dilakukan tes swab ini untuk melacak orang yang positif (COVID-19) di Kota Bandung," ujar Kepala Dinkes Kota Bandung Rita Verita dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (13/5/2020).

Dimulai sejak Selasa, 12 Mei 2020 kemarin, Dinkes telah melakukan swab test di Kantor Dinkes Kota Bandung kepada seluruh karyawannya baik PNS maupun non PNS. Lalu berlanjut pada Rabu, 13 Mei 2020, swab test dilakukan di terminal Cicaheum, terminal Ledeng, dan terminal Leuwipanjang.

[Baca Juga: Pemkot Bandung Gelar Sidak di 34 Pasar Terkait Peredaran Daging Babi]

Kemudian pada Kamis, 14 Mei 2020, Dinkes Kota Bandung menjadwalkan swab test di 22 lokasi cek poin PSBB. Sedangkan pada Jumat, 15 Mei 2020 swab test akan digelar di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), Dinas Perubungan (Dishub) Kota Bandung, Kantor Ojol (Grab dan Go-Jek), dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung. Sementara untuk Sabtu dan Minggu, swab test akan kembali dilakukan di kantor Dinkes Kota Bandung.

Dinkes Kota Bandung Gelar Swab Test Selama Seminggu. Cek Lokasinya

Nantinya, seluruh hasil swab test yang telah dilakukan akan langsung dibawa ke Laboratorium Kesehatan Darah (Labkesda) milik Dinkes Pemprov Jabar untuk diuji sampel. Akan ada 12 orang petugas yang diturunkan untuk melakukan pengambilan spesimen ini. Mereka juga dibantu oleh petugas lain seperti petugas administrasi, dan tenaga non medis lainnya.

"Untuk waktu keluar hasilnya tergantung dari banyak spesimen yang dikirimkan ke Labkesda," kata Rita.

Menyasar Masyarakat Umum

Sementara itu pada Rabu, 13 Mei 2020, Dinkes Bandung telah melakukan swab test kepada 300 orang di tiga terminal di Kota Bandung. Dipilihnya lokasi terminal sebagai tempat untuk digelarnya swab test karena kawasan ini menjadi tempat pertemuan orang banyak khususnya yang bepergian dari satu tempat ke tempat lain menggunakan transportasi umum.

[Baca Juga: Kini, Tenaga Medis COVID-19 di Kota Bandung Punya Rumah Singgah]

Rita mengatakan pemeriksaan swab test di terminal lebih menyasar kepada para petugas terminal, pejalan kaki dan juga para penumpang bus tanpa dikenakan biaya sepeser pun.

"Untuk sopir dan kondektur tidak masuk sasaran [swab test] tapi nantinya bisa jadi. Sasaran utama kita adalah petugas terminal dan pejalan atau penumpang yang ada di sana," tambah Rita.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.