Dinkes Kota Semarang Perkirakan Peningkatan Pasien Sembuh COVID-19

Kesehatan

Dinkes Kota Semarang Perkirakan Peningkatan Pasien Sembuh COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam memperkirakan dalam satu minggu ke depan akan banyak pasien positif COVID-19 di Kota Semarang yang sembuh. “Mungkin selama seminggu ke depan akan banyak pasien positif COVID-19 di Kota Semarang yang dinyatakan sembuh,” tutur Hakam, dilansir dari semarang.kompas.com (08/04/2020)

Rasa optimistis Hakam muncul karena adanya berita satu pasien COVID-19 dinyatakan sembuh dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro pada Selasa (07/04/2020).

Dinkes Kota Semarang Perkirakan Peningkatan Pasien Sembuh COVID-19

Pasien yang dirawat sejak 14 Maret lalu itu dinyatakan sembuh setelah menjalani tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan dinyatakan negatif. Hasil tes disampaikan langsung Direktur RSUD KRMT Wongsonegoro Susi Herawati. “Satu lagi hasil tes swab ke lima dan ke enam menunjukkan negatif,” jelas Susi.

Dengan dinyatakannya sembuh satu pasien positif COVID-19, jumlah pasien keseluruhan yang sembuh di Kota Semarang sebanyak tujuh orang. Susi menjelaskan lima pasien sembuh setelah dirawat di RSUD KRMT Wongsonegoro, dan dua lainnya di Rumah Sakit Dokter Karyadi.

[Baca Juga: Warga Hingga Kader Partai di Semarang Bahu-Membahu Atasi COVID-19]

Mengutip jateng.tribunnews.com (08/04/2020), Hakam lebih lanjut menjelaskan kasus COVID-19 terdapat di 14 dari 16 kecamatan di Kota Semarang. Dua kecamatan dinyatakan bersih dari kasus ini, yaitu Kecamatan Tugu dan Kecamatan Genuk.

Dari 14 kecamatan yang terpapar kasus ini, disebutkan oleh Hakam jumlah kasus terbanyak berada di Kecamatan Tembalang, Semarang Tengah, dan Semarang Utara.

Hakam mengimbau empat hal bagi warga Kota Semarang untuk menekan laju penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 ini. Imbauan itu di antaranya melakukan physical distancing, tetap berada di dalam rumah, rutin mencuci tangan, dan mengenakan masker ketika berada di luar rumah. Ia menyarankan warga untuk mengenakan masker kain untuk melindungi diri dari penularan virus.

[Baca Juga: Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi]

Berdasarkan informasi di situs siagacorona.semarangkota.go.id, sampai Rabu (08/04/2020) pukul 11.18 WIB, terdapat 62 pasien positif COVID-19 yang masih dalam perawatan dan perbaikan klinis.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah sepuluh orang dari hari sebelumnya menjadi 285. Dari jumlah itu, 18 pasien sedang menunggu hasil tes, 73 dinyatakan negatif, dan 12 orang meninggal dinyatakan negatif COVID-19. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga meningkat, pada hari sebelumnya sebanyak 2.275 dan kini menjadi 2.435 orang.

Read More

Artikel Lainnya

Film Ruwatan Berlenggang di Palm Spring International ShortFest 2020.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Ruwatan Berlenggang di Palm Springs International ShortFest 2020

06 June 2020, 20:00

Film Pendek Indonesia Ruwatan berhasil lolos seleksi dalam Palm Springs International ShortFest 2020, festival film pendek tahunan yang diadakan di Palm Springs, California, Amerika Serikat.

Sering Dianggap Sepele, Cegukan Bisa Jadi Salah Satu Tanda Penyakit Ini .jpg

Kesehatan

Sering Dianggap Sepele, Cegukan Bisa Jadi Salah Satu Tanda Penyakit Ini

06 June 2020, 18:00

Cegukan memang kerap kali terjadi. namun Anda patut waspada, pasalnya bisa jadi cegukan mengindikasikan penyakit pada tubuh.

Fenomena PHK Belasan PRT Semarang Kala Pandemi COVID-19.jpg

Berita Kawasan

Fenomena PHK Belasan PRT Semarang Kala Pandemi COVID-19

06 June 2020, 17:00

Akibat pandemi COVID-19, belasan PRT yang tergabung dalam Serikat PRT Semarang mengalami PHK.

jenis-jenis sayuran ini baik untuk mpasi7 .jpg

Kesehatan

Menurut IDAI, Jenis-jenis Sayuran Ini Baik untuk MPASI

06 June 2020, 15:00

Beberapa orangtua cenderung memilih mengenalkan sayur terlebih dulu ketimbang buah-buahan kepada anaknya, lantaran rasa sayuran lebih hambar dibanding buah-buahan.


Comments


Please Login to leave a comment.