Waspada, Pneumonia Misterius Gegerkan China Sudah Makan Puluhan Korban

Kesehatan

Dinkes Tangerang Berikan Tips Cegah Novel Coronavirus

Wabah Novel Coronavirus yang mengkhawatirkan telah menyebar hingga ke beberapa negara. Dalam mengantisipasi wabah tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berupaya menerapkan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR).

Melansir laman tangerangkota.go.id (29/01/2020). Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi mengatakan puskesmas dan rumah sakit akan memantau ketat dan melakukan isolasi penderita dengan gejala pneumonia dan mempunyai riwayat perjalanan dari negara terjangkit," ucapnya.

Liza menambahkan, pihaknya juga secara rutin memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penularan Novel Coronavirus melalui media elektronik, media sosial dan penyuluhan langsung di dalam dan di luar gedung.

Dinkes Tangerang Berikan Tips Cegah Novel Coronavirus

“Kami juga membuat surat edaran kewaspadaan terhadap Pneumonia Novel Coronavirus (nCoV) kepada Rumah Sakit, Puskesmas untuk meningkatkan kewaspadaan, menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar, meningkatkan kompetensi petugas kesehatan dan mengatur alur rujukan pasien terduga pneumonia akibat Novel Coronavirus,” paparnya.

Liza juga menegaskan, untuk kasus Virus Corona di Kota Tangerang sampai saat ini belum ditemukan.

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

Sebagai upaya pencegahan dan kewaspadaan, pihak Dinkes juga membagi beberapa tips pencegahan Novel Coronovirus ini antara lain:

  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah aktivitas kurang lebih 20 detik dengan air mengalir atau menggunakan antiseptik
  • Menerapkan etika batuk dan bersin dengan cara menutup hidung dan mulut menggunakan tisu/saputangan atau lengan dalam baju
  • Menggunakan masker jika menderita sakit dengan gejala infeksi saluran nafas (demam, batuk dan flu) dan segera berobat
  • Jika sedang sakit, kurangi aktivitas di luar rumah dan batasi kontak dengan orang lain
  • Hindari kontak erat dengan orang yang memiliki gejala batuk dan pilek khususnya dengan yang mempunyai riwayat perjalanan dari negara terjangkit
  • Masak daging dan telur hingga matang sempurna. Dan, hindari bersentuhan dengan hewan liar dan ternak

[Baca Juga: Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner]

Pihak Dinas Kesehatan juga menghimbau bagi masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, sesak napas maupun bagi baru kembali dari negara terjangkit, agar segera berobat ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. "Jangan ragu untuk segera ke Puskesmas atau rumah sakit," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 12 months lalu
    kelly

    Jangan sia-sia kan masa muda mu untuk hal yang tidak perlu, kunjungi qqharian,info Dan kamu hanya perlu bermain game untuk menangkan hadiah puluhan juta rupiah, tertarik untuk bergabung? Kunjungi situs nya sekarang juga. Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE