Dinkes Tangsel Libatkan Kader Kesehatan untuk Cegah Anemia

Kesehatan

Dinkes Tangerang Selatan Libatkan Kader Kesehatan untuk Cegah Anemia

Anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan gagalnya pertumbuhan sempurna pada anak. Oleh sebab itu untuk mencegah terjadinya stunting, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Dinas Kesehatan terus berupaya mencegah anemia dengan melibatkan para kader kesehatan. Upaya ini tak akan terwujud tanpa adanya bantuan dari para kader kesehatan yang saat ini berjumlah sekitar 8.000 orang.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Tangsel menyelenggarakan seminar bertajuk Hubungan Anemia pada Ibu Hamil dengan Stunting di Graha Widya Bakti, Puspiptek, Setu pada 30 Juli 2019.

Dinkes Tangsel Libatkan Kader Kesehatan untuk Cegah Anemia

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (31/07/2019). Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, saat ini Tangsel dihuni sekitar 1,6 juta jiwa, dengan laju pertumbuhan penduduk yang mencapai 3,4 persen. Oleh sebab itu, pihaknya wajib mengurusi kesehatan warganya.

“Urusan kesehatan ini adalah persoalan personal. Berarti urusan kesehatan 1,6 juta orang ini harus ditangani oleh Pemkot Tangsel, dan itu tentunya sebuah pekerjaan yang luar biasa. Untuk itu hadirlah kader kesehatan di Tangsel ini," jelasnya.

[Baca Juga: Aplikasi Ponsel Bantu Remaja Putri Atasi Anemia]

Pihaknya akan melayani masyarakat dengan memeriksakan kesehatannya sebelum sakit. Dengan kepadatan penduduk di Tangsel yang akan selalu meningkat, tentunya para kader kesehatan dibutuhkan di puskesmas, di dinas, serta di RSU Kota Tangsel untuk mengajak masyarakat hidup sehat. Mengingat rendahnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.  

Benyamin menyampaikan kepada para kader kesehatan untuk senantiasa memberikan pengetahuan akan kesehatan bagi para ibu hamil, yaitu dengan mengingatkan pentingnya asupan ASI (air susu ibu) bagi para bayi. "ASI sangat penting untuk bayi agar lebih kuat dan sehat dibandingkan dengan bayi yang mengonsumsi susu formula,” jelas Benyamin

[Baca Juga: Puskesmas Depok Bertekad Cegah Anemia Pada Remaja]

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Deden Deni, mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk menanamkan pengetahuan atas bahayanya penyakit kekurangan darah (anemia) dan gangguan pertumbuhan kronis pada anak akibat kekurangan nutrisi dalam waktu lama atau stunting. "Jadi mudah-mudahan ibu-ibu Tangsel dapat mengedukasi warga di wilayah binaannya tentang stunting ini. Selanjutnya untuk menurunkan tingkat kematian ibu hamil yang disebabkan anemia," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.