Dinkes Tangsel Libatkan Kader Kesehatan untuk Cegah Anemia

Kesehatan

Dinkes Tangerang Selatan Libatkan Kader Kesehatan untuk Cegah Anemia

Anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan gagalnya pertumbuhan sempurna pada anak. Oleh sebab itu untuk mencegah terjadinya stunting, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Dinas Kesehatan terus berupaya mencegah anemia dengan melibatkan para kader kesehatan. Upaya ini tak akan terwujud tanpa adanya bantuan dari para kader kesehatan yang saat ini berjumlah sekitar 8.000 orang.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Tangsel menyelenggarakan seminar bertajuk Hubungan Anemia pada Ibu Hamil dengan Stunting di Graha Widya Bakti, Puspiptek, Setu pada 30 Juli 2019.

Dinkes Tangsel Libatkan Kader Kesehatan untuk Cegah Anemia

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (31/07/2019). Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, saat ini Tangsel dihuni sekitar 1,6 juta jiwa, dengan laju pertumbuhan penduduk yang mencapai 3,4 persen. Oleh sebab itu, pihaknya wajib mengurusi kesehatan warganya.

“Urusan kesehatan ini adalah persoalan personal. Berarti urusan kesehatan 1,6 juta orang ini harus ditangani oleh Pemkot Tangsel, dan itu tentunya sebuah pekerjaan yang luar biasa. Untuk itu hadirlah kader kesehatan di Tangsel ini," jelasnya.

[Baca Juga: Aplikasi Ponsel Bantu Remaja Putri Atasi Anemia]

Pihaknya akan melayani masyarakat dengan memeriksakan kesehatannya sebelum sakit. Dengan kepadatan penduduk di Tangsel yang akan selalu meningkat, tentunya para kader kesehatan dibutuhkan di puskesmas, di dinas, serta di RSU Kota Tangsel untuk mengajak masyarakat hidup sehat. Mengingat rendahnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.  

Benyamin menyampaikan kepada para kader kesehatan untuk senantiasa memberikan pengetahuan akan kesehatan bagi para ibu hamil, yaitu dengan mengingatkan pentingnya asupan ASI (air susu ibu) bagi para bayi. "ASI sangat penting untuk bayi agar lebih kuat dan sehat dibandingkan dengan bayi yang mengonsumsi susu formula,” jelas Benyamin

[Baca Juga: Puskesmas Depok Bertekad Cegah Anemia Pada Remaja]

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Deden Deni, mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk menanamkan pengetahuan atas bahayanya penyakit kekurangan darah (anemia) dan gangguan pertumbuhan kronis pada anak akibat kekurangan nutrisi dalam waktu lama atau stunting. "Jadi mudah-mudahan ibu-ibu Tangsel dapat mengedukasi warga di wilayah binaannya tentang stunting ini. Selanjutnya untuk menurunkan tingkat kematian ibu hamil yang disebabkan anemia," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.