Dinkes Tangsel Berikan Tablet Penambah Darah untuk Para Siswi

Kesehatan

Dinkes Tangsel Berikan Tablet Penambah Darah untuk Para Siswi

Pemberian tablet penamban darah diberikan kepada sejumlah siswi SMA di Tangerang Selatan (Tangsel), kegiatan ini dilakukan di Gedung Graha Widya Bakti, Puspiptek, Setu pada 12 September 2019. Penderita Anemia paling banyak ditemukan pada perempuan, dipilihnya siswa perempuan karena rentan mengalami kekurangan darah atau anemia.

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (16/09/2019). Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, menjelaskan Obat penambah darah dalam bentuk tablet ini merupakan obat yang harus diminum siswi SMA yang ada di Tangsel, karena remaja putri rentan terkena anemia atau kekurangan darah. Bila siswi sehat, tentu akan mudah menyerap pelajaran dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM). “Salah satu sumber manusia yang cerdas itu kan, harus sehat. Gejala kekurangan darah itu sudah banyak terjadi. Jadi untuk mengingatkan, pemkot mengadakan kampanye minum tablet penambah darah,” ucap Benyamin.

Dinkes Tangsel Berikan Tablet Penambah Darah untuk Para Siswi

Masalah yang ditimbulkan bila siswi kekurangan darah, yaitu tubuh akan lemas dan mudah sekali mengantuk. ”Kebanyakan dari siswi perempuan ini menganggap kekurangan darah atau anemia hal biasa. Padahal, ada hal yang harusnya diingatkan. Ya mengantuk, lemas itu sudah jadi gejala. Jadi mereka harus peka, dengan tubuhnya sendiri. Dari kampanye inilah mereka diingatkan,” ujar Benyamin.

[Baca Juga: Aplikasi Ponsel Bantu Remaja Putri Atasi Anemia]

Dalam upaya pemerintah meningkatkan SDM di Tangsel, pihaknya akan memberikan tablet penambah darah secara gratis oleh siswa. Pendataan akan dilakukan Dinas Kesehatan yang diharapkan mampu menutupi seluruh kebutuhan tablet yang ada.

Benyamin menegaskan berapa pun jumlah tablet yang dibutuhkan, pemerintah akan siap menanggungnya. ”Jadi, nanti dinas kesehatan data, terus dipasok, dan disebarkan melalui UKS yang ada di sekolah masing-masing,” ucapnya.

[Baca Juga: Dinkes Tangerang Selatan Libatkan Kader Kesehatan untuk Cegah Anemia]

Hal tersebut memudahkan siswa untuk mendapatkan tablet penambah darah ini. ”Jadi, ya tetap di puskesmas disediakan. Tapi, tetap kami datangi siswanya. Di UKS masing-masing, akan lebih mudah. Nggak perlu cari puskesmas karena di sekolah juga sudah ada,” katanya.

Kampanye juga akan terus dilakukan untuk mengedukasi siswa mengenai gejala kekurangan darah dan bagaimana cara penanganannya. Serta, apa yang harus dihindari agar tubuh tidak mengalami kekurangan darah.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.