Dinkes Tangsel Berikan Tablet Penambah Darah untuk Para Siswi

Kesehatan

Dinkes Tangsel Berikan Tablet Penambah Darah untuk Para Siswi

Pemberian tablet penamban darah diberikan kepada sejumlah siswi SMA di Tangerang Selatan (Tangsel), kegiatan ini dilakukan di Gedung Graha Widya Bakti, Puspiptek, Setu pada 12 September 2019. Penderita Anemia paling banyak ditemukan pada perempuan, dipilihnya siswa perempuan karena rentan mengalami kekurangan darah atau anemia.

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (16/09/2019). Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, menjelaskan Obat penambah darah dalam bentuk tablet ini merupakan obat yang harus diminum siswi SMA yang ada di Tangsel, karena remaja putri rentan terkena anemia atau kekurangan darah. Bila siswi sehat, tentu akan mudah menyerap pelajaran dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM). “Salah satu sumber manusia yang cerdas itu kan, harus sehat. Gejala kekurangan darah itu sudah banyak terjadi. Jadi untuk mengingatkan, pemkot mengadakan kampanye minum tablet penambah darah,” ucap Benyamin.

Dinkes Tangsel Berikan Tablet Penambah Darah untuk Para Siswi

Masalah yang ditimbulkan bila siswi kekurangan darah, yaitu tubuh akan lemas dan mudah sekali mengantuk. ”Kebanyakan dari siswi perempuan ini menganggap kekurangan darah atau anemia hal biasa. Padahal, ada hal yang harusnya diingatkan. Ya mengantuk, lemas itu sudah jadi gejala. Jadi mereka harus peka, dengan tubuhnya sendiri. Dari kampanye inilah mereka diingatkan,” ujar Benyamin.

[Baca Juga: Aplikasi Ponsel Bantu Remaja Putri Atasi Anemia]

Dalam upaya pemerintah meningkatkan SDM di Tangsel, pihaknya akan memberikan tablet penambah darah secara gratis oleh siswa. Pendataan akan dilakukan Dinas Kesehatan yang diharapkan mampu menutupi seluruh kebutuhan tablet yang ada.

Benyamin menegaskan berapa pun jumlah tablet yang dibutuhkan, pemerintah akan siap menanggungnya. ”Jadi, nanti dinas kesehatan data, terus dipasok, dan disebarkan melalui UKS yang ada di sekolah masing-masing,” ucapnya.

[Baca Juga: Dinkes Tangerang Selatan Libatkan Kader Kesehatan untuk Cegah Anemia]

Hal tersebut memudahkan siswa untuk mendapatkan tablet penambah darah ini. ”Jadi, ya tetap di puskesmas disediakan. Tapi, tetap kami datangi siswanya. Di UKS masing-masing, akan lebih mudah. Nggak perlu cari puskesmas karena di sekolah juga sudah ada,” katanya.

Kampanye juga akan terus dilakukan untuk mengedukasi siswa mengenai gejala kekurangan darah dan bagaimana cara penanganannya. Serta, apa yang harus dihindari agar tubuh tidak mengalami kekurangan darah.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.