Dinkes Tangsel Tingkatkan Kompetensi Promosi Kesehatan dan Puskesmas

Kesehatan

Dinkes Tangsel Tingkatkan Kompetensi Promosi Kesehatan & Puskesmas

Dalam mendukung Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyelenggarakan workshop peningkatan kompetensi promosi kesehatan dan puskesmas di Hotel Horison Grand Serpong, Kota Tangerang pada 31 Juli 2019.

Sebanyak 35 peserta dari kepala puskesmas dan petugas promosi kesehatan mengikuti kegiatan tahap dua ini, yang bertema peningkatan kompetensi tenaga promosi kesehatan dalam mendukung PIS-PK serta meningkatkan kinerja puskesmas yang berlangsung dimulai dari tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus 2019.

Dinkes Tangsel Tingkatkan Kompetensi Promosi Kesehatan dan Puskesmas

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (01/08/2019), Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Tangsel Iin Sofiawati, mengatakan sasaran dari PIS adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.

Iin Sofiawati menjelaskan sasaran PIS mencakup, meningkatnya status kesehatan dan gizi ibu dan anak, meningkatnya pengendalian penyakit serta meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan. Kemudian, terpenuhinya kebutuhan tenaga kesehatan, obat dan vaksin, serta, meningkatnya responsivitas sistem kesehatan.

[Baca Juga: Layanan Bersalin 24 Jam di Puskesmas Terdekat]

Untuk diketahui, pekerjaan rumah yang harus digencarkan, yakni menekan angka kematian ibu hamil dan anak.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel Iin Sofiawati berharap kegiatan ini dapat diikuti secara sesama oleh peserta. Sebab, kegiatan ini berhubungan dengan pelayanan kesehatan masyarakat. "Kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuan bagi peserta. Kemudian, bisa diterapkan kepada masyarakat terutama di puskesmas dan petugas promkes," katanya.

Menurutnya, diharapkan setelah kegiatan ini selesai peserta dapat mengimplementasikannya di masyarakat agar dapat mengevaluasi masalah yang ditemukan di lapangan. "Nantinya akan ada evaluasi puskesmas yang kemudian dilaporkan ke Dinas Kesehatan," ujarnya.

[Baca Juga: Dharma Wanita Tangsel, Ikuti Kegiatan Tutorial Pakai Kebaya]

Iin menjelaskan, pembangunan kesehatan dimulai dari unit terkecil dari masyarakat, yaitu keluarga. Dengan adanya kegiatan ini, sambung Iin salah satu upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat. "Kami sangat berharap agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan optimal. Sehingga mencapai standar pelayanan minimal bidang kesehatan," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.