Dipa

Pendidikan

Dipa Learning Center, Pilihan Pendidikan Informal di Kota Malang

Seiring perkembangan zaman, terkadang orang tua merasa pendidikan formal yang diterima anak di sekolah, tidak cukup untuk perkembangan buah hati mereka. Seringkali orang tua memilih untuk mengikutsertakan anak mereka dalam pendidikan informal di luar sekolah, agar si buah hati dapat mendapatkan hal baru, dari apa yang tidak mereka dapatkan di sekolah. Ada pelbagai macam pilihan pendidikan informal yang bisa diberikan pada anak, mulai kursus pelajaran, kursus sempoa, kursus musik, dan pelbagai lainnya. Di Kota Malang, hadir salah satu tempat pendidikan informal yang menawarkan pelbagai macam pilihan kursus, tempat itu Bernama Dipa Learning Center.

Dipa

Berlokasi di Jalan Selat Sunda 1, Pingpoint mengunjungi Dipa Learning Center (6/7/2021) dan berbincang dengan Miss Whini, salah satu pengajar di Dipa Learning Center. Menurut Miss Whini, Dipa Learning Center sudah hadir di dunia pendidikan informal Kota Malang sejak tahun 2015. “Kita sudah ada dari Bulan Maret 2015, waktu itu tempatnya masih di Jalan Danau Kerinci, tahun 2019 baru kita pindah ke sini. Selain itu, setelah berjalan selama dua tahun, Dipa juga sudah membuka cabangnya di daerah Dinoyo”.

Sejak hadir tahun 2015, Dipa konsisten menawarkan kelas belajar sempoa hingga saat ini. Meskipun demikian, Dipa tidak hanya berhenti di sempoa saja, ada pelbagai pilihan kursus lain yang disediakan oleh Dipa, mulai bahasa inggris, menggambar dan mewarnai, matematika, calistung, renang, bahkan wushu. Untuk sistem pengajarannya, dilakukan di kelas dan satu kelas berisi 3 sampai 7 orang murid. Namun, saat pandemi COVID-19 seperti saat ini, jumlah murid di kelas dikurangi, menjadi 3 sampai 4 murid saja. Khusus untuk kelas wushu, kursusnya tidak diadakan di kelas, tapi di hall yang tersedia di lantai tiga Dipa Learning Center.

Dipa

Terkait diadakannya kursus sempoa oleh Dipa, menurut Miss Whini, hal itu dikarenakan anak dari direktur Dipa, dulunya mengalami speech delay, karena itu banyak kerabatnya yang menyarankan untuk diajarkan sempoa, karena sempoa ini memiliki banyak efek positif, seperti meningkatkan konsentrasi dan fokus. Dari sempoa tersebut, akhirnya kemampuan komunikasinya membaik, sehingga direktur Dipa akhirnya mendirikan kursus sempoa hingga akhirnya menjadi seperti sekarang. Selain itu, salah satu tujuan didirikannya Dipa adalah untuk memberi tahu masyarakat mengenai manfaat yang diberikan sempoa, karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat positif dari sempoa.

Dengan adanya pelbagai kursus yang ditawarkan oleh Dipa, untuk murid yang mengikuti kursus di Dipa, menurut Miss Whini, terbatas pada anak-anak berusia 3 sampai 15 tahun, karena mereka ingin berfokus mengajari anak-anak tentang pelbagai hal sejak usia dini. Namun, khusus untuk kelas renang, pesertanya terbatas maksimal untuk anak kelas 6 SD atau sekitar 12 tahun.

Dipa

Dengan peserta kursus yang berusia 3 sampai 15 tahun, tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi para pengajar di Dipa. Menurut Miss Whini, salah satu tantangan mengajar anak-anak adalah mereka cukup sulit diatur. Selain itu, anak-anak juga suka meniru apa yang dilakukan gurunya, turut menjadi tantangan tersendiri. Menurut Miss Whini, “Kita harus bisa menjaga sikap di depan mereka, contohnya kalau kita lipstikan di depan mereka, nantinya mereka pasti akan menirukan apa yang kita lakukan. Selain itu, kita juga harus pintar memilah kata, karena kalau kita salah ngomong, bisa-bisa akan ditirukan sama mereka. Apalagi kalau kita ngajar bahasa inggris, terus pengucapan kita salah, sampai besar mereka akan keinget terus dan dipakai sama mereka”.

Selain tantangan tersebut, tantangan lain yang dihadapi adalah para pengajar harus bisa membuat suasana kelas tetap ceria, karena anak-anak mudah merasa bosan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya rasa bosan pada anak-anak saat belajar, dengan mengadakan game dan creativity class. Untuk creativity class, anak-anak biasanya diminta membuat suatu objek dari kertas lipat, membuat poster, dan membuat beberapa hal lainnya.

Selain itu, untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan murid di kelas, ada juga reward dan punishment. Untuk reward, para murid akan diberikan stiker poin setiap mereka aktif di kelas, sedangkan apabila mereka sedang nakal, hukumannya biasanya berupa stiker tersebut dicoret. Stiker poin ini juga bisa ditukarkan pelbagai macam hadiah menarik, mulai lego, squishy, tas, dan pelbagai piilihan lainnya, sehingga para murid tentunya akan termotivasi untuk mendapatkan stiker tersebut.

Dengan adanya pelbagai tantangan saat mengajari anak-anak, tentunya terkadang terjadi masalah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul adalah dengan melakukan briefing selama 30 menit sebelum masuk kelas. dalam briefing itu, para pengajar mendiskusikan pelbagai permasalahan yang terjadi, dan mereka membahas bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tersebut. Menurut Miss Whini, dengan adanya sesi briefing tersebut, sangat membantu para pengajar dalam proses pengajaran, sehingga murid bisa menerima pelajaran yang diberikan dengan baik dan hasil belajar menjadi lebih maksimal.


Read More

Dipa Learning Center TC Sawojajar

Bimbingan Belajar

+62341727500
None

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.