Dipermudah Pemkot Tangerang Hadirkan Mesin Pembuatan KIA

Berita Kawasan

Dipermudah! Pemkot Tangerang Hadirkan Mesin Pembuatan KIA

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang baru-baru ini melakukan inovasi dalam rangka mempermudah proses administrasi warganya. Inovasi itu dalam bentuk dihadirkannya mesin anjungan untuk pembuatan Kartu Identitas Anak atau KIA. Mesin ini ditempatkan di Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan 1, Kecamatan Tangerang.

Peresmian mesin pembuatan KIA itu dilakukan pada 6 Februari 2020. Dengan pihak Disdukcapil Kota Tangerang yang menjelaskan, mesin ini akan memastikan KIA dibuat secara instan. Pada awal peluncuran, mesin KIA di Disdukcapil berjumlah dua unit yang direncanakan nantinya akan ditambah dan diletakkan di lokasi lainnya di Kota Tangerang.

Dipermudah Pemkot Tangerang Hadirkan Mesin Pembuatan KIA

“Ke depannya, kami akan mengeluarkan beberapa mesin lagi yang akan kami letakkan di sekolah dan beberapa tempat umum. Sehingga masyarakat akan lebih mudah dan dekat menjangkaunya,” ucap Pelaksana Tugas Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Asep Suparman, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (6/1/2020).

Selain mempercepat, proses pembuatan KIA di mesin ini juga semakin memudahkan warga yang mengajukannya. Mengingat dulu harus mempersiapkan fotokopi akta kelahiran serta aslinya dan KK serta KTP orangtua untuk dibawa ke Disdukcapil atau kelurahan. Selain itu untuk anak di atas usia lima tahun, orangtua juga diharuskan membawapas foto berwarna 2x3 dengan jumlah dua lembar. Kemudian menunggu prosesnya hingga penerbitan KIA.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Sekarang dengan kehadiran mesin anjungan KIA maka orangnya disebut hanya perlu memasukkan data NIK dan KK. Lalu untuk anak-anak di atas usia lima tahun, mereka akan langsung difoto di tempat. Selain itu yang terpenting, orangtua tak perlu menunggu lama untuk mengantre serta menunggu penerbitan KIA.

“Tidak perlu lagi mengantre, kartu tercetak di tempat dengan proses penginputan sekitar tiga menit saja. Mesin ini otomatis mempercepat dan mendukung pelayanan administrasi kependudukan dasar sejak dini. Jadi cepat gunakan dan rasakan manfaatnya,” ujar Asep.

[Baca Juga: Ratusan Pelajar Forum Anak Kota Tangerang Lakukan WCD 2019]

Pada 6 Februari 2020, Pemkot Tangerang bukan hanya sekadar meluncurkan mesin anjungan KIA semata. Pasalnya, dalam momen itu, sudah ada rombongan warga yang langsung mencobanya dengan membawa buah hati mereka.

Puluhan anak TK dan orangtuanya itu disebut merasa antusias dengan mesin anjungan KIA. Apalagi anak-anak mereka banyak yang memperlihatkan ekspresi senang usai memandangi foto mereka yang tertera di KIA. Sedangkan dari orangtua, mereka mengakui mesin ini sangat mempermudah proses administrasi dengan pengoperasian yang sederhana.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 3 years lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Kelly 3 years lalu
    kelly

    Poker16.co merupakan situs game online aman dan terpercaya yang menyediakan Berbagai Promo salah satunya Tripple Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung serta Menangkan Hadiah & permainan nya, Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Pelayanan cepat, aman & terbaik!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346