Dipicu PSBB Kala COVID-19, Volume Sampah di Jakarta Timur Berkurang Drastis

Berita Kawasan

Dipicu PSBB Kala COVID-19, Volume Sampah Jakarta Timur Berkurang Drastis

Beberapa pekan terakhir terlihat perubahan drastis dari perilaku masyarakat Ibu Kota sejak pandemi COVID-19 yang memicu pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Dengan semakin berkurangnya masyarakat yang melakukan kegiatan di luar rumah serta ditambah dengan penerapan kegiatan belajar-mengajar di rumah dan work from home (WFH) terdapat sisi positif yang muncul dari kondisi ini. Di mana hal tersebut bisa dilihat di wilayah Jakarta Timur yang ternyata sejak diberlakukan PSBB DKI Jakarta, volume sampah per harinya turun cukup drastis.

Dipicu PSBB Kala COVID-19, Volume Sampah di Jakarta Timur Berkurang Drastis

Sebelum penerapan PSBB tapi akibat pandemi COVID-19 serta WFH, jumlah sampah di keseluruhan DKI Jakarta sebenarnya sudah mulai berkurang. Seperti yang pernah diungkapkan pihak Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, per tanggal 25 Maret sampai 7 April 2020, jumlah sampah di Ibu Kota berkurang hingga sekitar 1.000 ton per harinya dan ini perhitungan keseluruhan wilayah Jakarta.

Kabar mengenai berkurangnya sampah juga baru-baru ini disampaikan Suku dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur. Pasalnya, sejak diberlakukannya PSBB serta WFH, Jakarta Timur juga merasakan dampak positif terkait jumlah sampah di wilayah. Pasalnya dari total sampah yang terkumpul setiap harinya, setidaknya jumlahnya berkurang 339,68 ton per harinya.

[Baca Juga: Langkah Mudah untuk Mengurangi Sampah Dapur]

Kabar ini dibenarkan Kepala Suku Dinia Lingkungan Hidup Jakarta Timur Herwansyah. Ia menyebut, sebelum masa pandemi COVID-19, kawasan ini mengumpulkan sampah hingga 1.958,2 ton setiap harinya yang dikirim ke Bantar Gebang. Namun beberapa waktu terakhir, terjadi pengurangan sekitar 17,34 persen sehingga total sampah yang dikumpulkan per harinya adalah 1.618,52 ton.

“Karena banyaknya perkantoran yang sudah diberlakukan WFH dan banyakan tempat usaha yang tutup. Setelah ditambah adanya PSBB di wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta timur, salah satu yang menyebabkan volume sampah berkurang,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (25/4/2020).

[Baca Juga: Cara Mengolah Sampah Dapur Jadi Kompos]

Tak hanya perubahan dari jumlah sampah yang dikumpulkan, pola bekerja pada petugas pengangkut sampah pun berubah sejak pandemi COVID-19 serta PSBB. Alih-alih bekerja secara bersamaan, saat ini ada sistem shift yang diawali pada pukul 04.30 hingga 08.00 WIB dengan para petugas pada jam ini yang bertugas untuk mengangkut sampah di lapangan. Lalu shitf berikutnya bertugas melakukan penyisiran ulang demi memastikan tak ada penumpukan sampah.

Selain jam kerja, para petugas pengangkut sampah di Jakarta Timur juga diberikan peralatan perlindungan seperti masker serta sarung tangan demi kesehatan mereka secara bertugas. Menariknya, tambah Herwansyah, sebelum pandemi COVID-19, para petugasnya memang sudah didorong dalam menjaga kebersihan dirinya dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun sehingga saat ini mereka sudah terbiasa dengan sendirinya.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.