Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

Pada akhir pekan lalu, Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar ujian untuk Program Sarjana Jalur Mandiri atau Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Mengingat masih berada dalam kondisi pandemi COVID-19, maka seleksi SMUP Unpad ini digelar secara daring. Di mana ujian seleksi pada 8 Agutus 2020 itu diikuti sekitar 16 ribuan peserta dari total 35.987 calon mahasiswa yang sudah melakukan finalisasi pendaftaran. Pada kesempatan ini, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof. Ir. Nizam, PhD turut ikut memantau proses pelaksaan ujian tersebut.

Ujian SMUP Unpad ini menggunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT yang diakses puluhan ribu calon mahasiswa tersebut secara online. Kemudian untuk memastikan ujian berjalan secara baik dan jujur, para panitia yang berkumpul di ruang monitoring SMUP Unpad mengawasi para peserta secara seksama dengan koneksi webcam.

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad.jpg

Melihat proses ujian SMUP Unpad, Nizam memandang ini merupakan langkah yang baik. Karena ujian daring memudahkan para peserta untuk ikut seleksi ini tanpa perlu meninggalkan rumah mereka apalagi saat ini kondisinya masih pandemi COVID-19. Bahkan keberadaan ruang monitoring ujian SMUP Unpad juga memastikan seleksi ini terhindar dari kecurangan.

“Tadi kita melihat bagaimana pelaksanaan ujian Jalur Mandiri di Unpad yang sistem online-nya sudah bagus, terawasi dengan baik, dan memudahkan calon mahasiswa untuk mengikuti ujian dari rumah,” ujar Nizam di Lab Komputer Gedung Pusat Pelayanan Basic Science (PBBS) Unpad Kampus Jatinangor, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (8/8/2020).

[Baca Juga: Bagaimana Peluang Peserta SIMAK UI 2020 yang Berlangsung Daring?]

Dirjen Dikti Kemendikbud itu memandang, ujian daring untuk seleksi mahasiswa baru seperti SMUP Unpad ini merupakan pilihan yang baik tapi di sisi lain ada pertimbangan yang pihaknya harus pikirkan. Karena ujian daring membutuhkan akses internet yang stabil dan baik agar semua calon mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berkuliah. “Ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita,” tuturnya.

Selain memantau proses ujian SMUP Unpad, sehari sebelumnya, Dirjen Dikti juga sempat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Pendidikan Unpad. Kunjungan itu dilakukan guna melihat bagaimana penggunaan dana hibah Kemendikbud yang diberikan untuk penanganan COVID-19 di sana. “Saya mengapresiasi teman-teman di Unpad yang dengan sangat cepat, sigap melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk mitigasi pandemi COVID-19,” tambahnya pada kunjungan tanggal 7 Agustus 2020 itu.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.