Disdagin Kota Depok Gelar Pelatihan Menjahit di Lokasi P2WKSS

Berita Kawasan

Disdagin Kota Depok Gelar Pelatihan Menjahit di Lokasi P2WKSS

Dalam rangka meningkatkan keterampilan warga di lokasi Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok mengadakan pelatihan menjahit.

Pelatihan tersebut diadakan di Kelurahan Bojong Pondok Terong (Bopenter) dan Kelurahan Cipayung. Masing-masing kelurahan dilakukan selama lima hari, mulai tanggal 18-22 Maret di Kelurahan Bopenter dan 25-29 Maret di Kelurahan Cipayung.

“Peserta pelatihan berasal dari 10 RW yang menjadi lokasi P2WKSS dengan total peserta sebanyak 50 orang,” kata Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok Martinho Vaz seperti dikutip depok.go.id (18/3/2019).

[Baca Juga: Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu]

Pada pelatihan tersebut, para peserta dibekali dengan berbagai keterampilan menjahit. Mulai dari membuat pola, cara mengukur, menggunting pola hingga menjahit. Dengan adanya pelatihan, diharapkan bisa meningkatkan kemadirian warga dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Martin menambahakan, selain pelatihan menjahit, pihaknya juga akan mengadakan pelatihan makanan olahan, dengan total peserta sebanyak 180 orang yang terbagi dalam dua angkatan. “Rencanannya, pelatihan ini kita adakan di bulan April di lokasi yang sama,” katanya.

[Baca Juga: Mengulas Komunitas Pecinta Anjing di Kota Depok]

Sekadar informasi, P2WKSS merupakan program pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli terutama bagi keluarga miskin di desa atau kelurahan.

Peranan perempuan sebagai mitra sejajar pria perlu ditingkatakan agar mampu memberikan sumbangan yang besar dalam berbagai bidang. Tujuan program ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam usaha ekonomi produktif.

[Baca Juga: Wujudkan Konsep Smart City, Pemkot Depok Bangun DeCOR]

Selain itu, untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup, meningkatkan peran aktif perempuan dalam pengembangan masyarakat, serta meningakatkan wawasan kebangsaan.

Kegiatan ini bermaksud sebagai pemberian penghargaan kepada para pelaksanaan program terpadu P2WKSS untuk mendorong dan meningkatkan gairah para pelaksana di daerah atau wilayah untuk lebih meningkatkan prestasi dalam melaksanakan program tersebut dan menetapkan desa pelaksana P2WKSS yang sesuai kebijakan yang ditentukan.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.