Disdagin Kota Depok Gelar Pelatihan Menjahit di Lokasi P2WKSS

Berita Kawasan

Disdagin Kota Depok Gelar Pelatihan Menjahit di Lokasi P2WKSS

Dalam rangka meningkatkan keterampilan warga di lokasi Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok mengadakan pelatihan menjahit.

Pelatihan tersebut diadakan di Kelurahan Bojong Pondok Terong (Bopenter) dan Kelurahan Cipayung. Masing-masing kelurahan dilakukan selama lima hari, mulai tanggal 18-22 Maret di Kelurahan Bopenter dan 25-29 Maret di Kelurahan Cipayung.

“Peserta pelatihan berasal dari 10 RW yang menjadi lokasi P2WKSS dengan total peserta sebanyak 50 orang,” kata Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok Martinho Vaz seperti dikutip depok.go.id (18/3/2019).

[Baca Juga: Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu]

Pada pelatihan tersebut, para peserta dibekali dengan berbagai keterampilan menjahit. Mulai dari membuat pola, cara mengukur, menggunting pola hingga menjahit. Dengan adanya pelatihan, diharapkan bisa meningkatkan kemadirian warga dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Martin menambahakan, selain pelatihan menjahit, pihaknya juga akan mengadakan pelatihan makanan olahan, dengan total peserta sebanyak 180 orang yang terbagi dalam dua angkatan. “Rencanannya, pelatihan ini kita adakan di bulan April di lokasi yang sama,” katanya.

[Baca Juga: Mengulas Komunitas Pecinta Anjing di Kota Depok]

Sekadar informasi, P2WKSS merupakan program pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli terutama bagi keluarga miskin di desa atau kelurahan.

Peranan perempuan sebagai mitra sejajar pria perlu ditingkatakan agar mampu memberikan sumbangan yang besar dalam berbagai bidang. Tujuan program ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam usaha ekonomi produktif.

[Baca Juga: Wujudkan Konsep Smart City, Pemkot Depok Bangun DeCOR]

Selain itu, untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup, meningkatkan peran aktif perempuan dalam pengembangan masyarakat, serta meningakatkan wawasan kebangsaan.

Kegiatan ini bermaksud sebagai pemberian penghargaan kepada para pelaksanaan program terpadu P2WKSS untuk mendorong dan meningkatkan gairah para pelaksana di daerah atau wilayah untuk lebih meningkatkan prestasi dalam melaksanakan program tersebut dan menetapkan desa pelaksana P2WKSS yang sesuai kebijakan yang ditentukan.


Read More

Artikel Lainnya

muatan sepeda motorOK3.jpg

Properti dan Solusi

9 Tips Bawa Barang dengan Sepeda Motor dari Yamaha Riding Academy

29 July 2021, 19:07

“Dalam berkendara, terkadang kita harus membawa barang dalam jumlah dan ukuran tertentu yang melebihi kapasitas bagasi. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara."

t5.jpg

Kuliner

5 Tempat Nongkrong yang Hits di Tangerang

29 July 2021, 18:08

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat nongkrong di Tangerang yang hist dan bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu saat akhir pekan.

tatiloOK2.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cakep! Perusahaan Siswa SMAN 3 Semarang Produksi Tas “Tatilo”

29 July 2021, 17:35

Para siswa tersebut tak hanya memproduksi tas saja, sebagai bentuk komitmen dan keseriusan untuk menjalankan usaha ini, siswa-siswi SMA 3 Semarang membentuk sebuah perusahaan yang diberi nama “Wignesa”.

cov.jpg

Bisnis

Ngopi Sambil Bermain Billiard di Kriwul Coffee and Pool

29 July 2021, 17:05

Lantai satu digunakan sebagai bar sekaligus kedai kopi. Sedangkan lantai dua digunakan sebagai bar dan juga tempat untuk bermain billiard.


Comments


Please Login to leave a comment.