Disdagin Kota Depok Gelar Pelatihan Menjahit di Lokasi P2WKSS

Berita Kawasan

Disdagin Kota Depok Gelar Pelatihan Menjahit di Lokasi P2WKSS

Dalam rangka meningkatkan keterampilan warga di lokasi Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok mengadakan pelatihan menjahit.

Pelatihan tersebut diadakan di Kelurahan Bojong Pondok Terong (Bopenter) dan Kelurahan Cipayung. Masing-masing kelurahan dilakukan selama lima hari, mulai tanggal 18-22 Maret di Kelurahan Bopenter dan 25-29 Maret di Kelurahan Cipayung.

“Peserta pelatihan berasal dari 10 RW yang menjadi lokasi P2WKSS dengan total peserta sebanyak 50 orang,” kata Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok Martinho Vaz seperti dikutip depok.go.id (18/3/2019).

[Baca Juga: Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu]

Pada pelatihan tersebut, para peserta dibekali dengan berbagai keterampilan menjahit. Mulai dari membuat pola, cara mengukur, menggunting pola hingga menjahit. Dengan adanya pelatihan, diharapkan bisa meningkatkan kemadirian warga dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Martin menambahakan, selain pelatihan menjahit, pihaknya juga akan mengadakan pelatihan makanan olahan, dengan total peserta sebanyak 180 orang yang terbagi dalam dua angkatan. “Rencanannya, pelatihan ini kita adakan di bulan April di lokasi yang sama,” katanya.

[Baca Juga: Mengulas Komunitas Pecinta Anjing di Kota Depok]

Sekadar informasi, P2WKSS merupakan program pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli terutama bagi keluarga miskin di desa atau kelurahan.

Peranan perempuan sebagai mitra sejajar pria perlu ditingkatakan agar mampu memberikan sumbangan yang besar dalam berbagai bidang. Tujuan program ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam usaha ekonomi produktif.

[Baca Juga: Wujudkan Konsep Smart City, Pemkot Depok Bangun DeCOR]

Selain itu, untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup, meningkatkan peran aktif perempuan dalam pengembangan masyarakat, serta meningakatkan wawasan kebangsaan.

Kegiatan ini bermaksud sebagai pemberian penghargaan kepada para pelaksanaan program terpadu P2WKSS untuk mendorong dan meningkatkan gairah para pelaksana di daerah atau wilayah untuk lebih meningkatkan prestasi dalam melaksanakan program tersebut dan menetapkan desa pelaksana P2WKSS yang sesuai kebijakan yang ditentukan.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.