Disdik DKI Siapkan Skema Pembelajaran Jelang Tahun Ajaran Baru

Pendidikan

Disdik DKI Siapkan Skema Pembelajaran Jelang Tahun Ajaran Baru

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lewat Dinas Pendidikan (Disdik) menyiapkan tiga skema jelang tahun ajaran baru 2020/2021. Ketiga skema itu disiapkan lantaran situasi di Ibu Kota yang masih dilanda pandemi COVID-19.

Padahal seperti yang telah tercatat dalam kalender pendidikan bahwa tahun ajaran baru akan bergulir mulai 13 Juli 2020. Persiapan ini penting, karena jika tidak dipersiapkan secara matang dikhawatirkan akan mengganggu kegiatan proses belajar mengajar pada tahun ajaran baru.

[Baca Juga: Ini 8 Zonasi PPDB di Kabupaten Bandung. Catat Tanggal Pendaftarannya!]

Menurut Kepala Disdik DKI Jakrata Nahdiana, pilihan skema yang akan dilaksanakan sebagai berikut:

  1. Membuka sebagian sekolah di wilayah DKI dan mengizinkan semua siswa belajar di sekolah
  2. Membuka sebagian sekolah di wilayah DKI dan hanya memperbolehkan sebagian siswa saja untuk belajar di sekolah
  3. Membuka semua sekolah di wilayah DKI dengan dengan catatan sebagian siswa belajar di rumah

"Kami lakukan ini semua dengan mengikuti kebijakan pemerintah apabila PSBB ini telah dibuka kembali, maka kami bersiap untuk kembali sekolah dengan rancangan-rancangan yang kami buat dengan beberapa alternatif," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana dalam rapat pimpinan pembukaan sekolah yang diunggah di akun YouTube Pemprov DKI.

Disdik DKI Siapkan Skema Pembelajaran Jelang Tahun Ajaran Baru

Selain tiga skema tersebut, Disdik juga berencana untuk menjadwalkan masa transisi belajar di sekolah selama dua bulan. Nantinya, pada pekan pertama dan kedua masa transisi, siswa hanya diwajibkan satu kali belajar di sekolah secara bergantian.

"Siklus kedua, dua minggu belajar di sekolah, dua minggu di rumah, secara bergantian. Siklus ketiga mulai bergantian satu minggu sekali," tambahnya.

[Baca Juga: Kemendikbud Buat Panduan Cegah Corona Virus di Institusi Pendidikan]

Nantinya dalam pembukaan sekolah pada tahun ajaran baru, Disdik akan mempertimbangkan kesiapan fasilitas sekolah untuk mencegah penyebaran COVID-19 hingga lokasi sekolah.

Terkait dengan skema apapun yang akan dijalankan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan kepada Disdik untuk mulai menyiapkan fasilitas pencegahan penyebaran virus corona di sekolah. Salah satunya dengan menyediakan tempat cuci tangan di setiap pintu masuk ruang kelas hingga penerapan physical distancing.

“Jadi, masalah cuci tangan kesempatan emas buat membiasakan anak-anak untuk cuci tangan secara sesering. Karena di masyarakat kita, kita tahu belum terjadi itu,” ucap Anies.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.