Bangkitkan Semangat Belajar di Rumah, Pemkot Depok Beri Penghargaan

Pendidikan

Disdik Kota Depok Minta Sekolah Tidak Beri Tugas Berlebihan saat PJJ

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok meminta kepada guru agar tidak membebani murid dengan tugas pelajaran yang berlebihan saat pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dimulai pada tahun ajaran baru 2020-2021. Kendati pun harus memberikan pekerjaan rumah (PR), diharapkan batas waktu pengumpulannya juga diberikan keringanan.

"Kasihan karena bisa jadi ada anak yang harus meminjam perangkat gawai milik orangtuanya. Baiknya setiap tema bisa bersinergi dengan tema yang lain," ujar Kepala Disdik Kota Depok Mohammad Thamrin di Balai Kota pada 9 Juli 2020.

Selain itu, Thamrin juga meminta satuan pendidikan untuk membentuk tim pengajar. Langkah tersebut guna meminimalsir banyaknya tugas yang diberikan kepada siswa.

Disdik Kota Depok Minta Sekolah Tidak Beri Tugas Berlebihan saat PJJ

“Misalkan kelas satu gurunya ada lebih dari dua di satu mata pelajaran, maka bahan ajarnya harus sama. Jangan sampai ada kelas yang anaknya mendapatkan tugas, sementara yang lain tidak. Padahal sama-sama satu angkatan," kata Thamrin seperti diberitakan depok.go.id (9/7/2020).

Dirinya mempersilakan setiap guru untuk mengatur jadwal mengajarnya. Terutama, mereka yang mengajar mata pelajaran yang sama. "Contohnya di hari pertama ada guru yang bertugas mengajar di sekolah, sisanya menyiapkan bahan ajar di rumah, begitu seterusnya secara bergilir," Thamrin menjelaskan.

[Baca Juga: Sekolah Kala Pandemi Ancam Siswa, FSGI Minta Perpanjangan PJJ]

Di lain pihak, perlu diingat bahwa pemberlakuan jam sekolah yang ditetapkan Disdik Kota Depok saat PJJ, bukan hanya untuk pelajar. Namun, aturan tersebut juga berlaku bagi guru, sebagai salah satu upaya memonitoring pelaksanaan kegiatan tersebut.

Thamrin mengatakan, jadwal sekolah saat PJJ nanti berbeda dengan jadwal normal. Yaitu mulai pukul 07.00-12.00 WIB. "Peraturan ini harap ditaati, jangan sampai kita meminta siswa belajar di rumah, sementara ada guru yang keluyuran tidak melaksanakan pengajaran," katanya.

Disdik Kota Depok Minta Sekolah Tidak Beri Tugas Berlebihan saat PJJ

Dikatakannya, saat ini pihaknya tengah menyusun draft Peraturan Wali Kota (Perwal) mengenai PJJ. Salah satu poinnya, akan bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk melakukan monitoring di wilayah. "Rencananya ada sanksi yang diberlakukan secara bertahap. Seperti teguran lisan, tertulis, sampai pada pemberhentian izin operasional sekolah kalau pelanggarannya dilakukan secara berturut-turut," katanya.

Lebih lanjut, Thamrin mengatakan, selain mewajibkan menggunakan seragam sekolah, para siswa juga dibiasakan salam pagi hari selama PJJ. Hal ini dimaksudkan agar metode pembelajaran yang diterapkan di masa pandemi ini berjalan tertib dan siap diikuti pelajar. "Jam tujuh itu, anak-anak harus sudah siap, jangan sampai masih ada anak yang menggunakan baju tidur," tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.