PTM SMAN4 Semarang

Pendidikan

Disdik Kota Semarang: PTM Boleh Tambah Dua Jam Pelajaran

Sesuai ketentuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), pihaknya membolehkan penambahan jam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kepada pihak sekolah. Peraturan tersebut berlaku baik untuk sekolah negeri maupun sekolah swasta. Adapun penambahan waktu belajar adalah dua jam dari yang semula empat jam menjadi enam jam pelajaran.

Hal ini dikatakan langsung oleh Gunawan Saptogiri selaku Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang pada Kamis 25/11/2021 lalu. “Semula PTM terbatas berlangsung selama empat jam pelajaran. Saat ini, sekolah boleh menambah dua jam pelajaran sehingga menjadi enam jam pelajaran dalam satu hari,” ujar Gunawan.

Gunawan menambahkan jika aturan ini mulai bisa dilaksanakan dalam minggu ini bagi sekolah negeri maupun swasta yang memungkinkan untuk menambah jam pembelajaran. “Ini sudah kami sampaikan ke negeri dan swasta. Pada prinsipnya, silakan menambah jam pelajaran, tapi kalau memang belum bisa tidak masalah. Ini disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah,” tambah Gunawan.

gunawan saptogiriOK.jpg

Tambahan jam pelajaran ini memungkinkan sekolah untuk memberikan waktu istirahat kepada siswa karena waktu enam jam dinilai tak terlalu panjang. Meskipun demikian pelaksanaan istirahat tetap menerapkan protokol kesehatan. “Misal, istirahat makan dikasih waktu seperempat jam tidak apa-apa, tetap pakai protokol kesehatan,” katanya lagi.

[Baca Juga: Siswa Positif COVID-19, PTM Terbatas Kota Semarang Dihentikan]

Kasus COVID-19 di kota Semarang yang cenderung mengalami penurunan tak menjadikan pengawasan terhadap protokol kesehatan di sekolah dilonggarkan. Pihak sekolah seperti wali kelas dan guru diminta untuk terus memantau anak didiknya di saat PTM ataupun ketika diluar kelas saat istirahat. Pengawasan dan pemantauan prokes juga dilakukan oleh Satgas COVID-19 di tiap sekolah. Selain itu ada juga pengawasan eksternal yang dilakukan oleh Puskesmas, kecamatan, Babinsa, Polsek, dan Disdik.

Meskipun penambahan jam pembelajaran akan dilakukan mulai pekan ini, namun penambahan hari dalam pelaksanaan PTM sendiri masih mengikuti aturan lama yaitu dua hari dalam seminggu. Disdik Kota Semarang akan mulai memberikan tambahan hari pelaksanaan PTM pada bulan Desember mendatang menjadi tiga hari dalam satu pekan.

PTM SD Pekunden Semarang

Hendrar Prihadi selaku Wali Kota Semarang berupaya agar PTM di kota Semarang terus dilakukan dan dapat berjalan baik. Sehingga siswa dapat lebih mengenal sekolah dan gurunya, sebaliknya gurupun dapat memberikan ilmu kepada siswa dengan baik dan aman. Maka itu pihaknya terus memantau dan melakukan sidak untuk memastikan proses pembelajaran telah menerapkan prokes dengan baik.

Sementara itu Anang Budi Utomo selaku Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang menyoroti tentang dampak PTM yang dinilai menimbulkan multiplier effect terhadap kegiatan pendidikan terutama kegiatan ekstrakulikuler yang tidak berjalan. Menurutnya PTM terbatas yang masih dievaluasi oleh Kementerian Kesehatan dan baru akan dilaksanakan pada Januari 2022 mendatang akan berdampak pada kesejahteraan pelatih ekstrakulikuler.


Read More

Dinas Pendidikan Kota Semarang

Kantor Pemerintah

+62248412180
None

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.