Dishub Kurangi Pengendara Bawah Umur dengan Rute Bus Sekolah Baru

Berita Kawasan

Dishub Kurangi Pengendara Bawah Umur dengan Rute Bus Sekolah Baru

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan menyediakan bus sekolah untuk menunjang transportasi para pelajar di ibu kota. Pada tahun 2019, Unit Angkutan Sekolah Dishub DKI Jakarta menyebutkan telah menyiapkan 176 bus sekolah gratis yang beroperasi di 32 rute yang tersebar rata di lima wilayah Jakarta.

Pada dasarnya, bus sekolah ini bisa dinaiki semua pelajar tanpa biaya alias gratis, dengan syarat siswa harus menggunakan seragam sekolah. Bus sekolah ini sangat diminati pelajar di Jakarta, pada hari sekolah biasa, bus ini mampu membawa 32.000 siswa per hari. Melihat animo tersebut, Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyosialisasikan rencana rute baru bus sekolah.

Dishub Kurangi Pengendara Bawah Umur dengan Rute Bus Sekolah Baru

Selain memenuhi kebutuhan pelajar, bus sekolah juga mampu mengurangi penggunaan sepeda motor oleh pelajar. Rencana tersebut dipaparkan pada sosialisasi yang digelar di kawasan Hek, Kramat Jati sekaligus meninjau rute yang akan dilintasi.

Melansir dari Jakarta.go.id (12/3/2020) Kepala UPAS Dishub DKI Jakarta, Ali Murthado mengatakan, diharapkan peserta sosialisasi dapat meneruskan informasi ke masyarakat dalam berbagai kegiatan. Adapun peserta sosialisasi berasal dari unsur kelurahan, kecamatan, Sudin Perhubungan, KWK, Sudin Pendidikan dan TNI/Polri.

[Baca Juga: Bus Sekolah Gratis Segera Mengaspal di Kota Bogor]

"Rencana ada empat armada yang diluncurkan untuk mengisi rute baru, yakni rute yang akan melintasi 18 kelurahan yang tersebar di Kecamatan Cipayung, Ciracas dan Pasar Rebo," ujar Ali.

Rute baru yang dimaksud antara lain akan melintasi Jl Raya Ciracas, Jl Raya Bogor, Jl Lapangan Tembak Cibubur, Jl Kiwi 1, Jl Pondok Ranggon, Jl Raya Cilangkap, dan Jl Raya Cipayung. Wakil Camat Cipayung Wawa Kartiwa mengatakan, merespon baik rencana penambahan rute baru bus sekolah tersebut.

[Baca Juga: Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum]

"Di Cipayung masih banyak wilayah yang perlu dijangkau bus sekolah. Seperti di kawasan sekolah kreatif di Bambu Apus, kawasan ekowisata unggulan di Cipayung, area rumah DP nol rupiah dan sebagainya," kata Wawa.

Operator Jak Lingko dari KWK Murtanto menambahkan, sangat mendukung rencana penambahan rute bus sekolah. Pihaknya berjanji akan menyosialisasikan rencana penambahan rute baru ini ke para sopir KWK dan pengelola KWK.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 6 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88,net <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>