Disinyalir Rawan Bahaya, Pot di JPO Cempaka Putih Dibongkar

Berita Kawasan

Disinyalir Rawan Bahaya, Pot di JPO Cempaka Putih Dibongkar

Jika Anda termasuk orang yang kerap melewati Jalan Letjen Suprapto atau sering memanfaatkan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Cempaka Putih untuk menyeberang maka Anda pasti tahu mengenai kondisinya. Dengan berbagai karat yang terlihat dari JPO ini terdapat aspek yang acap kali memicu kekhawatiran warga di sekitar atau pengguna JPO, yaitu pot yang berada di sisi jembatan. Pot yang terbuat dari semen itu hanya disangga oleh rangka besi berkarat yang menempel di JPO dan ini dinilai membahayakan pengguna jalan.

Pot yang memiliki bobot lebih dari 100 kilogram itu disebut telah diadukan masyarakat kepada otoritas Jakarta Pusat karena selalu dianggap membahayakan. Pasalnya, penyangga besinya telah mengalami pengeroposan yang dipicu usia sehingga selalu dikhawatirkan seiring berjalannya waktu, pot berbahan semen itu bisa saja terjatuh ke arah jalan raya dan mungkin menimpa pengendara yang tengah melintas di bawah JPO Cempaka Putih.

Disinyalir Rawan Bahaya, Pot di JPO Cempaka Putih Dibongkar

Pihak Kecamatan Cempaka Putih pun memutuskan untuk menanggapi aduan masyarakat dan membongkar pot di JPO tersebut. Mengingat bobotnya yang berat, petugas pun tak mungkin mengangkat semua pot itu begitu saja sehingga memilih menghancurkannya satu per satu dan dijatuhkan ke bawah untuk selanjutnya dibersihkan.

[Baca Juga: HMI Tindaklanjuti Usulan Pembangunan JPO Kampus LIPIA]

Pihak kecamatan Cempaka Putih menyebut, langkah ini merupakan inisiatif yang digelar sebagai tindakan preventif terhadap kemungkinan pot di JPO Cempaka Putih terjatuh. “Ini atas tindak lanjut dari pengaduan warga. Bisa dilihat konstruksi penopang pot sudah dalam keadaan keropos, ini pot saja beratnya diperkirakan mencapai 100 kg. Kita bongkar untuk menghindari hal yang tidak kami inginkan,” ujar Camat Cempaka Putih Andri Ferdian, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (31/10/2019).

Dalam proses pembongkaran JPO Cempaka Putih ini, Andri menuturkan, dibutuhkan sekitar 50 personil gabungan yang ditambah beberapa petugas pemadam kebakaran Jakarta Pusat untuk merampungkannya. Kemudian para petugas pun ada yang mengangkatnya secara manual dengan sebagian yang dihancurkan. Sejumlah petugas juga dikerahkan untuk melakukan pengamanan untuk menutup jalan sementara agar tidak ada pengendara yang terkena timpaan cor-coran dari pot.

[Baca Juga: JPO Sudirman Diharapkan Jadi Magnet Wisatawan]

Penghancuran pot di JPO Cempaka Putih ini juga dinilai baik secara estetika. Mengingat pot dari semen itu sudah lama tak terpakai dan cenderung terbengkalai dan berdasarkan pengakuan Andri untuk kawasan Jakarta Pusat, hanya JPO Cempaka Putih yang memiliki pot dari semen yang berada di sisi jembatannya.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi-Kapulaga-Sumut-Tetap-Melesat-6.jpg

Berita Kawasan

Ekspor Kapulaga Sumatera Utara Tetap Melesat di Masa Pandemi

14 July 2020, 20:00

Jumlah ekspor kapulaga tetap meningkat meskipun sedang masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tak terlepas dari kualitas yang dihasilkan.

Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

14 July 2020, 19:00

Film dokumenter ini bakal tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 di Kanada.

toba-unesco-2.jpg

Berita Kawasan

Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

14 July 2020, 18:00

Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO.

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

14 July 2020, 17:00

Melalui sosialisasi mengenai Perwal adaptasi kebiasaan baru, Pemkot Medan berharap Stikes Senior dapat menjadi influencer new normal.


Comments


Please Login to leave a comment.