Terdampak COVID-19, Pengusaha Minta Uluran Tangan Pemerintah

Bisnis

Disnakertrans DKI Buat Surat Edaran Himbau Bekerja dari Rumah

Per 17 Maret 2020, jumlah pasien yang positif COVID-19 telah mencapai 172 orang. Adapun daerah dengan jumlah penderita COVID-19 terbanyak yakni DKI Jakarta.

Guna mencegah penyebaran COVID-19, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi Provinsi DKI Jakarta mengimbau agar pimpinan perusahaan mengambil langkah dengan melakukan pekerjaan dari rumah. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran No.14/SE/2020.

Lebih lanjut dalam surat edaran tersebut disebutkan, setidaknya ada tiga kategori perusahaan. Pertama, perusahaan dapat sementara waktu menghentikan seluruh kegiatan usahanya. Kedua, perusahaan dapat sementara waktu untuk mengurangi sebagian kegiatan usahanya, seperti sebagian karyawan, waktu dan fasilitas operasional.

[Baca Juga: Ini Langkah Dasar Cegah Virus Corona di Kantor]

Ketiga, bagi perusahaan yang tidak dapat menghentikan kegiatan usahanya karena berhubungan dengan kepentingan langsung. Misalnya seperti perusahaan yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan, kebutuhan bahan-bahan pokok dan fasilitas operasional.

Selain itu, dalam surat edaran tersebut juga disebutkan perusahaan dapat melibatkan para pekerjanya dalam menentukan langkah guna mencegah COVID-19. Perusahaan juga diimbau agar melaporkan pelaksanaan langkah-langkah pencegahan COVID-19 melalui bit.ly/laporanpelaksanaanwfh.

[Baca Juga: Pandemi Influenza 1918 Bukti Social Distancing Tekan Sebaran Virus]

Kepala Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan adanya layanan pelaporan online tersebut ditujukan untuk mempermudah perusahaan yang telah melaksanakan langkah-langkah pencegahan Covid-19. Dalam tautan itu, perusahaan diminta mengisi profil perusahaan hingga bentuk pelaksanaan Work from Home (WFH).

Disnakertrans DKI Buat Surat Edaran Himbau Bekerja Dari Rumah

Ada tiga bentuk Work from Home yakni opsi penuh, sebagian atau tidak dapat melaksanakan. "Jika melaksanakan WFH sebagian bagaimana proses pelaksanaan WFH tersebut bisa dijelaskan di situ. Contoh dengan mengurangi jam kerja," ujarnya, dilansir dari beritajakarta.id (18/3).

Dengan mekanisme pelaporan online ini dapat diketahui perusahaan mana saja yang telah melakukan langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19. Sampai saat ini, ada 220 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 21.589 orang yang telah melaporkan.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan asosiasi perusahaan di tiap sektor, KADIN, dan APINDO untuk membicarakan langkah-langkah lanjutan yang perlu diambil," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.