Disnakertrans DKI Jakarta Buka Aduan Pekerja Terdampak Covid-19 Tahap II

Bisnis

Disnakertrans DKI Buka Aduan Pekerja Terdampak Covid-19 Tahap II

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi DKI Jakarta kembali melakukan pendataan buruh atau pekerja yang terdampak COVID-19. Pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan tetapi tidak menerima upah dapat membuat laporan ke Disnakertrans DKI Jakarta secara online.

Dilansir dari akun media sosial Instagram resmi Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta (8/4/2020), pekerja dapat membuat laporan dengan mengakses link bit.ly/pekerjaterdampakcovid19-2. Dalam rilis tersebut, Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta meminta masyarakat yang telah membuat laporan pada tahap pertama untuk tidak mengisi kembali pendataan pada tahap dua ini.

[Baca Juga: Pekerja yang Di-PHK Akibat Corona Bisa Lapor ke Disnakertrans DKI]

Untuk diketahui, sebelumnya Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta telah membuka pendataan buruh atau pekerja yang terdampak COVID-19 pada 2-4 April 2020. Hasil pendataan tersebut menunjukkan sebanyak 132.297 pekerja atau buruh di 14.697 perusahaan dirumahkan. Lalu, sebanyak 30.137 pekerja dari 3.348 perusahaan yang di PHK.

Kepala Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan bahwa hasil pendataan tersebut telah dilaporkan kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

"Kami tinggal menunggu tindak lanjut atau eksekusinya saja dari kementerian," kata Andri, dilansir dari beritajakarta.id (8/4/2020).

[Baca Juga: Disnakertrans DKI Buat Surat Edaran Himbau Bekerja dari Rumah]

Andri menjelaskan, pendataan ini dilakukan sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam rangka percepatan dan perluasan implementasi Program Kartu Prakerja melalui pelatihan keterampilan kerja dan pemberian insentif kepada para pekerja yang di PHK dan pekerja yang dirumahkan tapi tidak menerima upah (unpaid leave).

"Kuota pendataan untuk Jakarta 1.646.541, baru 162 ribu pekerja yang mendata. Kalau ada arahan lebih lanjut dari kementerian akan kami infokan lagi," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Tengok Kasus Negara Lain, 5 Tempat Ini Risiko Tinggi Penularan COVID-19

Kesehatan

PSBB Transisi, Apakah Aktivitas Bernyanyi Perlu Diperhatikan?

05 June 2020, 15:00

Menengok kasus di negara lain, beberapa anggota tim paduan suara menderita COVID-19 setelah melakukan latihan dan tampil dalam sebuah acara. Droplet mengandung Virus Corona baru yang dihasilkan diyakini jadi penyebabnya.

kipas angin_1.jpg

Kesehatan

Dianggap Tak Baik, Tidur Gunakan Kipas Juga Ada Manfaatnya Lho

05 June 2020, 14:00

Kipas angin di dalam kamar ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan selain membuat tagihan listrik menjadi lebih rendah.

Tips Mengurangi Sampah Makanan di Rumah Kala Pandemi COVID-19.jpg

Properti dan Solusi

Tips Mengurangi Sampah Makanan di Rumah Kala Pandemi COVID-19

05 June 2020, 13:00

Selama pandemi COVID-19, sampah makanan yang dihasilkan di skala rumah tangga meningkat. Ada beberapa cara untuk menguranginya.

Sega Rilis Konsol Game Super Mini Lengkap Dengan Kaca Pembesar

Hobi dan Hiburan

SEGA Rilis Konsol Game Super Mini Lengkap Dengan Kaca Pembesar

05 June 2020, 12:00

Pembeli juga akan mendapatkan bonus aksesori Big Window Micro, yakni sebuah kaca pembesar seperti dalam Game Gear di masa lampau jika membeli 4 varian warna sekaligus


Comments


Please Login to leave a comment.