Disnakertrans DKI Jakarta Buka Aduan Pekerja Terdampak Covid-19 Tahap II

Bisnis

Disnakertrans DKI Buka Aduan Pekerja Terdampak Covid-19 Tahap II

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi DKI Jakarta kembali melakukan pendataan buruh atau pekerja yang terdampak COVID-19. Pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan tetapi tidak menerima upah dapat membuat laporan ke Disnakertrans DKI Jakarta secara online.

Dilansir dari akun media sosial Instagram resmi Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta (8/4/2020), pekerja dapat membuat laporan dengan mengakses link bit.ly/pekerjaterdampakcovid19-2. Dalam rilis tersebut, Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta meminta masyarakat yang telah membuat laporan pada tahap pertama untuk tidak mengisi kembali pendataan pada tahap dua ini.

[Baca Juga: Pekerja yang Di-PHK Akibat Corona Bisa Lapor ke Disnakertrans DKI]

Untuk diketahui, sebelumnya Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta telah membuka pendataan buruh atau pekerja yang terdampak COVID-19 pada 2-4 April 2020. Hasil pendataan tersebut menunjukkan sebanyak 132.297 pekerja atau buruh di 14.697 perusahaan dirumahkan. Lalu, sebanyak 30.137 pekerja dari 3.348 perusahaan yang di PHK.

Kepala Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan bahwa hasil pendataan tersebut telah dilaporkan kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

"Kami tinggal menunggu tindak lanjut atau eksekusinya saja dari kementerian," kata Andri, dilansir dari beritajakarta.id (8/4/2020).

[Baca Juga: Disnakertrans DKI Buat Surat Edaran Himbau Bekerja dari Rumah]

Andri menjelaskan, pendataan ini dilakukan sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam rangka percepatan dan perluasan implementasi Program Kartu Prakerja melalui pelatihan keterampilan kerja dan pemberian insentif kepada para pekerja yang di PHK dan pekerja yang dirumahkan tapi tidak menerima upah (unpaid leave).

"Kuota pendataan untuk Jakarta 1.646.541, baru 162 ribu pekerja yang mendata. Kalau ada arahan lebih lanjut dari kementerian akan kami infokan lagi," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.