Disnakertrans DKI Jakarta Buka Aduan Pekerja Terdampak Covid-19 Tahap II

Bisnis

Disnakertrans DKI Buka Aduan Pekerja Terdampak Covid-19 Tahap II

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi DKI Jakarta kembali melakukan pendataan buruh atau pekerja yang terdampak COVID-19. Pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan tetapi tidak menerima upah dapat membuat laporan ke Disnakertrans DKI Jakarta secara online.

Dilansir dari akun media sosial Instagram resmi Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta (8/4/2020), pekerja dapat membuat laporan dengan mengakses link bit.ly/pekerjaterdampakcovid19-2. Dalam rilis tersebut, Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta meminta masyarakat yang telah membuat laporan pada tahap pertama untuk tidak mengisi kembali pendataan pada tahap dua ini.

[Baca Juga: Pekerja yang Di-PHK Akibat Corona Bisa Lapor ke Disnakertrans DKI]

Untuk diketahui, sebelumnya Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta telah membuka pendataan buruh atau pekerja yang terdampak COVID-19 pada 2-4 April 2020. Hasil pendataan tersebut menunjukkan sebanyak 132.297 pekerja atau buruh di 14.697 perusahaan dirumahkan. Lalu, sebanyak 30.137 pekerja dari 3.348 perusahaan yang di PHK.

Kepala Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan bahwa hasil pendataan tersebut telah dilaporkan kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

"Kami tinggal menunggu tindak lanjut atau eksekusinya saja dari kementerian," kata Andri, dilansir dari beritajakarta.id (8/4/2020).

[Baca Juga: Disnakertrans DKI Buat Surat Edaran Himbau Bekerja dari Rumah]

Andri menjelaskan, pendataan ini dilakukan sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam rangka percepatan dan perluasan implementasi Program Kartu Prakerja melalui pelatihan keterampilan kerja dan pemberian insentif kepada para pekerja yang di PHK dan pekerja yang dirumahkan tapi tidak menerima upah (unpaid leave).

"Kuota pendataan untuk Jakarta 1.646.541, baru 162 ribu pekerja yang mendata. Kalau ada arahan lebih lanjut dari kementerian akan kami infokan lagi," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.