Disnakertrans Energi DKI Fasilitasi Calon Pekerja Magang di 6 Perusahaan

Bisnis

Disnakertrans & Energi DKI Fasilitasi Calon Pekerja Magang di 6 Perusahaan

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi DKI Jakarta mengikutsertakan 100 calon pekerja dalam Program Pemagangan Dalam Negeri Dana Dekonsentrasi 2020 Kejuruan Administrasi Perkantoran dan Kru Restoran. Waktu pelaksanaan pemagangan mulai 15 Juli sampai 14 Desember 2020.

Kepala Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, ada 60 peserta magang kejuruan kru restoran dan 40 peserta magang administrasi perkantoran. Para peserta magang akan ditempatkan di dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan PT Palyja, kemudian empat perusahaan swasta.

Disnakertrans Energi DKI Fasilitasi Calon Pekerja Magang di 6 Perusahaan

"Pemagangan ini dalam rangka mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Kualitas keterampilan dan kompetensi sumber daya manusia yang baik pada gilirannya dapat menurunkan tingkat pengangguran," ujar Andri seperti diberitakan beritajakarta.id (16/7/2020).

Andri menjelaskan, pemagangan ini merupakan bentuk hubungan industrial yang harmonis antara perusahaan dengan pencari atau calon pekerja.

"Ini simbiosis mutualisme antara perusahaan dengan calon pekerja. Calon pekerja ingin meningkatkan keterampilan dengan langsung praktik ke lapangan atau perusahaan. Sedangkan perusahaan, kalau pemagangan ini link and match berjalan dengan baik bisa mendapatkan pekerja yang berkualitas dan sesuai dengan bidang dan tugas perusahaan tersebut," jelasnya.

[Baca Juga: Ini Sekolah yang Mencetak Lulusan Tenaga Siap Kerja]

Melalui program pemagangan, Andri berharap, semakin banyak perusahaan yang berkontribusi mengurangi tingkat pengangguran khususnya di Jakarta dengan cara memberikan pelatihan berbasis kompetensi.

"Kami mengapresiasi perusahaan yang telah berkontribusi untuk meningkatkan kompetensi anak-anak bangsa. Mudah-mudahan program ini juga menyerap banyak lulusan pemagangan menjadi karyawan," ungkap Andri.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, Heny Mayawati menjelaskan, syarat peserta Program Pemagangan Kejuruan Administrasi Perkantoran diikuti oleh mereka yang sudah berijazah sarjana, sedangkan Kejuruan Kru Restoran berijazah SMA/SMK.

[Baca Juga: Ini Sekolah yang Mencetak Lulusan Tenaga Siap Kerja]

"Awalnya, jumlah pendaftar peserta magang 187 orang. Mereka mendaftar melalui google form, kami panggil wawancara kemudian kami seleksi, yang menyeleksi dari Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta dan perusahaan tempat magang," tandas Heny.

Heny menambahkan, pada Progam Pemagangan Dalam Negeri Dana Dekonsentrasi ini setiap peserta magang mendapat tambahan uang saku dari pemerintah sebesar Rp1.000.000 setiap bulannya. Selain itu, apabila peserta dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat lulus pemagangan yang nantinya dapat menjadi penambahan portofolio saat melamar ke perusahaan lain.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 6 months lalu
    hanna56

    Jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 dan jangan lupa join now yach… bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.