Disparbud Kota Bogor Adakan Lomba Permainan Tradisional

Pendidikan

Disparbud Kota Bogor Adakan Lomba Permainan Tradisional

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor kembali menyelenggarakan perlombaan tahunan, Kaulinan Urang Lembur di Lapangan Baseball, GOR Pajajaran, Jalan Pemuda, Kota Bogor. Tahun ini, Lomba Kauilinan memperebutkan 11 piala dari 11 jenis permainan tradisional yang ada. Antusias masyarakat terhadap acara ini pun meningkat tiap tahunnya.

Terdapat 150 peserta yang datang dari 30 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bogor. Perlombaan ini diadakan untuk melestarikan kaulinan atau permainan tradisional, agar tak kalah dengan permainan yang ada di gawai. Permainan tradisional memiliki nilai-nilai tradisional yang baik untuk perkembangan karakter anak.

Disparbud Kota Bogor Adakan Lomba Permainan Tradisional

Maka dari itu, Disparbud Kota Bogor tak gentar untuk terus memainkan permainan ini agar generasi muda terus mengenalnya. Kepala Disparbud Kota Bogor Shahlan Rasyidi menyebutkan, hal paling utama dari lomba ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai tradisi yang sangat sarat makna.

Melansir dari bogorkota.go.id (29/8/2019) kaulinan tradisional mampu membuat anak lebih memahami arti kebersamaan, menanamkan etika sopan santun, belajar gotong royong dan menambah silaturahmi. Sehingga 11 kaulinan tradisional termasuk dalam pendidikan karakter bagi anak-anak. Dengan memainkan permainan ini, anak-anak bisa mengenal satu sama lain selain itu makna dari permainan tradisional ini juga akan tertanam dalam diri anak-anak.

[Baca Juga: Balap Bakiak atau Terompah, Permainan Tradisional Langganan di 17an]

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menyebutkan, lomba permainan anak sangat diperlukan di tengah-tengah banyaknya permainan digital. Menurut Ade semua permainan memiliki nilai yang baik untuk pembelajaran karakter.

"Mulai dari Egrang jajangkungan, Balok lompat, Rorodaaan, Tarumpah bakiak panjang, Babancakan, Sorodot gaplok, Gegerelengan, Gangsing, Gatrik, Bedil jepret dan Sumpit semua itu permainan menyenangkan yang juga dapat menambah persahabatan bagi peserta," kata Ade.

[Baca Juga: Melatih Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Tradisional Egrang]

Ade melanjutkan, kaulinan tradisional memiliki manfaat yang bisa membuat anak-anak bisa saling membantu, membuat strategi, saling menghargai, mematuhi peraturan lomba dan tentunya menyenangkan. Bahkan, Ade juga mengusulkan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) ikut melestarikan kaulinan tradisional. Menurutnya, lurah, camat, maupun kepala desa harus tahu mengenai kegiatan ini sehingga nanti disetiap daerah menyelenggarakan acara serupa.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.