icon semarangOK3.jpg

Properti dan Solusi

Disperkim Gaet Seniman dalam Pembangunan Icon Kota Semarang

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang tengah melibatkan seniman dalam melakukan studi serta perencanaan pembangunan icon kota Semarang. Beberapa icon kota Semarang direncanakan akan dibangun melalui kerjasama antara Pemerintah Kota Semarang dan para seniman. Salah satu perencanaan yang akan dilakukan adalah membuat konsep taman dan ruang terbuka hijau yang didalamnya terdapat patung pahlawan. Seperti patung pahlawan nasional Czi Pierre Tendean yang berada di taman Pierre Tendean, di persimpangan Jalan Piere Tendean dan Jalan Pemuda Semarang.

icon semarangOK.jpg

Patung yang berada di taman depan Mal Paragon ini memiliki tinggi 8 meter dan dibuat oleh seniman dari ISI Yogyakarta. Dengan konsep taman menggunakan teknologi smart park dan didukung fasilitas yang lengkap seperti parkir sepeda, tempat duduk beserta charger station, toilet umum dan lainnya, diharapkan akan menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke kota Semarang. “Seniman yang digandeng seperti Ponco Widianto, Hasto Edi Setiwan sebagai seniman patung, dan Gunawan Triwibowo sebagai seniman desain komunikasi visual. Mereka bertiga adalah alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta,” ungkap Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Disperkim Kota Semarang, Murni Ediati.

Murni menyampaikan jika dalam pembangunan sebuah taman dan icon patung di sebuah kota,, kita juga sekaligus membangun identitas kota tersebut dalam bentuk fisik. Apapun yang berbentuk nyata dapat digunakan untuk mengidentifikasi sejarah sebuah wilayah ataupun icon sebuah kota. “Identitas fisik yang mudah ditangkap oleh masyarakat adalah suatu objek yang dijadikan acuan terhadap kawasannya. Misalnya hal –hal yang bersifat monumental, indah, unik, besar dan mudah dilihat biasanya dijadikan masyarakat sebagai acuan atau landmark kota," tambahnya.

Nantinya Pemkot Semarang akan bersinergi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Perusahaan Swasta Nasional melalui program Corporate Social Responcibility (CSR) untuk membangun identitas kota Semarang. Kerjasama Pemkot Semarang dengan pihak lain ini menjadi kontribusi nyata yang dilakukan Pemkot Semarang dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur ruang terbuka hijau bagi warga kota Semarang yang dalam pembangunannya memiliki dua fungsi yaitu fungsi ekologis dan fungsi sosial.

icon semarangOK2.jpg

"Untuk selanjutnya Disperkim akan membuat Patung-Patung, Water Feature dan Elemen Estetika kota atau Urban Elements baru yang akan dilengkapi taman kota yang berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Ini bisa diakses masyarakat luas untuk fungsi ekologis dan fungsi sosial. Seperti untuk tempat berolahraga, sarana edukasi, rekreasi dan kegiatan ekonomi warga dan masyarakat Kota Semarang,” terang Murni dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (27/8/2021).

Ponco Widhianto, salah seorang seniman yang terlibat dalam rencana ini mengaku bahwa dirinya merasa bangga karena bisa mendapatkan kesempatan berkarya melalui seni untuk kota Semarang. Momen ini memang telah lama dinanti oleh para pekerja seni seperti dirinya dan baru kali inilah kesempatan tersebut datang. "Terima kasih dan kami bangga sekali, karena baru saat sekarang ini diberi ruang. Sehingga kami punya kesempatan melakukan yang terbaik dengan medium yang kami kuasai yaitu seni. Kami juga sudah sangat lama sekali menunggu kesempatan ini," ungkap Ponco.


Read More

Artikel Lainnya

Terobosan Bisnis Salon Masa Pandemi, Terima Layanan via Online

Bisnis

Terobosan Bisnis Salon Masa Pandemi, Terima Layanan via Online

22 September 2021, 10:07

Beragam cara dilakukan agar bisnis salon tetap bertahan, seperti menerima layanan via online. Pelanggan secara virtual dapat berkonsultasi mengenai perawatan kecantikan dan rambut.

tamplate foto pingpoint.jpg

Bisnis

Titipku, Aplikasi Pesan Antar Kebutuhan Sehari-hari dari Pasar

22 September 2021, 09:05

Kini, jasa pesan antar juga banyak sudah tersedia untuk berbagai jenis kebutuhan. Salah satunya adalah kebutuhan sehati-hari yang biasa Pointers dapatkan di pasar tradisional.

Jembatan Cisadane 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Cisadane Walk, Ikon Menarik Kota Tangerang yang Wajib Dikunjungi

22 September 2021, 08:05

Meniru kota-kota di Eropa, Cisadane Walk kini dikenal sebagai land mark ikon kota yang ramai dikunjungi masyarakat menghabiskan waktu untuk bersantai, berkumpul, berburu spot foto, sampai kuliner.

cov.jpg

Hobi dan Hiburan

Virtuso Music Studio, Solusi Sewa Studio Musik dan Rekaman di Malang

22 September 2021, 07:07

Untuk bagian dalam studio, terdapat satu ruang rekaman yang digunakan oleh operator dan juga ruang latihan atau studio yang digunakan oleh para pemain band.


Comments


Please Login to leave a comment.