Diundur ke Juni, Penumpang AirAsia di Surabaya Gigit Jari

Bisnis

Diundur ke Juni, Penumpang AirAsia di Surabaya Gigit Jari

Beberapa waktu lalu, pemerintah kembali memperbolehkan maskapai penerbangan beroperasi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan keputusan ini berdasarkan banyaknya keluhan masyarakat, utamanya dari kalangan pebisnis yang meminta kelonggaran pemerintah. Akhirnya permintaan itu dikabul, dengan syarat memenuhi protokol kesehatan yang ketat.

Kendati demikian bukan berarti semua maskapai langsung membuka jalur penerbangannya kembali, ada juga yang sudah membuka lalu menutup kembali alias menunda perjalanan udara lantaran beberapa wilayah di tanah air masih memberlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). AirAsia Indonesia salah satunya.

[Baca Juga: Mulai 1 April 2020 AirAsia Tidak Bisa Terbang Sementara]

Dalam keterangan pers resmi yang diterima PingPoint.co.id, Jumat (15/5/2020), maskapai dengan kode penerbangan QZ ini mengumumkan penundaan penerbangan berjadwal rute domestik dan internasional. Imbasnya, penumpang rute penerbangan Kuala Lumpur-Surabaya dan Johor Bahru-Surabaya, harus gigit jari lantaran batal terbang.

Padahal sebelumnya kedua rute tersebut sudah dijadwalkan beroperasi secara terbatas pada tanggal 18 Mei mendatang, namun mengingat PSBB periode kedua Kota Surabaya masih berlaku hingga 25 Mei, maka rute ini diundur hingga 1 Juni 2020.

Air Asia Diskon Hingga 30 Persen Penerbangan Domestik dan Internasional

Dalam pesan resmi dinyatakan bahwa, calon penumpang yang terdampak oleh perubahan ini telah menerima pemberitahuan pembatalan beserta informasi pilihan kompensasi melalui email dan SMS yang terdaftar saat pembelian tiket. Dan untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal penerbangan yang tersedia, silakan kunjungi airasia.com atau aplikasi AirAsia.

"Sehubungan dengan alasan operasional dan perpanjangan masa pembatasan sosial di beberapa wilayah, AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) akan menyesuaikan pengoperasian penerbangan berjadwal rute internasional dan domestik secara bertahap, dan akan dimulai pada tanggal 1 Juni 2020 pada rute tertentu", demikian bunyi rilis tersebut.

AirAsia Indonesia pun mengimbau seluruh tamu yang akan melakukan penerbangan nantinya untuk selalu memperhatikan dan memenuhi persyaratan kesehatan, imigrasi serta pembatasan perjalanan yang ditetapkan oleh otoritas wilayah atau pemerintah di wilayah/ negara asal maupun tujuan. Selain itu, pada jadwal penerbangan nanti, turut diterapkan langkah-langkah kewaspadaan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan para tamu dan awak pesawat. Karena itu, seluruh tamu diwajibkan menggunakan masker dari mulai proses check-in, masuk ke pesawat, selama penerbangan hingga pengambilan bagasi saat tiba di bandara tujuan.

Tak lupa juga disampaikan imbauan pada tamu untuk membawa masker cadangan, cairan pembersih tangan, dan mengikuti ketentuan bagasi kabin AirAsia terbaru. Selain itu juga diharapkan tamu tiba 3 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari kepadatan antrian sehubungan dengan pemeriksaan kesehatan di beberapa titik sebelum keberangkatan. Silakan baca panduan “Terbang Aman Bersama AirAsia” untuk informasi lebih lanjut.

Seperti diketahui begitu berakhir PSBB periode pertama pada 11 Mei lalu, masa berlakunya langsung diperpanjang hingga 25 Mei mendatang. Langkah ini dilakukan untuk menekan laju penyebaran virus SARS-CoV-2 di Kota Pahlawan. Akan tetapi hingga hari ke-3 PSBB periode kedua diberlakukan, pertumbuhan pandemi COVID-19 belum juga melandai. Situs lawancovid-19.surabaya.go.id pada Jumat (15/5/2020) mencatat total ada 921 kasus di Surabaya, 698 pasien diantaranya kini sedang dalam masa perawatan, 121 pasien dinyatakan sembuh, sementara 102 pasien telah dinyatakan meninggal dunia.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.