DIY Masker Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona

Properti dan Solusi

DIY Masker: Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona

Selama wabah pandemi COVID-19 di Indonesia, warga khususnya Jabodetabek yang memiliki pasien positif corona paling banyak di antara daerah lain, membutuhkan perlengkapan medis. Masker dan hand sanitizer banyak disebut-sebut menjadi perlengkapan yang paling dibutuhkan warga untuk mencegah penyebaran penyakit COVID-19.

Itulah mengapa selama pandemi ini, masker dan hand sanitizer juga sangat sulit didapatkan dan cepat sekali habisnya. Kalaupun ada, harganya bisa sangat mahal. Banyak orang kemudian membantu untuk membuat hand sanitizer sendiri dengan campuran bahan-bahan kimia yang terbukti ampuh mencegah penyebaran virus corona.

DIY Masker Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona

Masker wajah pun bisa juga dibuat sendiri atau Do it Youself (DIY). Masker buatan sendiri untuk melindungi dari virus tidak lebih baik dengan menggunakan masker bedah atau yang biasa dijual di apotek-apotek. Namun, masker buatan sendiri ini jauh lebih baik dari pada tidak menggenakan masker sama sekali.

Masker bedah biasanya banyak dijual, mampu menyaring 80 persen partikel hingga 0,007 mikron (14 kali lebih kecil dari virus corona) yaitu tiga kali lebih efektif dalam memblokir transmisi mikroorganisme dibandingkan dengan membuat masker buatan sendiri.

[Baca Juga: Perlukah Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona?]

Mengutip laman smartairfilters (24/03/2020), berdasarkan Data Cambridge menunjukkan, masker buatan sendiri yang dibuat dengan menggunakan kaus katun dapat menyaring beberapa partikel yang berukuran 0,02-1 mikron. Bila Anda tertarik membuatnya, berikut bahan-bahan dalam membuat masker.

Bahan yang Dibutuhkan

  • Kaus atau legging lama
  • Merv 13 filter
  • Karbon aktif sheet
  • Maxi pad atau steril kasa pad
  • Lem tembak

DIY Masker Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona

Fungsi Lapisan Masker

  • Cuka, yang berguna membantu membunuh bakteri dan virus
  • Merv 13 berguna untuk memfilter partikel kecil
  • Karbon Aktif berguna memfilter partikel kecil dan mengurangi bau
  • Maxi: Mengibaskan kelembapan dari mulut Anda

[Baca Juga: Ingin Membuat Sendiri? Ini Penelitian Bahan Terbaik untuk Masker]

Para peneliti menguji keefektifan dari bahan kaus katun ini dalam membuat masker buatan sendiri Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelembapan dan durasi memiliki dampak yang sangat kecil pada efektivitas masker apa pun. Sebenarnya, masker buatan sendiri dapat menangkap 5,8 persen lebih banyak partikel berukuran virus setelah 3 jam.

Read More

Artikel Lainnya

Warga Tambakrejo Dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

Properti dan Solusi

Warga Tambakrejo dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

26 January 2021, 20:09

Kini sesuai janji Wali Kota Semarang, Kampung Nelayan sekarang telah didirikan Pemerintah Kota Semarang yang diperuntukkan bagi warga Tambakrejo.

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini.jpg

Properti dan Solusi

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini

26 January 2021, 19:09

Hadir dengan desain yang lebih premium serta fitur yang lebih oke dibandingkan pendahulunya, realme Watch S Pro dibanderol di bawah Rp2 jutaan.

Krematorium Wahana Mulia Abadi Beroperasi Kebali dengan Alat Ramah Lingkungan

Berita Kawasan

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

26 January 2021, 18:09

Wali kota pun sangat mengapresiasi keberadaan krematorium dan berharap tempat tersebut memang disiapkan sehingga bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta.

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal di Jakarta Tak Berdampak

Bisnis

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal Tidak Tingkatkan Bisnis

26 January 2021, 18:05

Penambahan jam operasi pusat perbelanjaan dan restoran sebanyak satu jam di PPKM tahap dua dinilai tidak akan membawa dampak signifikan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Sasaputri 9 months, 3 weeks lalu
    sasaputri

    Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di poker165.co dengan TCoin ! Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎