DIY Masker Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona

Properti dan Solusi

DIY Masker: Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona

Selama wabah pandemi COVID-19 di Indonesia, warga khususnya Jabodetabek yang memiliki pasien positif corona paling banyak di antara daerah lain, membutuhkan perlengkapan medis. Masker dan hand sanitizer banyak disebut-sebut menjadi perlengkapan yang paling dibutuhkan warga untuk mencegah penyebaran penyakit COVID-19.

Itulah mengapa selama pandemi ini, masker dan hand sanitizer juga sangat sulit didapatkan dan cepat sekali habisnya. Kalaupun ada, harganya bisa sangat mahal. Banyak orang kemudian membantu untuk membuat hand sanitizer sendiri dengan campuran bahan-bahan kimia yang terbukti ampuh mencegah penyebaran virus corona.

DIY Masker Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona

Masker wajah pun bisa juga dibuat sendiri atau Do it Youself (DIY). Masker buatan sendiri untuk melindungi dari virus tidak lebih baik dengan menggunakan masker bedah atau yang biasa dijual di apotek-apotek. Namun, masker buatan sendiri ini jauh lebih baik dari pada tidak menggenakan masker sama sekali.

Masker bedah biasanya banyak dijual, mampu menyaring 80 persen partikel hingga 0,007 mikron (14 kali lebih kecil dari virus corona) yaitu tiga kali lebih efektif dalam memblokir transmisi mikroorganisme dibandingkan dengan membuat masker buatan sendiri.

[Baca Juga: Perlukah Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona?]

Mengutip laman smartairfilters (24/03/2020), berdasarkan Data Cambridge menunjukkan, masker buatan sendiri yang dibuat dengan menggunakan kaus katun dapat menyaring beberapa partikel yang berukuran 0,02-1 mikron. Bila Anda tertarik membuatnya, berikut bahan-bahan dalam membuat masker.

Bahan yang Dibutuhkan

  • Kaus atau legging lama
  • Merv 13 filter
  • Karbon aktif sheet
  • Maxi pad atau steril kasa pad
  • Lem tembak

DIY Masker Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona

Fungsi Lapisan Masker

  • Cuka, yang berguna membantu membunuh bakteri dan virus
  • Merv 13 berguna untuk memfilter partikel kecil
  • Karbon Aktif berguna memfilter partikel kecil dan mengurangi bau
  • Maxi: Mengibaskan kelembapan dari mulut Anda

[Baca Juga: Ingin Membuat Sendiri? Ini Penelitian Bahan Terbaik untuk Masker]

Para peneliti menguji keefektifan dari bahan kaus katun ini dalam membuat masker buatan sendiri Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelembapan dan durasi memiliki dampak yang sangat kecil pada efektivitas masker apa pun. Sebenarnya, masker buatan sendiri dapat menangkap 5,8 persen lebih banyak partikel berukuran virus setelah 3 jam.

Read More

Artikel Lainnya

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

Pendidikan

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

03 April 2020, 20:00

J.K Rowling, penulis kisah Harry Potter merilis situs untuk menemani para penggemar saat isolasi diri. Pengunjung dapat membaca banyak artikel, mengerjakan kuis, dan mendengar audiobook Harry Potter.

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

Kuliner

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

03 April 2020, 19:00

Sajian kreasi ayam spesial Dallas Kitchen yang patut untuk Anda cicipi selama #dirumahaja akibat pandemi COVID-19. Meskipun tengah social distancing, makan enak tetap penting.

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

Kesehatan

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

03 April 2020, 14:00

Pergi ke dokter gigi di tengah Pandemi COVID-19 sebisa mungkin perlu dihindari. Berikut cara merawat gigi agar selalu sehat dan kuat.

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

Kesehatan

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

03 April 2020, 13:00

Zoonosis menjadi salah satu kata yang kini sering ditemui. Apa arti kata itu dan apa hubungannya dengan pandemi COVID-19 yang diakibatkan oleh Virus Corona SARS-CoV-2?


Comments


Please Login to leave a comment.