DKI Jakarta Akan Gelar Pemilihan Wagub pada 23 Maret 2020

Berita Kawasan

DKI Jakarta Akan Gelar Pemilihan Wagub pada 23 Maret 2020

Sebentar lagi Jakarta akan memiliki wakil gubernur baru. Hal itu dipastikan setelah Panitia Pemilihan (Panlih) Vakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta sepakat memilih tanggal 23 Maret 2020 sebagai hari pemilihan Wakil Gubernur pengganti Sandiaga Uno.

Akan ada dua nama calon wakil Gubernur yang nantinya akan mendampingi Anies Baswedan di kursi pemerintahan DKI Jakarta. Kedua calon itu adalah Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari PKS.

[Baca Juga: OC Formula E Jakarta Sukses Uji Coba Bongkar Pasang Aspal di Monas]

Keduanya harus memaparkan visi misi program kerja sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI dan fit and proper test. Pada tanggal itu, Cawagub Riza Patria dan Nurmansjah Lubis juga dijadwalkan menjalani uji kompetensi sebelum pemilihan.

"Tanggal 23 (Maret) pas paripurna, itu dalam satu kesatuan, setelah tanya jawab visi misi, jawab, kemudian kita break. Persiapan untuk pemilihan," kata Wakil Ketua Panlih Wagub, Basri Baco usai melaksanakan rapat tertutup di DPRD DKI, Jakarta Pusat (4/3/2020).

DKI Jakarta Akan Gelar Pemilihan Wagub pada 23 Maret 2020

Sebelum pemilihan, nantinya kedua cawagub diwajibkan untuk menyerahkan kelengkapan administrasi seperti surat pernyataan pengunduran diri dari institusi sebelumnya seperti DPR dan TNI. Baru kemudian para anggota Dewan akan memberikan pertanyaan kepada tiap cawagub. "Kalau sudah ready semua baru kita majukan kepada pemilihan," tambah Basri.

Untuk diketahui, kursi wakil gubernur DKI Jakarta kosong sejak Sandiaga Uno mengundurkan diri pada 27 Agustus 2018. Sandiaga melepas jabatannya untuk mendampingi Prabowo Subianto sebagai wakil presiden (wapres) pada Pilpres 2019.

Sejak saat itu, muncul beberapa nama yang digadang-gadang akan mendampingi Anies Baswedan dalam menjalankan pemerintahan di Ibukota. Namun hanya dua yang terpilih yakni Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis.

[Baca Juga: Anies Baswedan Resmikan Pusat Perkembangbiakan Kuda Internasional]

Riza sendiri saat ini merupakan wakil ketua Komisi V DPR RI. Namanya sering muncul di media massa ketika mendampingi Hendardji Soepandji sebagai cawagub pada Pilkada 2012.

Sementara Nurmansjah adalah seorang politikus PKS. Ia pernah menjadi anggota DPRD DKI Jakarta pada periode 2004-2009 dan 2009-2014. Pada tahun 2019, Ia kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD namun gagal terpilih.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.