DKI Jakarta Akhirnya Melarang Penggunaan Plastik Belanja

Bisnis

DKI Jakarta Akhirnya Melarang Penggunaan Kantong Plastik Belanja

Pada 27 Desember 2019 lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi mengeluarkan Peraturan Gubernur atau Pergub mengenai larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar. Keputusan tersebut baru akan efektif berlangsung pada Juni 2020 mendatang atau enam bulan setelah diresmikan.

Larangan mengenai penggunaan kantong plastik sekali pakai ini tercatat pada Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

DKI Jakarta Akhirnya Melarang Penggunaan Plastik Belanja

Dalam salinan Pergub yang diterima PingPoint.co.id (7/1/2019), aturan ini sudah diundangkan sejak 31 Desember 2019 lalu. Dalam Pergub 142 Tahun 2019 Bab III Pasal 5 ayat 1 menyatakan, pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat diwajibkan menggunakan kantong belanja ramah lingkungan. Berlanjut ke ayat 2 yang berbunyi, pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat dilarang menggunakan kantong belanja plastik sekali pakai.

Dalam Pergub tersebut dijelaskan pula sanksi yang bisa diterima pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat jika melanggar aturan. Dalam Bab VII Pasal 22 ayat 2 menyatakan, pengenaan sanksi administratif berupa, teguran tertulis, uang paksa, pembekuan izin, dan pencabutan izin. Tertulis jelas, bagi para pelaku usaha yang melanggar bisa saja dikenakan dengan denda sebesar Rp5.000.000-Rp25.000.000.

[Baca Juga: Yuk Dicoba! Tips Diet Kantong Plastik ala Tiza Mafira]

Mengutip dari detik.com, Dinas Lingkungan Hidup DKI membenarkan Pergub tersebut dan akan dilakukan proses sosialisasi, khususnya kepada pengelola atau pusat perbelanjaan agar setiap penjual atau toko memenuhi aturan ini.

“Kalau di pusat perbelanjaan yang bertanggung jawab atas sanksi adalah pengelola mall, begitu juga pasar. Sedangkan toko swalayan yang akan bertanggung jawab adalah penanggung jawab toko tersebut,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Andono Warih.

[Baca Juga: Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang]

Menanggapi aturan ini banyak warga yang menyambut positif, namun ada juga yang menolak khususnya para pedagang di pasar tradisional. Kebanyakan penjual daging atau makanan yang basah bingung ketika tak diperbolehkan menggunakan kantong plastik. Namun mengutip dari bbc.com, masyarakat bisa mengganti plastik dengan wadah makanan yang kosong untuk membawa daging, ayam, atau ikan. Tentu ini lebih efektif dan bisa digunakan berkali-kali.

Sebelum memutuskan ke pasar, Anda juga bisa membawa tas belanja rajut seperti yang digunakan orang zaman dahulu. Akan tetapi, sekarang sudah banyak orang yang menjual tote bag atau kantung yang berasal dari kertas tebal yang bisa dimanfaatkan belanja kebutuhan harian.

DKI Jakarta Akhirnya Melarang Penggunaan Plastik Belanja

Pembatasan penggunaan kantong plastik ini bukan hanya marak diagungkan di Indonesia saja, bahkan baru-baru ini Thailand baru saja secara resmi melarang penggunaan kantong plastik di supermarket dan mini market. Hasilnya, para masyarakat bisa beradaptasi dengan cepat dengan peraturan ini. Bahkan masyarakat Thailand ramai-ramai menggunakan berbagai benda untuk membawa belanjaan mereka sebagai ganti kantong plastik, misalnya ember, jaring pancing, jamuran jepit, dan lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 3 years lalu
    kelly

    QQHarian,info merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. sudah bosan dgn Bonus Freebet ? Kami sediakan bonus terbaru kita yaitu BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5% SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K. apakah masih bisa ambil bonus yang lain ? masih bisa ambil bonus yang lain guys seperti ambil BONUS WELCOME CASHBACK 100% bisa di gabung dgn BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5%. Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja. Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE