DKI Jakarta Dipandang Adil Dalam Terapkan Zonasi Sekolah

Pendidikan

DKI Jakarta Dipandang Adil Dalam Terapkan Zonasi Sekolah

Masa Pendaftaran Penerima Peserta Didik Baru atau PPDB 2019 DKI Jakarta melalui jalur zonasi telah dimulai semenjak Senin 24 Juni 2019 dan berakhir pada Rabu 27 Juni 2019. Tampaknya kekhawatiran yang sempat membayangi para orangtua siswa di Jakarta pun sirna dengan tidak banyaknya keluhan yang muncul. Ini senada dengan pihak Dinas Pendidikan Jakarta yang memandang penerapan sistem zonasi sekolah di Ibu Kota dirasa cukup adil.

Walau sempat muncul antrean orangtua siswa di sekolah serta sejumlah kendala lainnya terkait PPDB, namun sistem zonasi sekolah Jakarta tidak mengalami banyak hambatan seperti yang ditakutkan para warga Ibu Kota. Hal ini disinyalir dikarenakan PPDB sistem zonasi sekolah negeri di Jakarta sebenarnya tidak hanya berfokus terhadap tempat tinggal dari calon siswa semata.

DKI Jakarta Dipandang Adil Dalam Terapkan Zonasi Sekolah

“Sistem zonasi ini tidak hanya berpatokan pada satu indikator saja. Melainkan pada tempat domisili dan nilai rata-rata hasil ujian akhir siswa yang juga menjadi faktor penentu untuk masuk sekolah negeri di Jakarta,” ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono, sebagaimana dikutip dari antaranews.com (27/6/2019).

[Baca Juga: Anies Baswedan: Zonasi Sekolah PPDB di Jakarta Telah Disesuaikan]

Ratiyono menambahkan, karena tidak berpatokan dengan satu parameter saja maka sistem zonasi sekolah di Jakarta dirasa adil untuk para calon siswa sekolah negeri. “Jadi tidak bisa hanya satu syaratnya. Kalau hanya satu syarat saja atau hanya cepat-cepatan datang ke sekolah, atau hanya jarak saja justru itu tidak adil,” pungkasnya.

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Gubernur Jakarta Anies Baswedan telah menegaskan bahwa PPDB 2019 telah melalui proses penyesuaian. Hal ini termasuk dari sisi riset, kajian, serta rapat untuk menentukan pola pendaftaran siswa tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA).

[Baca Juga: Sudin Pendidikan Jakut Telah Membuka Sistem Online PPDB 2019/2020]

Saat ini PPDB 2019 jalur zonasi sekolah di Jakarta pun telah berakhir, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan siswa dan orangtuanya adalah melihat hasil seleksinya. Anda bisa mengaksesnya dengan mengunjungi laman resmi dari PPDB DKI Jakarta di ppdb.jakarta.go.id.

Bila nama Anda atau putra-putri Anda sudah ada di ppdb.jakarta.go.id di sekolah yang didaftarkan sebelumnya, maka langkah selanjutnya adalah lapor atau daftar ulang dengan mendatangi ke pihak sekolah yang dituju dari 27-28 Juni 2019. Selain itu, laman resmi PPDB DKI Jakarta juga bisa diakses pada tanggal 28 Juni 2019 untuk melihat pengumuman mengenai sekolah-sekolah dengan bangku kosong.


Read More

Artikel Lainnya

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.


Comments


Please Login to leave a comment.