DKI Jakarta Dipandang Adil Dalam Terapkan Zonasi Sekolah

Pendidikan

DKI Jakarta Dipandang Adil Dalam Terapkan Zonasi Sekolah

Masa Pendaftaran Penerima Peserta Didik Baru atau PPDB 2019 DKI Jakarta melalui jalur zonasi telah dimulai semenjak Senin 24 Juni 2019 dan berakhir pada Rabu 27 Juni 2019. Tampaknya kekhawatiran yang sempat membayangi para orangtua siswa di Jakarta pun sirna dengan tidak banyaknya keluhan yang muncul. Ini senada dengan pihak Dinas Pendidikan Jakarta yang memandang penerapan sistem zonasi sekolah di Ibu Kota dirasa cukup adil.

Walau sempat muncul antrean orangtua siswa di sekolah serta sejumlah kendala lainnya terkait PPDB, namun sistem zonasi sekolah Jakarta tidak mengalami banyak hambatan seperti yang ditakutkan para warga Ibu Kota. Hal ini disinyalir dikarenakan PPDB sistem zonasi sekolah negeri di Jakarta sebenarnya tidak hanya berfokus terhadap tempat tinggal dari calon siswa semata.

DKI Jakarta Dipandang Adil Dalam Terapkan Zonasi Sekolah

“Sistem zonasi ini tidak hanya berpatokan pada satu indikator saja. Melainkan pada tempat domisili dan nilai rata-rata hasil ujian akhir siswa yang juga menjadi faktor penentu untuk masuk sekolah negeri di Jakarta,” ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono, sebagaimana dikutip dari antaranews.com (27/6/2019).

[Baca Juga: Anies Baswedan: Zonasi Sekolah PPDB di Jakarta Telah Disesuaikan]

Ratiyono menambahkan, karena tidak berpatokan dengan satu parameter saja maka sistem zonasi sekolah di Jakarta dirasa adil untuk para calon siswa sekolah negeri. “Jadi tidak bisa hanya satu syaratnya. Kalau hanya satu syarat saja atau hanya cepat-cepatan datang ke sekolah, atau hanya jarak saja justru itu tidak adil,” pungkasnya.

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Gubernur Jakarta Anies Baswedan telah menegaskan bahwa PPDB 2019 telah melalui proses penyesuaian. Hal ini termasuk dari sisi riset, kajian, serta rapat untuk menentukan pola pendaftaran siswa tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA).

[Baca Juga: Sudin Pendidikan Jakut Telah Membuka Sistem Online PPDB 2019/2020]

Saat ini PPDB 2019 jalur zonasi sekolah di Jakarta pun telah berakhir, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan siswa dan orangtuanya adalah melihat hasil seleksinya. Anda bisa mengaksesnya dengan mengunjungi laman resmi dari PPDB DKI Jakarta di ppdb.jakarta.go.id.

Bila nama Anda atau putra-putri Anda sudah ada di ppdb.jakarta.go.id di sekolah yang didaftarkan sebelumnya, maka langkah selanjutnya adalah lapor atau daftar ulang dengan mendatangi ke pihak sekolah yang dituju dari 27-28 Juni 2019. Selain itu, laman resmi PPDB DKI Jakarta juga bisa diakses pada tanggal 28 Juni 2019 untuk melihat pengumuman mengenai sekolah-sekolah dengan bangku kosong.

Read More

Artikel Lainnya

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.

Suzuki Gelar Servis Gratis Untuk Angkot di Jakarta

Bisnis

Suzuki Gelar Servis Gratis untuk Angkot di Jakarta

11 December 2019, 14:00

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya memfasilitasi 500 angkot, tahun ini ada sebanyak 700 angkot yang akan mendapatkan servis gratis

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

Pendidikan

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

11 December 2019, 13:00

Pengajuan anggaran pembangunan Boarding School SMKN 74, Jakarta Utara perlu dikaji kembali. DPRD meminta Disdik menundanya.

Hj Delima Tatung Rayakan Ulang Tahun ke-90 Dengan Suka Cita

Berita Kawasan

Hj. Delima Tatung Rayakan Ulang Tahun ke-90 dengan Suka Cita

11 December 2019, 12:00

Usia 90 tahun dan masih menjalani hidup dengan gembira, tentu menjadi anugerah yang patut disyukuri. Itulah yang dialami Hj. Delima Tatung dalam perayaan ulang tahunnya di Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.