DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Menyusul lonjakan kematian akibat COVID-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus menyiapakan lahan alternatif untuk pemakaman. Hal itu disuarakan Pengamat Tata Kota Yayat Supriyanta. Dia memperingatkan bahwa lahan pemakaman khusus COVID-19 berpotensi habis akhir tahun ini. Sebaiknya, Pemprov DKI segera membahas cadangan anggaran darurat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-Perubahan. Tujuannya, untuk menambah lahan pemakaman. Mulai dari pembebasan tanah, hingga pembelian lahan baru.

"DKI mau tidak mau mulai mencadangkan kemungkinan darurat di APBD-P untuk menambah area (pemakaman). Itu dengan cara pembebasan tanah atau pembelian tanah baru, yang harus segera dianggarkan," ujar Yayat seperti diberitakan mediaindonesia.com (21/9/2020). Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19 di wilayah Ibu Kota, yakni TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, lanjut dia, dikhawatirkan lahan dua TPU tersebut akan habis.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Menyoroti TPU Pondok Ranggon, tersisa untuk sekitar 1.000 pemakaman. Apabila dalam sehari ada 50 jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan, maka lahan di TPU tersebut akan habis dalam 20 hari ke depan. Sementara itu, masih tersedian 3.000 makam di TPU Tegal Alur. Jika ada 50 jenazah yang dimakamkan dalam sehari, lahan di TPU tersebut juga terancam habis pada akhir tahun.

"Pelu ada upaya preventif yang lebih maksimal. Khawatir dalam satu bulan ini (lahan) TPU Pondok Ranggon itu habis," pungkas Yayat. Data dari situs corona.jakarta.co.id menunjukkan sebanyak 693 jenazah pasien COVID-19 dimakamkan di DKI Jakarta dalam dua pekan terakhir. Pemakaman dengan prosedur COVID-19 terbanyak pada 16 September lalu, yakni 67 pemakaman. Sejak COVID-19 mewabah di wilayah Ibu Kota, jumlah jenazah pasien yang dimakamkan mencapai 5.893 orang.

[Baca Juga: Bima Arya Kunjungi Pemakaman untuk Pasien COVID-19 di Bogor]

Sejalan yang disampaikan Yayat, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani mendukung langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang berencana menambah lahan pemakaman khusus COVID-19. "Saya menyarankan dan mendukung jika ingin ditambah. Karena dari yang saya dengar, mau ditambah lahan pemakamannya. Ini sikap antisipasi yang harus disiapkan," ujar Zita seperti dilansir dari beritajakarta.id (22/9/2020).

Zita pun berharap, adanya insentif lebih serta penambahan personel yang khusus mengurus pemakaman bagi jenazah COVID-19. Mengingat, tugas yang diemban para petugas pemakaman ini terbilang sangat berat di tengah kondisi pandemi.

Bima Arya Kunjungi Pemakaman untuk Pasien COVID-19 di Bogor

"Mereka bekerja sepanjang hari memakai Alat Pelindung Diri (APD). Bahkan terkadang harus lembur karena jenazah yang semakin bertambah. Karena itu kesejahteraan dan kesehatan mereka juga harus diutamakan," tandasnya.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Mohammad Taufik juga mengapresiasi kinerja petugas pemakaman yang bekerja khusus menguburkan jenazah korban COVID-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur. Menurutnya, petugas pemakaman tersebut merupakan bagian dari elemen tenaga kesehatan yang bertugas menjadi garda terdepan dalam menangani pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Meninggal Mendadak dan Gejala Happy Hypoxia pada Pasien COVID-19]

"Saya sangat mengapresiasi para petugas pemakaman ini. Kita sudah melihat langsung pekerjaannya sangat berat. Kita sendiri belum tentu bisa jika bertugas di situ," ujar Taufik masih dari sumber yang sama.

Taufik menyarankan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bisa segera memberikan tambahan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para petugas pemakaman. Hal tersebut untuk meminimalkan bahaya dan resiko kerja yang terjadi saat menguburkan jenazah korban COVID-19. "Selain APD-nya perlu ditambahkan, saya juga mengusulkan agar ada insentif lebih untuk petugas pemakaman ini," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

Hobi dan Hiburan

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

31 October 2020, 18:01

Setelah berbagai rumor, Miles Films akhirnya mengonfirmasi bahwa film Petualangan Sherina 2 sedang diproduksi dan dijadwalkan tayang pada 2021 mendatang.

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month, 1 week lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Situs Slot Game Online Indonesia Terpercaya, Terfavorit , Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan menyajikan berbagai bonus terbesar yang menanti anda. info lebih lanjut bisa buka link nya ( biolinky.co/qqharian ) atau cukup ( <a href="https://qqharian.org/" title="Link Alternatif Agen Slot Game Online Indonesia" rel="nofollow">Click Disini</a> ) guys.!!