DKM Se-Kota Depok Ikuti Sosialisasi Hewan Kurban

Berita Kawasan

DKM Se-Kota Depok Ikuti Sosialisasi Hewan Kurban

Pemilihan hewan kurban saat Iduladha perlu diperhatikan untuk memenuhi syarat sesuai syariat yang telah ditentukan agama Islam. Persyaratan tersebut selaras dengan pemenuhan syarat dari aspek kesehatan peternakan. Hewan kurban tersebut pun mulai diperhatikan dari kesehatan dari dalam hingga sempurna fisiknya.

Untuk itu, masyarakat perlu mengetahui pemilihan hewan kurban sehat. Melansir laman depok.go.id (31/07/2019). Sebanyak 65 pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Depok mengikuti sosialisasi penyelenggaraan hewan kurban. Kegiatan ini diberikan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian,  dan Peternakan (DKPPP) Kota Depok agar masyarakat mendapatkan edukasi mengenai hewan-hewan yang layak untuk dijadikan kurban ditinjau dari aspek kesehatan dan agama.

[Baca Juga: Jelang Iduladha 1440, Panitia Kurban Jakbar Diimbau Gunakan Daun]

Hal tersebut merupakan bagian dari persiapan Pemerintah Kota (Pemkot) untuk menyambut Iduladha atau Idulkurban. Kepala DKPPP Kota Depok Diah Sadiah menilai, kegiatan tersebut penting agar pengurus DKM sebagai pelaksana penyelenggaraan kurban, dapat memilih hewan yang sehat sesuai dengan aturan. Diah mengatakan, pemilihan hewan kurban dimulai dari memilih hewan sehat atau keswan, memperhatikan kesejahteraan hewan atau kesrawan pada saat sebelum disembelih maupun saat penyembelihan.

DKM Se-Kota Depok Ikuti Sosialisasi Hewan Kurban

“Jangan membuat hewan yang dikurbankan jadi stres, karena akan berpengaruh kepada kualitas daging. Selain itu, pengurus DKM juga mendapatkan tambahan wawasan tentang daging-daging yang layak konsumsi setelah post-mortem,” kata Diah di aula Graha Insan Cita (GIC) Kecamatan Sukmajaya.

Diah menjelaskan dalam sosialisasi tersebut, ada dua narasumber, yaitu Nani Hendrayani selaku dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Ustaz Dian Efendi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok. “Kegiatan ini diadakan selama dua hari. Hari pertama untuk pengurus DKM, besoknya untuk para pengguna lapak atau penjual hewan kurban,” ucapnya

[Baca Juga: Ribuan Pengurus Masjid Ikut Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban]

Pihaknya mengimbau kepada panitia kurban untuk membungkus daging hewan kurban yang ramah lingkungan. Bagi masyarakat yang mendapatkan daging hewan kurban untuk segera dimasak atau disimpan pada suhu di bawah 4 derajat celcius. “Kalau terlalu lama dibiarkan terbuka berisiko banyak mikroba yang masuk ke daging tersebut,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.