DKM Se-Kota Depok Ikuti Sosialisasi Hewan Kurban

Berita Kawasan

DKM Se-Kota Depok Ikuti Sosialisasi Hewan Kurban

Pemilihan hewan kurban saat Iduladha perlu diperhatikan untuk memenuhi syarat sesuai syariat yang telah ditentukan agama Islam. Persyaratan tersebut selaras dengan pemenuhan syarat dari aspek kesehatan peternakan. Hewan kurban tersebut pun mulai diperhatikan dari kesehatan dari dalam hingga sempurna fisiknya.

Untuk itu, masyarakat perlu mengetahui pemilihan hewan kurban sehat. Melansir laman depok.go.id (31/07/2019). Sebanyak 65 pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Depok mengikuti sosialisasi penyelenggaraan hewan kurban. Kegiatan ini diberikan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian,  dan Peternakan (DKPPP) Kota Depok agar masyarakat mendapatkan edukasi mengenai hewan-hewan yang layak untuk dijadikan kurban ditinjau dari aspek kesehatan dan agama.

[Baca Juga: Jelang Iduladha 1440, Panitia Kurban Jakbar Diimbau Gunakan Daun]

Hal tersebut merupakan bagian dari persiapan Pemerintah Kota (Pemkot) untuk menyambut Iduladha atau Idulkurban. Kepala DKPPP Kota Depok Diah Sadiah menilai, kegiatan tersebut penting agar pengurus DKM sebagai pelaksana penyelenggaraan kurban, dapat memilih hewan yang sehat sesuai dengan aturan. Diah mengatakan, pemilihan hewan kurban dimulai dari memilih hewan sehat atau keswan, memperhatikan kesejahteraan hewan atau kesrawan pada saat sebelum disembelih maupun saat penyembelihan.

DKM Se-Kota Depok Ikuti Sosialisasi Hewan Kurban

“Jangan membuat hewan yang dikurbankan jadi stres, karena akan berpengaruh kepada kualitas daging. Selain itu, pengurus DKM juga mendapatkan tambahan wawasan tentang daging-daging yang layak konsumsi setelah post-mortem,” kata Diah di aula Graha Insan Cita (GIC) Kecamatan Sukmajaya.

Diah menjelaskan dalam sosialisasi tersebut, ada dua narasumber, yaitu Nani Hendrayani selaku dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Ustaz Dian Efendi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok. “Kegiatan ini diadakan selama dua hari. Hari pertama untuk pengurus DKM, besoknya untuk para pengguna lapak atau penjual hewan kurban,” ucapnya

[Baca Juga: Ribuan Pengurus Masjid Ikut Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban]

Pihaknya mengimbau kepada panitia kurban untuk membungkus daging hewan kurban yang ramah lingkungan. Bagi masyarakat yang mendapatkan daging hewan kurban untuk segera dimasak atau disimpan pada suhu di bawah 4 derajat celcius. “Kalau terlalu lama dibiarkan terbuka berisiko banyak mikroba yang masuk ke daging tersebut,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.