DKP Pastikan Hewan Kurban Sehat Sampai Iduladha

Berita Kawasan

DKP Pastikan Hewan Kurban Sehat Sampai Iduladha

Menjelang perayaan Iduladha, hewan-hewan kurban seperti kambing, kerbau, dan sapi akan melalui pemeriksaan yang ketat dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP). DKP memeriksa hewan ternak yang masuk ke Kota Tangerang ini untuk memastikan agar seluruh kondisi hewan ternak bebas dari segala penyakit. Bila kondisi hewan-hewan ternak tersebut sehat, maka layak dikurbankan dan dikonsumsi warga yang ingin berkurban saat Hari Raya Iduladha tiba.

DKP paling banyak memeriksa hewan ternak seperti kambing dan sapi potong yang sudah mulai diperjualbelikan di wilayah Kota Tangerang.

[Baca Juga: Meester Cornelis dan Pasar Hewan Jatinegara]

Melansir laman tangerangkota.go.id (24/07/2019). Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman saat berada di sebuah lapak hewan kurban, Cipondoh, Kota Tangerang pada 22 Juli 2019, mengatakan pemeriksaan hewan-hewan kurban tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas dan kesehatan hewan kurban saat hari raya Iduladha. "Hari ini sampai hari H pemotongan kurban itu kita lakukan pemeriksaan hewan pada sisi kesehatannya," ucap Abduh.

Menurut Abduh, fisik hewan kurban yang diperiksa meliputi kesehatan gigi, kulit, ketebalan daging dan kaki, terutama pada sapi. "Sesungguhnya kita juga ingin periksa cacing segala macam tapi itu kan tidak mungkin, kita periksa mereka masih dari luar dulu karena tidak mungkin bagian dalam," jelas Abduh.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Lakukan Persiapan Sambut Iduladha 1440 H]

Hewan kurban yang sehat maka akan diberikan tanda sehat, namun bila hewan kurban dalam keadaan tidak sehat akan diberikan vitamin. Tidak boleh diberikan antibiotik karena daging akan dikonsumsi dalam waktu dekat. "Kita tidak mungkin memberikan mereka antibiotik karena hanya dalam tempo dua minggu lagi mereka mau dipotong dan tidak bagus untuk kesehatan manusia," ucap Abduh.

Dari pemeriksaan yang dilakukan DKP Kota Tangerang, pihaknya belum menemukan hewan kurban yang tidak layak untuk diperjualbelikan. "Sampai saat ini belum ada. Untuk sapi yang memang hasil peternakan dan di sana dilepas liar di alam, itu pengawasannya jauh lebih efektif," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.