DKUM Kota Depok Kenalkan Produk UMKM Lewat Depok Expo 2019

Bisnis

DKUM Kota Depok Kenalkan Produk UMKM Lewat Depok Expo 2019

Salah satu tantangan terbesar yang dialami pengusaha adalah mengembangkan bisnis. Untuk meningkatkan usaha, tentu dibutuhkan dana atau modal yang cukup besar. Tak heran, banyak pengusaha yang tak bisa bertahan karena tak bisa bersaing menciptakan inovasi terbaru dalam usahanya. Melihat problematika ini, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok memiliki komitmen untuk meningkatkan pengusaha yang ada di daerah Depok.

Misalnya dengan meningkatkan pelaku usaha mikro menjadi usaha kecil setiap tahunnya. Salah satu upaya mewujudkan itu, DKUM Kota Depok mengakomodir para pelaku usaha dalam berbagai pameran produk, baik di Kota Depok maupun di daerah lainnya. Walau hanya berubah dari mikro ke kecil, kelas pengusaha ini memiliki perbedaan.

DKUM Kota Depok Kenalkan Produk UMKM Lewat Depok Expo 2019

Untuk Anda yang belum tahu, Kepala DKUM Depok Mohammad Fitriawan dilansir dari depok.go.id (3/12/2019) usaha mikro merupakan jenis usaha yang memiliki omzet di bawah Rp 300 juta per tahun, sedangkan usaha kecil memiliki omzet dari Rp300 juta hingga Rp2,5 miliar per tahun.

Di pembukaan Depok Expo 2019 yang diselenggarakan di Depok Mall, yang diadakan pada 30 November hingga 1 Desember 2019 ini, DKUM Kota Depok mengajak produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok. Kegiatan ini melibatkan sekitar 60 pelaku UMKM dari berbagai bidang. Mulai dari kuliner, fashion, hingga kerajinan (craft).

[Baca Juga: Dukung Perkembangan Wirausaha, Pemkot Depok Gelar Produk UMKM]

Fitriawan menyebutkan, untuk mewujudkan kenaikan tingkat klasifikasi pengusaha tersebut DKUM Kota Depok secara rutin bazar UMKM dalam event-event yang besar, seperti saat HUT Kota Depok, Peringatan Maulid Nabi, atau menjelang Hari Raya Idulfitri. DKUM Kota Depok juga mengajak dan mengakomodir pelaku usaha dengan mengajak mereka untuk mengikuti acara di luar Kota Depok untuk mempromosikan produknya.

Acara yang dimaksud adalah acara tahunan pemerintahan seperti Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang diselenggarakan di Semarang dan Tarakan beberapa waktu yang lalu. “Targetnya selain mengenalkan produk mereka, meningkatkan penjualan, juga memperluas pangsa pasar, sehingga masyarakat mengetahui produk-produk khas Depok,” kata Fitriawan.

[Baca Juga: Potensi Bisnis Apartemen di Depok Town Square dan Sekitarnya]

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok Elly Farida memberikan dukungan dan apresiasi terhadap ragam pembinaan yang diinisiasi DKUM Depok. Dirinya menilai, dengan adanya pameran, membuat pelaku usaha memiliki jaringan atau koneksi yang luas.

Elly juga menambahkan, produk yang dijual juga harus dikemas secara menarik sehingga para pengusaha semakin percaya diri saat menjajakan produknya. “Jadi semua saling terkait, antara pembinaan, pameran, dan peningkatan kualitas produk. Mudah-mudahan dengan seperti itu usaha bisa cepat berkembang,” sebut Elly.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.