DKUM Kota Depok Kenalkan Produk UMKM Lewat Depok Expo 2019

Bisnis

DKUM Kota Depok Kenalkan Produk UMKM Lewat Depok Expo 2019

Salah satu tantangan terbesar yang dialami pengusaha adalah mengembangkan bisnis. Untuk meningkatkan usaha, tentu dibutuhkan dana atau modal yang cukup besar. Tak heran, banyak pengusaha yang tak bisa bertahan karena tak bisa bersaing menciptakan inovasi terbaru dalam usahanya. Melihat problematika ini, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok memiliki komitmen untuk meningkatkan pengusaha yang ada di daerah Depok.

Misalnya dengan meningkatkan pelaku usaha mikro menjadi usaha kecil setiap tahunnya. Salah satu upaya mewujudkan itu, DKUM Kota Depok mengakomodir para pelaku usaha dalam berbagai pameran produk, baik di Kota Depok maupun di daerah lainnya. Walau hanya berubah dari mikro ke kecil, kelas pengusaha ini memiliki perbedaan.

DKUM Kota Depok Kenalkan Produk UMKM Lewat Depok Expo 2019

Untuk Anda yang belum tahu, Kepala DKUM Depok Mohammad Fitriawan dilansir dari depok.go.id (3/12/2019) usaha mikro merupakan jenis usaha yang memiliki omzet di bawah Rp 300 juta per tahun, sedangkan usaha kecil memiliki omzet dari Rp300 juta hingga Rp2,5 miliar per tahun.

Di pembukaan Depok Expo 2019 yang diselenggarakan di Depok Mall, yang diadakan pada 30 November hingga 1 Desember 2019 ini, DKUM Kota Depok mengajak produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok. Kegiatan ini melibatkan sekitar 60 pelaku UMKM dari berbagai bidang. Mulai dari kuliner, fashion, hingga kerajinan (craft).

[Baca Juga: Dukung Perkembangan Wirausaha, Pemkot Depok Gelar Produk UMKM]

Fitriawan menyebutkan, untuk mewujudkan kenaikan tingkat klasifikasi pengusaha tersebut DKUM Kota Depok secara rutin bazar UMKM dalam event-event yang besar, seperti saat HUT Kota Depok, Peringatan Maulid Nabi, atau menjelang Hari Raya Idulfitri. DKUM Kota Depok juga mengajak dan mengakomodir pelaku usaha dengan mengajak mereka untuk mengikuti acara di luar Kota Depok untuk mempromosikan produknya.

Acara yang dimaksud adalah acara tahunan pemerintahan seperti Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang diselenggarakan di Semarang dan Tarakan beberapa waktu yang lalu. “Targetnya selain mengenalkan produk mereka, meningkatkan penjualan, juga memperluas pangsa pasar, sehingga masyarakat mengetahui produk-produk khas Depok,” kata Fitriawan.

[Baca Juga: Potensi Bisnis Apartemen di Depok Town Square dan Sekitarnya]

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok Elly Farida memberikan dukungan dan apresiasi terhadap ragam pembinaan yang diinisiasi DKUM Depok. Dirinya menilai, dengan adanya pameran, membuat pelaku usaha memiliki jaringan atau koneksi yang luas.

Elly juga menambahkan, produk yang dijual juga harus dikemas secara menarik sehingga para pengusaha semakin percaya diri saat menjajakan produknya. “Jadi semua saling terkait, antara pembinaan, pameran, dan peningkatan kualitas produk. Mudah-mudahan dengan seperti itu usaha bisa cepat berkembang,” sebut Elly.


Read More

Artikel Lainnya

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 2023

28 September 2022, 16:11

Konser internasional Woke Up Fest 2023 yang menampilkan musisi ternama dari berbagai negara diumumkan akan digelar pada Februari 2023 di Istora Senayan Jakarta.

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta.jpg

Hobi dan Hiburan

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta

28 September 2022, 14:08

Setelah tampil di Candi Prambanan dan mengumumkan konser di Solo, konser Dewa 19 full team yang lengkap dengan anggota serta mantan anggotanya kali ini melirik JIS sebagai venue konser selanjutnya.

Melalu Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya.jpg

Hobi dan Hiburan

Melalui Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya

28 September 2022, 12:06

Penyanyi solois pria Aldiv kembali menunjukkan eksistensinya di blantika musik Tanah Air dengan single Menanti.

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.


Comments


Please Login to leave a comment.