DKUM Luncurkan Kartu Anggota Koperasi Berbasis Digital

Bisnis

DKUM Luncurkan Kartu Anggota Koperasi Berbasis Digital

Zaman yang semakin berkembang dengan teknologinya yang semakin canggih dan masuk pada era revolusi industry 4.0 membuat semuanya nampak dimudahkan. Khususnya pada proses jual-beli barang. Kini, lembaga seperti koperasi juga ikut berkembang menyesuaikan era yang sudah canggih ini agar tidak tertinggal dengan lembaga keuangan lainnya, yaitu dengan membuat kartu anggota koperasi sebagai virtual account.

Sebagaimana dilansir depok.go.id (02.08/2019), pada 1 Agustus 2019, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Mohammad Fitriawan mengatakan, koperasi di Depok secara bertahap akan mengikuti perkembangan zaman yang saat ini serba digital. Salah satunya dengan meluncurkan kartu anggota koperasi yang juga berfungsi sebagai virtual account bagi pemiliknya.

[Baca Juga: 54 Mahasiswa Lakukan Kunjungan Belajar ke Dinas Koperasi dan UKM]

“Kartu anggota koperasi ini berfungsi sebagai virtual account sesuai dengan industri 4.0. Kartu tersebut nantinya bisa diisi ulang dan bisa digunakan layaknya e-money yang sekarang sudah ada,” kata Fitriawan usai menghadiri peresmian Pekan Koperasi Kota Depok di lapangan Balai Kota Depok.

Dalam peluncuran perdana kartu anggota koperasi yang berbasis digital ini, untuk sementara kartu anggota baru hanya bisa dimiliki para anggota koperasi khususnya yang ada di d’Co Mart (Depok Cooperative Mart). Bagi yang sudah memiliki kartu anggota koperasi bisa memasukkan saldo, kemudian apabila ingin belanja akan dipotong dari saldo yang sudah ada.

[Baca Juga: Sheila Fresh dari Sawangan Raih Omzet 1 Miliar Berkat Sari Lemon]

Untuk diketahui, d’Co Mart bersinergi dengan Usaha mikro kecil menengah atau UMKM sehingga produk yang dijual di d’Co Mart juga ada produk lokal Depok dengan kualitasnya yang bagus.

Tidak hanya meluncurkan kartu anggota koperasi dengan basis digitalnya, Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) mempelopori peluncuran aplikasi online store koperasi perdana di Depok. Lewat aplikasi d’Co Mart, anggota koperasi bisa mengunduh melalui playstore. Setelahnya, pengguna bisa langsung berbelanja berbagai kebutuhan rumah tangga dan barang lainnya yang tersedia. “Sementara barangnya yang ada di toko koperasi dahulu, setelah pesan melalui aplikasi nanti barangnya akan diantar. Untuk pembayaran bisa bayar di tempat atau cash on delivery (COD),” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.