DLH Kota Bogor Wwajibkan Pelaku Usaha Buat Lubang Biopori

Berita Kawasan

DLH Kota Bogor Wajibkan Pelaku Usaha Buat Lubang Biopori

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kota Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengajar masyarakat untuk lebih peduli dengan kondisi lingkungan sekitar. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Elia Buntang menyebutkan, cadangan air tanah Kota Bogor sangat memprihatinkan, padahal Kota Bogor dijuluki Kota Hujan.

"Ini tidak pernah kita sadari, namun sebetulnya banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan air permukaan ke dalam tanah untuk menjadi cadangan air tanah maupun dalam rangka menjaga kondisi lingkungan, salah satu yang paling sederhana adalah pembuatan lubang biopori," kata Elia saat berbicara di hadapan masyarakat di Taman Ekspresi Sempur.

[Baca Juga: Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Warga]

Menurutnya, pihak DLH Kota Bogor akan melakukan pengawasan terkait izin usaha lingkungan bagi setiap pelaku usaha. DLH Kota Bogor juga akan mewajibkan para pengusaha membuat lubang biopori dan sumur resapan.

Melansir dari kotabogor.co.id (23/7/2019) Elia mengatakan, peringatan ini dibuat untuk memelihara lingkungan. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan bentuk nyata bukan hanya sekedar kegiatan seremonial. Elia berharap, melalui kampanye ini, masyarakat dapat menerapkan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kehidupan sehari-hari, di mana pun dan kapan pun mereka berada.

Elia juga mengimbau masyarakat untuk memilah sampah usai dari acara tersebut. Dimulai dari aksi kecil dan sederhana yang bisa menghasilkan manfaatkan untuk lingkungan. "Sampah kita menjadi tanggung jawab kita," ujar Elia.

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

Ia melanjutkan, sampah bisa dimanfaatkan kembali, namun banyak masyarakat yang menganggap sampah merupakan tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup, padahal sampah adalah tanggung jawab semua. Elia menuturkan, Pemkot Bogor mampu mengurangi sampah hingga berada di angka 480 ton per hari. Menurutnya, jika pemilahan sampah dilakukan dari rumah, Kota Bogor mampu mengurangi sampah hingga dibawah 200 ton per hari.

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bogor Dody Ahdiat menyebutkan, semua kebijakan yang dikeluarkan DLH Kota Bogor akan kembali kepada masyarakat, semuanya kembali ke pribadi masing-masing, mau atau tidak melaksanakannya.

Dody menambahkan, kini Pemkot Bogor masih terus berupaya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup melalui berbagai jenis kebijakan, misalnya normalisasi Sungai Ciliwung dan pembangunan taman dalam rangka mengejar ruang terbuka hijau yang secara aturan harus mengejar angka 30 persen dari luas wilayah. Menurutnya, kini Bogor hanya memiliki 9 persen ruang terbuka hijau.

Read More

Artikel Lainnya

Biaya Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS, tapi Anggaran Kemenkes

Kesehatan

Biaya Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS, tapi Anggaran Kemenkes

03 August 2020, 15:00

Pihak BPJS Kesehatan menjelaskan, penyakit Virus Corona tidak dijamin karena tergolong penyakit yang bisa mengakibatkan wabah.

Klinik Estetika Laser Project Skin Resmi Hadir di Jakarta Selatan.jpg

Kecantikan dan Fashion

Klinik Estetika Laser Project Skin Resmi Hadir di Jakarta Selatan

03 August 2020, 14:15

Baru-baru ini dr.Deasy Lius meresmikan klinik estetika di Jakarta Selatan yang disebut melayani perawatan kecantikan dengan hasil yang maksimal dalam waktu downtime yang sedikit.

Bus PPD Rute Tamansari Persada Bogor-Blok M dan Juanda Mulai Beroperasi .jpg

Bisnis

Bus PPD Rute Tamansari Persada Bogor-Blok M dan Juanda Mulai Beroperasi

03 August 2020, 12:45

Masyarakat Kota Hujan saat ini memiliki moda transportasi umum alternatif untuk menuju ke kawasan Ibu Kota.

Pemprov Jawa Barat Resmi Perpanjang PSBB Proporsional di Bodebek .jpg

Berita Kawasan

Pemprov Jawa Barat Resmi Perpanjang PSBB Proporsional di Bodebek

03 August 2020, 11:30

Demi memastikan protokol kesehatan benar-benar dipatuhi, Pemprov Jawa Barat kembali memperpanjang PSBB Proporsional.


Comments


Please Login to leave a comment.