DLH Kota Bogor Wwajibkan Pelaku Usaha Buat Lubang Biopori

Berita Kawasan

DLH Kota Bogor Wajibkan Pelaku Usaha Buat Lubang Biopori

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kota Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengajar masyarakat untuk lebih peduli dengan kondisi lingkungan sekitar. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Elia Buntang menyebutkan, cadangan air tanah Kota Bogor sangat memprihatinkan, padahal Kota Bogor dijuluki Kota Hujan.

"Ini tidak pernah kita sadari, namun sebetulnya banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan air permukaan ke dalam tanah untuk menjadi cadangan air tanah maupun dalam rangka menjaga kondisi lingkungan, salah satu yang paling sederhana adalah pembuatan lubang biopori," kata Elia saat berbicara di hadapan masyarakat di Taman Ekspresi Sempur.

[Baca Juga: Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Warga]

Menurutnya, pihak DLH Kota Bogor akan melakukan pengawasan terkait izin usaha lingkungan bagi setiap pelaku usaha. DLH Kota Bogor juga akan mewajibkan para pengusaha membuat lubang biopori dan sumur resapan.

Melansir dari kotabogor.co.id (23/7/2019) Elia mengatakan, peringatan ini dibuat untuk memelihara lingkungan. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan bentuk nyata bukan hanya sekedar kegiatan seremonial. Elia berharap, melalui kampanye ini, masyarakat dapat menerapkan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kehidupan sehari-hari, di mana pun dan kapan pun mereka berada.

Elia juga mengimbau masyarakat untuk memilah sampah usai dari acara tersebut. Dimulai dari aksi kecil dan sederhana yang bisa menghasilkan manfaatkan untuk lingkungan. "Sampah kita menjadi tanggung jawab kita," ujar Elia.

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

Ia melanjutkan, sampah bisa dimanfaatkan kembali, namun banyak masyarakat yang menganggap sampah merupakan tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup, padahal sampah adalah tanggung jawab semua. Elia menuturkan, Pemkot Bogor mampu mengurangi sampah hingga berada di angka 480 ton per hari. Menurutnya, jika pemilahan sampah dilakukan dari rumah, Kota Bogor mampu mengurangi sampah hingga dibawah 200 ton per hari.

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bogor Dody Ahdiat menyebutkan, semua kebijakan yang dikeluarkan DLH Kota Bogor akan kembali kepada masyarakat, semuanya kembali ke pribadi masing-masing, mau atau tidak melaksanakannya.

Dody menambahkan, kini Pemkot Bogor masih terus berupaya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup melalui berbagai jenis kebijakan, misalnya normalisasi Sungai Ciliwung dan pembangunan taman dalam rangka mengejar ruang terbuka hijau yang secara aturan harus mengejar angka 30 persen dari luas wilayah. Menurutnya, kini Bogor hanya memiliki 9 persen ruang terbuka hijau.

Read More

Artikel Lainnya

Cegah Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

Kesehatan

Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

25 January 2020, 10:00

Sebagai bentuk tindakan preventif penyebaran coronavirus, Kemenkes menyiapkan 135 thermoscanner di seluruh pintu masuk Indonesia.

Kinosaurus, Wadah Bertemunya Sineas dengan Penikmat Film

Berita Kawasan

Kinosaurus, Wadah Bertemunya Sineas dengan Penikmat Film

24 January 2020, 18:00

Dari awal pendiriannya, Kinosaurus menyimpan visi tersendiri yang sudah tercatat di benak para pendirinya. Apa sajakah itu?

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

24 January 2020, 17:00

Fasilitas integrasi ini akan dilengkapi area komersial seperti restoran, kedai kopi, toilet, mushola, akses difabel berupa lift, dan akses eskalator untuk umum.

Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Kesehatan

Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya

24 January 2020, 16:00

Coronavirus dengan mudah menyerang saluran pernapasan yang menyebabkan beragam penyakit pernapasan.


Comments


Please Login to leave a comment.