DLH Kota Bogor Wwajibkan Pelaku Usaha Buat Lubang Biopori

Berita Kawasan

DLH Kota Bogor Wajibkan Pelaku Usaha Buat Lubang Biopori

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kota Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengajar masyarakat untuk lebih peduli dengan kondisi lingkungan sekitar. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Elia Buntang menyebutkan, cadangan air tanah Kota Bogor sangat memprihatinkan, padahal Kota Bogor dijuluki Kota Hujan.

"Ini tidak pernah kita sadari, namun sebetulnya banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan air permukaan ke dalam tanah untuk menjadi cadangan air tanah maupun dalam rangka menjaga kondisi lingkungan, salah satu yang paling sederhana adalah pembuatan lubang biopori," kata Elia saat berbicara di hadapan masyarakat di Taman Ekspresi Sempur.

[Baca Juga: Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Warga]

Menurutnya, pihak DLH Kota Bogor akan melakukan pengawasan terkait izin usaha lingkungan bagi setiap pelaku usaha. DLH Kota Bogor juga akan mewajibkan para pengusaha membuat lubang biopori dan sumur resapan.

Melansir dari kotabogor.co.id (23/7/2019) Elia mengatakan, peringatan ini dibuat untuk memelihara lingkungan. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan bentuk nyata bukan hanya sekedar kegiatan seremonial. Elia berharap, melalui kampanye ini, masyarakat dapat menerapkan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kehidupan sehari-hari, di mana pun dan kapan pun mereka berada.

Elia juga mengimbau masyarakat untuk memilah sampah usai dari acara tersebut. Dimulai dari aksi kecil dan sederhana yang bisa menghasilkan manfaatkan untuk lingkungan. "Sampah kita menjadi tanggung jawab kita," ujar Elia.

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

Ia melanjutkan, sampah bisa dimanfaatkan kembali, namun banyak masyarakat yang menganggap sampah merupakan tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup, padahal sampah adalah tanggung jawab semua. Elia menuturkan, Pemkot Bogor mampu mengurangi sampah hingga berada di angka 480 ton per hari. Menurutnya, jika pemilahan sampah dilakukan dari rumah, Kota Bogor mampu mengurangi sampah hingga dibawah 200 ton per hari.

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bogor Dody Ahdiat menyebutkan, semua kebijakan yang dikeluarkan DLH Kota Bogor akan kembali kepada masyarakat, semuanya kembali ke pribadi masing-masing, mau atau tidak melaksanakannya.

Dody menambahkan, kini Pemkot Bogor masih terus berupaya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup melalui berbagai jenis kebijakan, misalnya normalisasi Sungai Ciliwung dan pembangunan taman dalam rangka mengejar ruang terbuka hijau yang secara aturan harus mengejar angka 30 persen dari luas wilayah. Menurutnya, kini Bogor hanya memiliki 9 persen ruang terbuka hijau.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.