Dodol Nyak Mai Dibuat Selama 10 Jam

Kuliner

Dodol Nyak Mai Dibuat Selama 10 Jam

Namun perlu diketahui, untuk membuat dodol Betawi perlu ketekunan, ketelitian, kesabaran dan tenaga yang banyak. Bukan hanya untuk mencampur macam-macam bahan dengan tepat, cara pengolahannya pun tidak sembarang membuatnya.

Udin, pemilik Industri Kecil dan Menengah (IKM) Dodol Nyak Mai ini mengungkapkan, untuk membuat dodol dengan ukuran satu kuali besar, bisa menghabiskan waktu kerja sekitar 10 jam. Dodol Mak Nyai, bisa Anda temui di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI Gelar Produk IKM]

"Dari persiapan bahan, pencampuran dan yang paling lama itu proses pemasakan. Karena harus diaduk terus selama 10 jam," jelasnya yang dikutip dari laman beritajakarta.id (14/03/2019).

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan yaitu, gula merah, tepung ketan, santan kelapa, garam, dan gula putih. Untuk tahap pertama gula merah dicairkan dalam kuali dengan api sedang. Sambil menunggu gula merah mencair, adonan tepung ketan dan santan harus segera dibuat.

[Baca Juga: Ingin Nikmati Kelezatan Soto Betawi Di Jakarta Pusat, Ini Tempatnya]

"Setelah adonan jadi dan gula merah mencair kita campurkan semuanya termasuk garam dan gula merah,” terangnya.

Menurut Udin proses yang harus diperhatikan dan butuh keahlian khusus yaitu pada pengadukan semua bahan. Sebab ada trik dan teknik khusus untuk menciptakan rasa dodol yang enak dan tahan lama.

“Saat adonan cair yang mengaduk berbeda dengan saat adonan sudah mengental. Ini dilakukan untuk mempertahankan tradisi, serta untuk menambah cita rasa serta tekstur dodol itu sendiri,” terangnya.

[Baca Juga: Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang]

Dalam mengolah adonan, Udin masih mempertahankan tradisi yaitu memasak di atas tungku tanah dan kayu rambutan sebagai bahan kayu bakar.

"Kayu rambutan dipilih karena tidak mengandung banyak air, serta awet arangnya. Selain itu rasa dari dodol yang dimasak sangat berbeda," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.