Dodol Nyak Mai Dibuat Selama 10 Jam

Kuliner

Dodol Nyak Mai Dibuat Selama 10 Jam

Namun perlu diketahui, untuk membuat dodol Betawi perlu ketekunan, ketelitian, kesabaran dan tenaga yang banyak. Bukan hanya untuk mencampur macam-macam bahan dengan tepat, cara pengolahannya pun tidak sembarang membuatnya.

Udin, pemilik Industri Kecil dan Menengah (IKM) Dodol Nyak Mai ini mengungkapkan, untuk membuat dodol dengan ukuran satu kuali besar, bisa menghabiskan waktu kerja sekitar 10 jam. Dodol Mak Nyai, bisa Anda temui di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI Gelar Produk IKM]

"Dari persiapan bahan, pencampuran dan yang paling lama itu proses pemasakan. Karena harus diaduk terus selama 10 jam," jelasnya yang dikutip dari laman beritajakarta.id (14/03/2019).

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan yaitu, gula merah, tepung ketan, santan kelapa, garam, dan gula putih. Untuk tahap pertama gula merah dicairkan dalam kuali dengan api sedang. Sambil menunggu gula merah mencair, adonan tepung ketan dan santan harus segera dibuat.

[Baca Juga: Ingin Nikmati Kelezatan Soto Betawi Di Jakarta Pusat, Ini Tempatnya]

"Setelah adonan jadi dan gula merah mencair kita campurkan semuanya termasuk garam dan gula merah,” terangnya.

Menurut Udin proses yang harus diperhatikan dan butuh keahlian khusus yaitu pada pengadukan semua bahan. Sebab ada trik dan teknik khusus untuk menciptakan rasa dodol yang enak dan tahan lama.

“Saat adonan cair yang mengaduk berbeda dengan saat adonan sudah mengental. Ini dilakukan untuk mempertahankan tradisi, serta untuk menambah cita rasa serta tekstur dodol itu sendiri,” terangnya.

[Baca Juga: Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang]

Dalam mengolah adonan, Udin masih mempertahankan tradisi yaitu memasak di atas tungku tanah dan kayu rambutan sebagai bahan kayu bakar.

"Kayu rambutan dipilih karena tidak mengandung banyak air, serta awet arangnya. Selain itu rasa dari dodol yang dimasak sangat berbeda," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.