Dodongkal, Si Manis Kuliner Khas Bogor

Kuliner

Dodongkal, Si Manis Kuliner Khas Bogor

Saat ini Kota Bogor sudah memiliki beragam kuliner modern yang menjadi bagian cita rasa khas dari Kota Hujan ini. Dari mulai asinan, makaroni panggang, hingga roti unyil yang kerap menjadi oleh-oleh. Namun tentu saja Kota Hujan juga memiliki kuliner khas Bogor yang tradisional dan salah satunya adalah dodongkal. Kuliner ini cocok bagi Anda yang tengah berkunjung ke Kota Hujan dan menyukai makanan tradisional dengan rasa manis.

Bila dilihat sekilas, dodongkal memiliki rasa dan aroma yang hampir serupa dengan kue putu. Kuliner khas Bogor ini terbuat dari beras yang ditumbuk hingga halus bak tepung. Kemudian, serupa dengan kue putu, tepung dodongkal juga memiliki cetakan khusus. Namun berbeda dengan jajan pasar kue putu yang menggunakan potongan bambu, dodongkal menggunakan kukusan dari bahan anyaman bambu dengan bentuk kerucut yang dikenal dengan nama aseupan.

Dodongkal, Si Manis Kuliner Khas Bogor

Namun prosesnya tidak hanya sampai di sana saja untuk kuliner khas Bogor Ini. Pasalnya, sebagaimana dilansir dari travel.tribunnews.com (24/7/2019), aseupan yang sudah terdiri dari tepung beras dan gula aren itu kemudian dimasukkan ke alat pengukus atau dandang khusus bernama seeng.

[Baca Juga: Wisata Kuliner Bogor Tidak Lengkap Tanpa 3 Asinan Ini]

Setelah matang, dodongkal pun akan memiliki tekstur yang kenyal dibandingkan kue putu. Selain itu, kuliner tradisional Kota Hujan ini juga akan berwarna putih-cokelat yang selang-seling dari hasil gabungan lapisan tepung beras serta gula aren pada proses pembuatannya. Biasanya dodongkal berbentuk seperti tumpeng besar yang nantinya akan dipotong-potong dan ditaburi parutan kelapa muda saat dijajakan.

Namun walau dodongkal merupakan kuliner khas Bogor, makanan tradisional ini terbilang agak sulit ditemukan penjajanya. Walaupun begitu, penikmatnya di Kota Hujan tak bosan untuk memburu dodongkal. Mengingat rasa dan tekstur dari dodongkal dipandang sangat tepat untuk dinikmati untuk sarapan atau sekadar menjadi camilan pendamping kue atau teh.

[Baca Juga: Cungkring, Kuliner Unik di Bogor]

Sulitnya menemukan “si manis” khas Bogor ini juga akibat budaya yang tergerus zaman. Generasi muda cenderung tidak mengetahui atau tidak tertarik dengan dodongkal. Tapi untungnya, sejumlah pedagang di Kota Bogor masih setia menjajakan kuliner tradisional ini. Seperti di Jalan Surya Kencana yang memang terkenal menjadi lokasi pecinta kuliner berburu makanan nikmat. Selain itu, Anda juga bisa menemukannya di Jalan empang, Kecamatan Bogor Selatan.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.